Tertawa Lancarkan Peredaran Darah

By Admin | manfaat

tertawa lancarkan peredaran darah

Ilmuwan dari University of Maryland Medical Center. Baltimore, Amerika Serikat (AS) berhasil menunjukan keterkaitan antara tawa dan kesehatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukannya, tawa terlihat dapat melancarkan peredaran darah. “Tiga puluh menit berolahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu serta 15 menit tertawa lepas semestinya dijadikan bagian dari gaya hidup sehat,” ujar Michael Miller dari University tersebut.

Tertawa, lanjut Miller, dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi tidak tegang. Sementara itu, aliran darah pun dibuatnya lebih lancar. “Kondisi ini terlihat dari percobaan yang melibatkan 20 orang relawan,” ungkapnya. Kedua puluh relawan yang telah dijelaskan Miller tersebut diajak menonton komedi King Pin. Dengan memakai uktrasonik, Miller mengukur aliran darah dan pembuluh darah alteri pada lengan para relawan tersebut, dan hal ini dilakukan oleh Miller baik sebelum maupun sesudah menonton film tersebut. Hasil pengeindraan membuktikan bahwa pembuluh dara arteri 19 orang relawan menjadi rileks dan aliran darahnya lebih lancar dari biasanya. Hal tersebut terjadi selama 30 menit hingga 45 menit setelah film King Pin usai ditonton.


Sementara itu, kondisi sebaliknya terjadi saat relawan yang sama diajak menonton adegan menegangkan dari film perang Saving Private Ryan. Dinding arteri para relawan menjadi tegang hingga menghalangi aliran darah. Secara keseluruhan, aliran darah turun 35 persen setelah menyaksian adegan menegangkan dan meningkat 22 persen selama adegan memancing tawa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut, Miller menyimpulkan tertawa bermanfaat dapat menyehatkan kondisi dinding pembuluh darah arteri. Tertawa diyakini bermanfaat dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, “setidaknya, tertawa jelas dapat memangkas dampak stress mental yang berbahaya bagi dinding pembuluh dara,” imbuhnya.

Hasil penelitian ini menurut Andrew Stephtoe yang berasal dari University College London, Inggris, sangat logis. Dia mengatakan emosi yang positif tentu akan menimbulkan efek yang juga positif. Sekarang ini penelitian ilmiah yang mengungkapkan keterkaitan antara emosi positif dan kesehatan sedang mengalami peningkatan. Miller mempersentasikan hasil penelitiannya pada tahun 2005 diajang pertemuan American College of Cardiology yang berlangsung diOrlando, Florida.


Related Pos :