Wisata Gunung Tangkuban Perahu Di Bandung

Gunung Tangkuban Perahu anda pasti pernah mendengarnya, karena memang Gunung tersebut menjadi sebuah legenda rakyat dan kisahnya dibuat dalam bentuk film. Kini gunung tangkuban perahu menjadi salah satu objek wisata populer di Bandung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Di Bandung

Salah satu lokasi Wisata Alam pegunungan di Bandung yang sudah populer karena menyimpan unsur Legenda Rakyat dan pemandangannya juga sangat menakjubkan. Dari namanya memang sesuai dengan bentuknya, jika dilihat dari kejauhan memang terlihat seperti perahu yang terbalik, namun sebelum menjelaskan tentang legendanya maka akan kami perjelas secara geografis terlebih dahulu .


Jika anda berada di Kota Bandung maka menujulah ke Utara sekitar 20 km dari pusat kota. Disepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang mempesona berupa perkebunan Teh dan hutan pinus. Udara sejuk dengan nuansa alami yang eksotis membuat wisatawan betah jika berlibur ke salah satu Tempat Wisata Di Bandung ini.

Suhu udara rata-rata setiap harinya sekitar 16°cc hingga 2°cc pada malam dan pagi hari, untuk itu jika berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu wisatawan diwajibkan menggunakan peralatan dan perlengkapan yang memadahi, seperti misalkan jaket tebal, sarung tangan, sepatu, masker, penutup kepala, atau yang lainnya .

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2085 meter diatas permukaan air laut, gunung tersebut memiliki pusat erupsi yang berpindah dari arah timur ke barat.

Di lokasi ini wisatawan akan mendapati aroma belerang yang menyengat, karena hasil letusan gunung tersebut berupa Sulfur dan Lava. Untuk itulah lokasi wisata bandung ini juga sebagai sumber penghasilan penduduk sekitar untuk mengumpulkan sulfur lalu dijual kembali.

Gunung ini dikaitkan dengan sebuah Legenda yang sudah terdengar ke seluruh Indonesia, yakni tentang Sangkuriang yang ingin menikahi Ibu kandungnya yang bernama Dayang Sumbi, lalu sang Ibu membuat persyaratan agar sangkuriang dapat membuat Telaga serta Perahu dalam semalam.

Karena gagal akhirnya Sangkuriang marah lalu menendang Perahu tersebut hingga terbalik dan menjadi gunung. Jadilah Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu ini, begitulah singkat ceritanya. Legenda tersebut sangat terkenal bahkan sampai buat dalam bentuk film.

Direktorat Vulkanologi Indonesia juga ikut mengawasi aktifitas Gunung Tangkuban Perahu, karena gunung tersebut merupakan Gunung Berapi aktif, terbukti dari luapan gas belerang serta sumber air panas yang selanjutnya menuju ke Ciater.

Jika berwisata ke Tempat Wisata Di Bandung tepatnya di Gunung Tangkuban Perahu jangan lupa mampir ke Tempat Wisata Di Lembang. disana anda akan menemukan berbagai objek wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *