5 Tips Sukses Meniti Karier Sebelum Usia 40 Tahun

Setiap orang pasti punya tips sukses sendiri untuk meraih cita-citanya dalam karier. Dan di zaman now, semakin orang yang sukses meniti karier sebelum usia 40 tahun. tidak sedikit yang sukses merupakan kaum Hawa dan bahkan mereka mampu mengalahkan para pria soal pencapaian karier.

Tips Sukses Meniti Karier sebelum Usia 40 Tahun

Banyak pula di antara kaum hawa yang mampu meraih puncak karier dan kebebasan finansial sebelum usia 40. Contohnya Arini Subianto, misalnya berhasil menjadi wanita terkaya Indonesia versi Forbes dengan memiliki kekayaan lebih dari Rp 11 triliun. Meskipun kini usianya sudah menginjak 41, sebelum berusia 40 tahun tentunya kekayaan Arini tak jauh dari angka itu.

Ada pula yang sukses jadi CEO perusahaan ternama Yahoo! sebelum usia 40 tahun seperti Marissa Mayer. Mayer, terlepas dari segala kontroversinya saat memimpin Yahoo!, tak bisa dimungkiri berhasil menjadi wanita karier yang kaya raya. Nilai kekayaan mantan karyawan yang sukses jadi bos ini sudah tembus Rp 5 triliun pada 2016 lalu.

Yang pasti, mereka dengan sungguh-sungguh meniti jalan karier itu hingga akhirnya menjadi sukses dan kaya seperti sekarang. Kira-kira apa resep para wanita karier ini sehingga bisa kaya raya sebelum usia 40 tahun? Tips sukses di bawah ini mungkin bisa memberi jawaban untuk anda.

Tips Sukses Meniti Karier Sebelum Usia 40 Tahun

Bagi anda yang ingin sukses seperti para wanita hebat tersebut, berikut ini ada beberapa tips sukses menitis karier sebelum usia 40 tahun yang bisa anda contoh.

1. Tekun belajar

Baik Arini maupun Mayer tercatat memiliki gelar sarjana yang mumpuni. Namun bukan gelar itu yang penting, melainkan ketekunan mereka dalam belajar. Arini terutama, bisa saja mewarisi usaha sang ayah tanpa lama-lama bersekolah.

Memang, belajar tidak harus dilakukan di sekolah. Namun disarankan untuk menempuh pendidikan di lembaga resmi demi kematangan diri dan koneksi.

Ada juga yang sukses dalam karier meski tak lulus kuliah. Di antaranya Mark Zuckerberg dan Bill Gates, juga Bob Sadino yang asli Indonesia. Intinya adalah mau tekun belajar demi karier.

2. Berani melangkah

Mayer adalah pegawai Google yang ke-20. Sebuah prestasi yang besar. Dia pun menduduki sederet posisi penting di Google, hingga akhirnya berani mengambil langkah “gila” pindah ke Yahoo!

Kala itu, Yahoo! adalah pesaing berat Google yang tengah ngos-ngosan. Namun Mayer mau melompat ke sana demi karier. Jauh sebelumnya, dia sudah mengambil langkah gila lain saat memilih Google, perusahaan yang terhitung masih anak bawang, di antara 14 tawaran kerja yang datang setelah ia lulus kuliah.

3. Percaya diri

Bukan rahasia lagi kalau dunia kerja masih didominasi lelaki. Karena itulah para wanita karier mesti lebih berani unjuk gigi dengan modal percaya diri.

Arini, misalnya, berani membuka dan mengembangkan usaha toko buku meski gairah membaca warga Indonesia terbilang minim. Menteri Pendidikan sendiri mengatakan tingkat literasi Indonesia masih rendah. Namun bisnis literasi Arini terbukti bisa berhasil mengangkat namanya.

4. Siap memainkan peran baru

Perjalanan karier artinya banyak peran baru yang menunggu untuk dimainkan. Bila tak siap menjalankan peran itu, bukan mustahil tergusur oleh kolega yang lebih siap.

Mayer yang tadinya bawahan bisa menjadi atasan, bahkan memimpin perusahaan sebesar Yahoo! karena dinilai siap. Coba kalau tidak. Mustahil dia direkrut jadi CEO.

Begitu juga Arini. Usaha keluarganya yang maju dipercayakan kepadanya. Tentunya itu karena Arini siap memainkan peran baru dalam perjalanan kariernya.

5. Bersedia memikul beban lebih berat

Kesuksesan memang menggiurkan. Namun suka atau tidak, hal itu berbanding lurus dengan beban yang makin berat. Saat masih memimpin tim di Google, misalnya, Mayer tak perlu terlalu memikirkan tim lainnya. Berbeda dengan ketika dia menjadi pemimpin sebuah perusahaan besar sekelas Yahoo!.

Demikian juga dengan Arini. Sebelumnya dia mungkin bisa lebih fokus pada usaha yang ia bangun sendiri. Kini, usaha keluarganya berada di tangannya.

Anda ingin sukses seperti mereka? Mesti bersedia memikul beban lebih berat juga. Semua orang tentu mau jadi sukses dan kaya. Apalagi sebelum usia 40 tahun. Namun untuk semuanya, termasuk wanita karier, ada jalan membentang yang mesti ditaklukkan terlebih dulu. Jatuh-bangun itu biasa. Kita mesti rela menjalaninya demi menjemput kesuksesan di jalan yang kita rintis sendiri. Yuk ladies, segera diterapkan lima tips sukses ini!

Sumber: liputan6.com

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *