Tips Alami Mengurangi Bau pada Mulut

By Admin | kesehatan

tips alami mengurangi bau pada mulut

Hampir sebagian dari seluruh masyarakat yang berada diseluruh dunia mengalami yang namanya bau pada mulut. Sebenarnya bau pada mulut bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang harus diketahui penyebabnya. Akan tetapi hal ini dapat mengganggu aktivitas seseorang bahkan seseorang tidak akan merasa percaya diri untuk berinteraksi oleh orang banyak jika mengalami bau pada mulut, namun ada juga di antara mereka yang tidak menyadari akan hal ini. Padahal, jika seseorang menyadari akan hal ini, seharusnya ia segera berkonsultasi kepada dokter gigi agar dapat segera diatasi. Biasanya bau pada mulut terjadi karena beberapa sebab seperti berikut:

 Adanya infeksi pada rongga mulut, misalnya sariawan, gusi bengkak, gigi keropos atau karang gigi.


 Mengalami peradangan pada lidah yang disebabkan kekurangan asupan vitamin atau bisa juga disebabkan karena lidah yang tergigit dan terluka.

 Terjadinya infeksi pada area gusi, gusi gampang berdarah, demam, maupun terlalu banyak mengeluarkan liur.

Namun, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips mengurangi bau pada mulut Anda, sehingga tidak terlalu bau, diantaranya sebagai berikut:

– Menghindari minuman tertentu

Mengurangi bau pada mulut dapat dilakukan dengan menghindari minuman-minuman tertentu, seperti kopi, anggur, wiski dan bir. Sebab minuman-minuman seperti tersebut dapat menyebabkan tertinggalnya residu yang menempel pada plak gigi, sehingga mulut

menjadi bau.

– Membiasakan agar menyikat gigi secara rutin

Menyikat gigi secara rutin juga dapat membantu dalam mengurangi bau pada mulut. Karena salah satu penyebab utama bau mulut yaitu adanya lapisan lengket yang mengandung bakteri yang susah hilang jika hanya berkumur, untuk itulah disarankan agar Anda menyikat gigi secara rutin.

– Konsumsilah rempah-rempah

Siapa sangka bahwa ternyata beberapa rempah dan herbal-herbal lainnya dapat membantu mengurangi bau pada mulut, itulah kenyataannya. Maka sangat disarankan bagi Anda yang mengalami bau pada mulut supaya mengkonsumsi rempah-rempah.

– Menyikat lidah

Kebanyakan dari kita, mungkin sering kali mengabaikan lidah pada saat menyikat gigi, padahal menyikat lidah juga sangatlah dianjurkan. Karena biasanya sisa-sisa makanan banyak menempel pada lidah, dan tidak mudah hilang hanya dengan berkumur-kumur saja.

– Melakukan pemeriksaan gigi

Memeriksa gigi pada dokter gigi, tidak ada salahnya untuk Anda lakukan, karena siapa tahu saja bau yang terjadi pada mulut Anda disebabkan karena adalah masalah pada gigi.

– Mengkonsumsi permen

Anda dapat mengkonsumsi permen karet yang mengandung gula, hal ini bertujuan dalam membantu mengurangi bau pada mulut. Permen karet akan merangsang produksi air liur, terutama bagi Anda yang memiliki liur kental.

Itulah beberapa tips alami mengurangi bau pada mulut yang dapat Anda coba dan terapkan dirumah. Selamat mencoba!


Related Pos :