Indahnya Wisata Pantai Ujung Genteng di Sukabumi

Pantai Ujung Genteng yang ada di Sukabumi merupakan salah satu deretan pantai di selatan Pulau Jawa yang menarik untuk dikunjungi. Di pantai ini kamu dapat menyaksikan bagaimana keganasan ombak Samudra Hindia yang justru bisa menjadi tempat bermain yang sangat menyenangkan untuk para penggemar surfing.

Indahnya Wisata Pantai Ujung Genteng di Sukabumi

Benar sekali, Pantai Ujung Genteng Sukabumi Jawa Barat adalah salah satu pantai yang indah dan menjadi tujuan para peselancar lokal maupun mancanegara karena ombaknya yang ganas. Pada dasarnya, pantai Ujung Genteng memiliki pesona pantai yang sangat cantik.


Pantai ini mempunyai pasir putih dengan garis pantai yang amat panjang. Walaupun mempunyai ombak yang tinggi, tapi pantai Ujung Genteng sangat aman untuk berenang dan bermain-main dengan air karna ombak yang sampai ke bibir pantai biasanya akan langsung pecah menjadi gulungan-gulungan kecil.

Pantai Ujung Genteng juga bisa dikatakan merupakan pantai yang sangat komplit. Selain bisa menyaksikan bagaimana para peselancar menaklukkan ombak, kamu juga dapat menyaksikan para nelayan menangkap lobster. Dan juga, kamu dapat menyaksikan penyu-penyu bertelur jika berkunjung di malam hari.

Pantai Ujung Genteng memang dikenal sebagai salah satu pantai dimana banyak sekali spesies penyu endemik. Penyu hijau adalah jenis penyu yang paling banyak ditemukan di pantai ini. Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah penangkaran penyu dimana para pengunjung bisa melepas anak-anak penyu ke habitatnya serta melihat telur-telur penyu secara langsung.

Baca juga: Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Sesuai namanya, lokasi pantai Ujung Genteng ini ada di ujung Sukabumi. Dari kota Sukabumi jaraknya adalah 120 km atau memerlukan waktu 3-4 jam. Walau harus melakukan perjalanan yang agak panjang, kamu pasti tidak akan rugi karena apa yang akan kamu dapatkan di pantai ini adalah keindahan yang belum tentu dapat kamu rasakan di tempat lain.

Akses utama ke pantai Ujung Genteng ini hanya ada satu jalan, jadi sangat mudah untuk pergi kesana. Yang menjadi kendala utama adalah minimnya penerangan jalan ketika malam hari, jalan yang berkelok-kelok yang ada di tengah bukit dan juga sedikitnya SPBU yang tersedia. Jika kalian ingin ke pantai Ujung Genteng isilah pastika bahan bakar kalian penuh.

Pantai di Ujung Genteng mempunyai pasir putih dan juga ombak yang tidak terlalu besar jika dibandingkan pantai di Pelabuhan Ratu. Jernihnya air laut terlihat jelas apalagi jika langit tidak mendung. Namun kalian harus tetap waspada ketika bermain air di Pantai Ujung Genteng. Bermain di pantai Ujung Genteng sangatlah menyenangkan, pasirnya yang halus, sepi pengunjung dan sangat luas. Menikmati sunset yang diiringi suara ombak serta hembusan angin senja terasa sungguh nikmat.

Sebenarnya ada satu wilayah lagi yang sangat bagus di Ujung Genteng, yaitu Ombak Tujuh. Namun untuk menuju lokasinya sangat sulit, tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Jika memakai roda dua itu juga perlu melewati hutan, kebun kelapa dan harus menyeberangi beberapa sungai kecil. Warga sekitar menawarkan jasa ojek untuk menuju kesana sebesar Rp. 150.000 per orang.

Tapi jika anda hanya ingin merasakan sensasi yang berbeda merasakan pantai Ujung Genteng anda dapat menggunakan perahu. Menggunakan perahu akan dikenai biaya Rp 600.000, satu perahu berisi maksimal 8 penumpang. Biaya retribusi untuk memasuki pantai Ujung Genteng adalah Rp 15.000 per mobil, memasuki konservasi Penyu terkena biaya Rp 25.000 per orang.

Disini sudah tersedia berbagai macam penginapan mulai dari villa sampai rumah biasa yang disewakan. Disini saya menyewa rumah hanya untuk satu hari dengan biaya Rp 350.000, fasilitas yang tersedia adalah dua kamar mandi, dua kamar, dapur, kipas angin, ruang tv dan juga tv kabel.

Kalian tidak akan kesulitan untuk membeli perlengkapan disini karena terdapat satu minimarket dan terdapat beberapa warung kecil. Harga makanan juga cukup bervariasi, ada yang mahal ada juga yang murah tergantung rumah makan yang kalian datangi. Saya lebih memilih untuk membeli ikan, gurita, dan lobster mentah di nelayan sekitar serta memasak sendiri.

Kita cukup membeli arang, minyak, saus serta bumbu bumbu lainnya maka jadilah pesta seafood dengan harga yang murah. Harga satu kilogram lobster Rp 100.000, Ikan kerapu Rp. 100.000 per kilogram dan gurita Rp. 50.000 per kilogram.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata Wisata Pantai Ujung Genteng di Sukabumi yang indah. Jika anda liburan ke Sukabumi jangan lupa untuk mengunjungi pantai ini juga selain pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Cibangban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *