Tips Memilih Make Up Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

By Admin | kecantikan

tips memilih make up untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri basah, mengkilap, berpori-pori terbuka, mudah berjerawat dan bila disentuh terasa bekas minyak. Sehingga dalam memilih make up haruslah benar-benar yang tepat dan cocok bagi kulit.

Berikut beberapa tips memilih make up untuk kulit berminyak dan berjerawat:


– Memilih pelembap

Pelembap yang cocok untuk kulit berjerawat adalah yang mengandung bahan-bahan yang membantu mengenyahkan bakteri penyebab jerawat. Contohnya: benzoyl, peroxide. Pilih produk pelembap khusus untuk kulit berjerawat yang bertuliskan hypoallergenic dan oil free.

– Powder foundation

Foundation jenis ini yang terbaik mengontrol kadar minyak berlebihan pada kulit. Mencegah penyumbatan pori-pori serta mudah diaplikasikan. Foundation jenis bubuk ini memiliki kadar lebih ringan dibandingkan dengan produk yang lainnya.

– Memilih cleanser (pembersih wajah)

Membersihkan wajah secara teratur, yang diikuti dengan penggunaan toner khusus yang diperuntukkan untuk wajah berminyak. Hal ini penting, sebab jika salah dalam memilih toner malah hanya akan memperparah kuantitas minyak di wajah Anda, karena pada umumnya toner atau pembersih wajah ini menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kurang cocok bagi setiap hari. Sebaiknya gunakan sebanyak satu kali dalam seminggu, dan pilih yang berbahan alami.

Cleanser atau pembersih instan dengan bahan kimia yang beredar di pasaran sering digunakan dengan alasan praktis. Penggunaan bahan kimia terlalu sering dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kulit wajah. Namun jika terpaksa membeli cleanser berbahan dasar kimia ini, pilihlah cleanser yang mengandung bahan-bahan tambahan seperti salicylic acid, sodium sulfacetamide, atau benzoyl proxide. Bahan-bahan tersebut dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat pada kulit wajah, mengurangi warna kemerahan pada jerawat, dan dapat juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, di alam terdapat bahan-bahan alami yang secara mudah dapat diolah dan bahan tersebut dapat ditemukan di dapur kita. Berikut salah satu cleanser dengan bahan alami yang dapat Anda coba di rumah:

– cleanser wajah dari seledri

seledri merupakan tumbuhan yang mengandung senyawa L-tryptophan yang berfungsi sebagai antioksidan alami, kandungan vitamin A, B1, B2 dan C yang berguna untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah.

  • Bahan untuk cleanser: 250 gram seledri dan 250 ml air untuk merebus.
  • Cara membuat: cuci dan potong-potong seledri hingga menjadi bagian kecil-kecil.kemudian rebus air hingga mendidih lalu masukkan potongan seledri. Diamkan selama 10-15 menit kemudian matikan api dan dinginkan air rebusan. Tunggu air rebusan hingga mendekati suhu kamar (lebih kurang 26 derajat cilcius).
  • Cara penggunaan: basuh air rebusan seledri ke wajah. Biarkan air meresap selama 2-3 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih. Keringkan wajah dengan handuk yang kering. Lakukan secara rutin!

Itulah beberapa uraian singkat tentang tips memilih make up untuk kulit berminyak dan berjerawat yang dapat Anda coba mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!


Related Pos :