Wisata Unik Stone Garden, Taman Batu di Bandung

Stone Garden merupakan bukit batu yang berada di Kabupaten Bandung, tepatnya di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat. Wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan bebatuan ini kini menjadi destinasi wisata baru yang unik, taman batu yang terletak di ketinggian ini dulunya dikenal dengan nama Pasir Pawon. Seiring kepopulerannya, kini dikenal dengan sebutan Stone Garden. Lantas, seperti apa wisata Stone Garden ini?

Wisata Unik Stone Garden, Taman Batu di Bandung

Wisata Alam Unik Stone Garden mulai dikenal keberadaannya seiring banyak yang mengunggah foto-foto keindahanya di media sosial, letaknya yang berada di ketinggian 709 meter dari permukaan laut ini memang memperlihatkan pesona alam batu yang unik dan fotogenik, maka keberadaanya cukup menarik perhatian para pecinta wisata yang ingin melihat pemandangannya, sekaligus mengenal bebatuan gamping yang berdiri kokoh tak beraturan dengan dihiasa tumbuhan ilalang yng tumbuh di sekitarnya.


Di kawasan wisata Stone Garden juga terdapat sebuah objek wisata yang tidak kalah menarik, karena berada di Gunung Pawon, disana terdapat Goa Pawon yang mana letaknya berada dibawah bukit Stone Garden, jika ingin mengunjungi lokasi tersebut, cukup berjalan dengan menyusuri jalan setapak yang tersedia sebagai penghubung antara Stone Garden dengan Goa Pawon.

Lokasi Wisata Stone Garden

Lokasi Stone Garden berada di kawasan Padalarang, Bandung. Untuk menuju lokasi pengunjung bisa menempuh jalur ke arah Padalarang – Cipatat – Gunung Masigit, kemudian akan melewati banyak bukit batu serta pabrik batu, letak Stone Garden tidak jauh dari tempat tersebut. Pada dasarnya bisa dikatakan tidak mudah untuk menemukan lokasinya, karena papan petunjuk menuju kawasan wisata ini masih minim dan sederhana.

Lokasi wisata Stone Garden yang berada di puncak Gunung Pawon ini memang masih belum dikelola dengan maksimal, hanya terdapat jalan setapak untuk bisa menuju Stone Garden, jalan yang menanjak membutuhkan tenaga ekstra, maka siapkan perbekalan ketika akan mengunjungi kawsan tersebut, seperti makanan dan minuman, serta perlengkapan seperti kamera dan lain sebagainya.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung Murah Meriah

Waktu Berkunjung ke Stone Garden

Menikmati pemandangan Stone Garden yang indah di atas bukit batu, sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk mengunjunginya sekitar jam 2 atau jam 3 sore, karena saat itu kondisi matahari tidak terlalu panas, sehingga bisa menikmati keindahan taman batu unik tersebut. Ketika sudah berada disana, tak lupa untuk mengabadikannya melalui jepretan foto. Namun, ada baiknya, jika ingin mengunjungi Stone Garden tidak disarankan setelah hujan, karena jalanan menuju lokasi cukup licin.

Mengunjungi Stone Garden juga bisa dilakukan pagi hari, ketika udara di atas bukit masih terasa sejuk dan matahari pagi pun tidak terlalu panas. Dari atas ketinggian, pengunjung bisa melihat indahnya alam sekitar, hanya saja terdapat permasalahan, terkadang terdapat kepulan asap pabrik yang menghalangi pemandangan, karena di kawasan tersebut berada dekat dengan pabrik kapur.

Harga Tiket Stone Garden

Berwisata alam Stone Garden dengan taman batunya yang unik bisa menjadi alternatif, mengunjungi tempat ini para pengunjung hanya dikenakan biaya di bawah Rp 10.000. Disana juga terdapat tempat parkir kendaraan, untuk memarkirkan kendaraan agar tetap aman, dimana tarif parkir yang harus dibayar sekitar Rp 3.000. Harga tiket Stone Garden ini terbilang murah untuk menikmati keindahan taman batu di puncak Gunung Pawon ini.

Perlu diperhatikan, ketika berkunjung ke wisata Stone Garden, sebaiknya membawa perbekalan seperti makanan dan minuman sendiri, karena setelah di atas bukit yang harus di tempuh dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 km ini tidak tersedia penjual makanan. Adapun penjual makanan hanya tersedia di dekat tempat parkiran atau jalan menuju ke atas puncak Gunung Pawon itu. Kemudian setelah sampai di lokasi tetap jaga kebersihan dan keindahan batu tersebut tidak di coret-coret.

Stone Garden merupakan tempat wisata yang masih baru, belum banyak diketahui banyak wisatawan. Namun keindahan alam dan panorama yang disuguhkan tak kalah menarik dengan wisata bukit batu lainnya. Jika saja kawasan Stone Garden bisa dikelola dengan baik dan dilakukan pengembangan oleh Pemerintah setempat, maka tempat tersebut bisa menjadi destinasi wisata favorit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *