Tujuan mempelajari psikologi

By Admin | Umum

tujuan mempelajari psikologi

Pada garis besarnya tujuan mempelajari psikologi/ilmu jiwa oleh manusia adalah untuk menjadikan manusia supaya hidupnya baik, bahagia dan sempurna. Betulkah tujuan mempelajari psikologi seperti demikian? Ya memang, karena ilmu jiwa sekarang ternyata telah memasuki bidang-bidang yang banyak sekali, banyak persoalan-persoalan yang dapat dibantu dan diselesaikan oleh ilmu jiwa.

Dalam ilmu jiwa manusia tidak ragu-ragu lagi mengubah cara hidup, tingkah laku, dan pergaulan dalam masyarakat.


Apa sebab ahli-ahli psikologi tidak marah terhadap yang tidak mau belajar? Sebab ahli-ahli psikologi sudah mengetahui jiwa anaknya. Mungkin pelajaran yang diberikan kepada anaknya itu tidak sesuai dengan jiwanya dan bakat anak. Karenanya anak tidak mau dan segan belajar.

Pada masa dahulu orang menyuruh anaknya belajar dengan pukulan, tetapi orang sekarang tidak dengan pukulan dan kekerasan. Para ahli sependapat bahwa jiwa dan pembawaan manusia itu tidak sama. Di samping itu, masa peka bagi tiap-tiap anaknya pun juga tidak sama. Maka harus ditinjau apakah anak itu sudah waktunya belajar atau belum. Kalau memang belum waktunya tentu mereka tidak akan mau belajar.

Jadi tegasnya, tujuan mempelajari ilmu pesikologi adalah bertujuan untuk memberi kesenangan dan kebahagiaan hidup manusia. Dan orang yang ingin sukses dalam segala-galanya harus mengetahui dasar-dasar dari ilmu jiwa.

dasar-dasar ilmu jiwa:

a. Saudagar, penting mengetahui dasar-dasar jiwa, supaya dapat melayani pembeli dengan baik.

b. Hakim, tanpa mengetahui dasar-dasar jiwa tak mungkin mereka dapat menjatuhkan hukuman dengan baik/tepat.

c. Polisi, tanpa mengetahui dasar-dasar jiwa tak mungkin dapat mengetahui dan melaksanakan kepidanaan dengan baik.

Di samping itu, ilmu jiwa juga sangat penting dalam kalangan pendidikan, bahkan sangat erat hubungannya. Misalnya:

Ali mengajar si B aljabar. Di sini ada dua objek, yaitu sebagai berikut:

– Ali harus mengetahui jiwa si B.

– Ali harus mengetahui pengetahuan aljabar.

Oleh karena adanya ilmu jiwa, maka timbullah soal-soal penting di dalam mengajar dan mendidik. Sebab soal mengajar dan mendidik harus benar-benar mengetahui jiwa.

Dari uraian-uraian tersebut kita ambil kesimpulan , bahwa tujuan dan gunanya mempelajri ilmu jiwa/ psikologi adalah:

a. Untuk memperoleh paham tentang gejala-gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesame manusia pada umumnya dan anak-anak pada khususnya.

b. Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk mengenal tingkah laku manusia atau anak.

c. Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan baik.


Related Pos :