5 Tips Sukses dari Evan Williams, Pendiri Blogger dan Twitter

Tips Sukses Evan Williams, Pendiri Blogger dan Twitter – Evan Williams adalah seorang pendiri dua situs terbesar di dunia, Blogger dan Twitter. Kedua situs ini sangat sukses baik secara finansial maupun secara sosial. Secara finansial, Twitter dan Blogger telah menjadi mesin uang baginya.

5 Tips Sukses dari Evan Williams, Pendiri Blogger dan Twitter

Meski Blogger telah diakuisisi oleh Google dan ia mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat banyak. Sedang Twitter sendiri masih menjadi situs mikroblogging terbesar di dunia dan juga menghasilkan profit yang besar buatnya.


Profile Singkat Evan Williams

Evan Williams adalah seorang wirausahawan AS yang telah mendirikan beberapa usaha. Dua di antaranya yang paling terkenal adalah Blogger sebelum dibeli oleh Google dan Twitter.
Lahir: 31 Maret 1972 (usia 46 tahun), Clarks, Nebraska, Amerika
Anak: 2
Kekayaan bersih: 1,7 miliar USD (2019)
Pasangan: Sara M. Williams (m. 2007)
Orang Tua: Monte Williams, Laurie Howe
Pendidikan: Universitas Nebraska-Lincoln, Columbus Middle School

Pendidikan dan karier

Williams dibesarkan di sebuah peternakan di Clarks, Nebraska , di mana ia dibantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Dia sempat kuliah di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah, sebelum meninggalkan kuliah untuk mengejar kariernya.

Sebagai salah seorang pemain besar dalam perusahaan dot com, tentu ia memiliki tips sukses dalam menjalankan bisnis online. Dia telah mengalami jatuh bangun dalam bisnis internet yang semakin menggeliat. Saya sendiri sangat mengagumi sosok Evan Williams yang kreatif dan suka membuat perubahan besar bagi kehidupan orang banyak.

Awal karier

Setelah meninggalkan sekolah, Williams bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan start-up perusahaan-perusahaan di Key West, Dallas, Austin, Texas, kemudian di peternakan keluarganya di Nebraska. Pada tahun 1996 Williams pindah ke Sebastopol, California di Sonoma County bekerja untuk penerbitan perusahaan teknologi O’Reilly Media. Ia mulai bekerja untuk O’Reilly pada posisi pemasaran, tetapi akhirnya menjadi kontraktor independen menulis kode komputer, yang memberikannya peluang terbuka dengan perusahaan termasuk Intel dan Hewlett-Packard.

Pyra Labs dan Blogger

Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Pyra Labs untuk membuat perangkat lunak manajemen proyek. Sebuah fitur mencatat berputar off sebagai Blogger, salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog. Williams menemukan “blogger” istilah dan berperan dalam mempopulerkan “blog” panjang. Pyra selamat kepergian Hourihan dan karyawan lainnya, dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003. Pada tahun 2003, Williams bernama ke MIT Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35. Pada tahun 2004, ia sebagai salah satu dari PC Magazine ‘s “Tokoh Tahun Ini”, bersama dengan Hourihan dan Paul Bausch untuk pekerjaan mereka di Blogger.

Odeo

Williams meninggalkan Google pada Oktober 2004 untuk bersama-ditemukan Odeo, sebuah Podcasting perusahaan. Pada akhir 2006, Williams mendirikan Obvious Corp dengan Biz Stone dan Odeo mantan karyawan untuk mendapatkan semua properti sebelumnya dari mantan pendukung Odeo itu. Pada bulan April 2007, Odeo diakuisisi oleh Sonic Mountain.

Twitter

Di antara proyek Obvious Corp ‘s adalah Twitter , sebuah jejaring sosial gratis dan layanan micro-blogging. Twitter sendiri adalah berputar keluar menjadi perusahaan baru pada bulan April 2007, dengan Williams sebagai co-pendiri, anggota dewan dan investor. Pada bulan Oktober 2008, Williams menjadi CEO dari Twitter, menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan.

Pada Februari 2009, Compete.com peringkat Twitter jaringan sosial ketiga yang paling banyak digunakan berdasarkan hitungan mereka 6 juta pengunjung bulanan yang unik dan 55 juta kunjungan bulanan. Pada 14 April 2010, Twitter telah 105.779.710 pengguna terdaftar. Ia mendapat 300.000 pengguna baru setiap hari dan menerima 180 juta pengunjung unik per bulan. 75% dari lalu lintas berasal dari luar Twitter.com. Pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams mundur dari CEO (akan diambil alih oleh Dick Costolo ).

5 Tips Sukses dari Evan Williams

Evan Williams berbagi tips dan nasihat kepada para online entrepreneur yang ingin membangun kerajaan bisnis mereka di internet. Buat anda yang baru membangun perusahaan start up, mungkin tips dan nasihat dari pendiri Twitter dan Blogger ini bisa membantu anda dikutip dari addicted2success:

Nasihat Evan Williams kepada Online Entrepreneur

1. Bekerjalah dengan orang hebat

Jangan kompromi pada siapa anda bekerja. Anda harus berhati-hati dalam memilih partner bisnis ataupun mencari pekerja. Pilihlah orang yang terbaik. Jangan merusak tim anda dengan memasukkan orang yang egois dan mempunyai sifat buruk.

2. Ambil tantangan besar

Kuncinya sederhana: “Semua hal yang sulit dan berat dilakukan merupakan sesuatu yang berharga. Hal yang mudah tidak terlalu berharga.” Mendaki puncak gunung selalu merupakan prestasi yang besar, karena sangat sulit untuk sampai kesana. Kalau mendaki gunung itu mudah, maka semua orang akan melakukannya.

3. Fokus

Katakanlah tidak pada banyak hal : Fitur, Orang, Kemitraan, dll. Pilihlah beberapa yang benar-benar penting meskipun sulit menentukan mana yang penting dan mana yang mendesak. Namun teruslah berusaha untuk tidak mengalihkan pikiran anda dari tujuan awal.

4. Jagalah dirimu

Bila anda tidak tidur, jarang makan, tidak berolahraga, dan hidup dibawah tekanan terlalu lama, anda akan menderita. Keputusan anda akan memburuk, begitu juga dengan kehidupan anda.

5. Cintailah orang yang dekat denganmu

Kegagalan perusahaan anda bukanlah kegagalan hidup. Namun bila anda gagal dalam membina hubungan, itulah kegagalan hidup. Karena itu bangunlah hubungan yang baik dengan orang-orang terdekatmu dan cintailah mereka.

Tips sukses yang benar-benar luar biasa dari Evan Williams. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi dan menambah semangat anda yang ingin menjadi Online Entrereneur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *