Mengenal Indahnya Wisata Kampung Ciptagelar Sukabumi

Wisata Kampung Ciptagelar Sukabumi – Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki begitu banyak suku yang jika di ulik satu satu tidak akan bisa selesai dalam satu hari. Dalam masing–masing daerah memiliki beberapa suku yang berbeda. Misalnya saja di Jawa Barat yang terkenal dengan suku baduinya.

Wisata Kampung Ciptagelar Sukabumi

Nah, kali ini bukan suku badui yang akan kami ulas, melainkan suatu suku yang berada di kampung Ciptagelar yang berada di kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Baca juga: Wisata Unik Stone Garden Bandung


Mengenal kampung Ciptagelar Sukabumi

Konon katanya masyarakat yang hidup di kampung ciptagelar sangat menjunjung tinggi adat istiadat dan sangat menghormati alam dan menjaga hubungan baik dengan alam sekitarnya. Karena keunikan inilah kampung ciptagelar yang terletak di sukabumi kini di jadikan sebagai tempat wisata.

Wisata kampung ciptagelar sukabumi ini merupakan wisata yang sangat bagus dan menarik bagi para peneliti sejarah atau adat istiadat, namun bagi anda yang hanya ingin mengetahui bagaimana serta apa adat yang diterapkan di kampung ciptagelar anda bisa mengikuti aktivitas sehari – hari masayarakat ciptagelar dengan menginap beberapa hari disana.

Keunikan kampung ciptagelar

Beberapa Keunikan yang dimiliki oleh wisata kampung ciptagelar sukabumi adalah:

Sangat menjunjung tinggi hubungan dengan alam

Masyarakat ciptagelar percaya bahwa dengan menjaga hubungan baik dengan alam berarti alam akan memberikan timbal balik yang sama baiknya terhadap masyarakat ciptagelar. Kekonsistenan kecintaan masyarakat cipta gelar ini terhadap lingkungan di buktikan dengan mmeberikan jeda waktu penanaman dengan tujuan memberikan tanah waktu istirahat sejenak agar hasil panen selanjutnya bisa lebih maksimal.

Tradisional namun melek teknologi

Masyarakat kampung ciptagelar memang tergolong dalam masyarakat yang masih tradisional karena terlihat dari lingkungan tempat tinggalnya di daerah cipta gelar yang masih satu daerah dengan gunung halimun. Namun jangan salah dan jangan kaget jika anda menemukan drown atau tempat stasiun TV di wisata kampung ciptagelar sukabumi.

Pemimpin adat kampung ciptagelar sendiri merupakan ketua adat yang masih sangat muda dan melek teknologi. Ia banyak membuat beragam inovasi yang berhubungan dengan teknologi. Contohnya saja seperti membuat pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga air yang kini dapat mengaliri seluruh kampung ciptagelar. Luar biasa.

Ada beberapa syarat yang harus anda patuhi ketika berada di wisata kampung ciptagelar sukabumi. Anda harus mengikuti peraturan – peraturan yang di paparkan oleh ketua adat bila ingin berwisata di sini. Jika anda sedang atau berencana berlibur ke daerah Sukabumi, maka tidak ada salahnya untuk mampir dan melihat bagaimana adat istiadat yang masih di pegang teguh oleh masyarakat kampung ciptagelar.

Mungkin saja setelah anda berkunjung kesana, anda akan lebih bisa mencintai dan bersemangat menjaga alam sekitar lagi. Semoga Wisata Kampung Ciptagelar Sukabumi menambah daftar tepat wisata yang ingin anda kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *