Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta adalah Salah satu Wisata Edukasi yang ada di kota Jogja yang telah didirikan oleh Pemerintah Kota Jogja sebagai sarana pembelajaran sains untuk para pelajar.

Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

Tujuan utama didirikannya Taman Pintar, selain untuk belajar para pengunjung juga dapat bermain, dengan bermain sambil belajar maka akan mudah diingat, pengamatan langsung serta penjelasannya sudah disediakan disana.


Laboratorium sekaligus tempat wisata ini berlokasi di depan Bank Indonesia di Jln. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta yang awal mulanya adalah salah satu pusat perbelanjaan di Jogja dengan proses relokasi pada tahun 2004. Dan akhirnya sejak Desember 2008 Tempat Wisata Taman Pintar Jogja berhasil diresmikan.

Taman Pintar buka setiap hari selasa sampai hari mingu dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 10.000,- dan untuk dewasa Rp. 18.000,- namun belum termasuk tiket untuk menikmati wahana tambahan yang ada di sana.

Luas Taman tersebut kurang lebihnya 6500 m² yang dibagi menjadi beberapa lokasi seperti Gedung Planetarium, Gedung PAUD, Rumah Batik, Rumah Gerabah, Wahana Bahari, Gedung oval kotak, Gedung Memorabilia, serta playground .

Membahas salah satu wahana yang tersedia disana yakni Planetarium. Planetarium di Taman Pintar Jogja merupakan salah satu dari 4 (empat) yang ada di Indonesia dan sudah menggunakan proyektor digital.

Banyak yang dapat dipelajari dari Planetarium, pengunjung akan tahu galaxy dan situasi langit di Kota Jogja pada saat itu juga, selebihnya akan mendapat suguhan film tentang terbentuknya alam semesta dan perjalanan manusia menuju bulan.

Dengan tersedianya 50 kursi, pengunjung akan menikmati pertunjukan Planetarium di Taman Pintar Jogja selama 1 jam dengan harga tiket hanya Rp. 15.000,- per orang . Jika takut kegelapan tidak disarankan untuk memasuki wahana tersebut .

Di Taman Wisata tersebut pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yakni Gedung Kotak, Gedung Oval, dan Gedung Memorabilia. Bagi yang menyukai Ilmu Sains lebih baik memasuki Gedung Oval yang ber isikan Aquarium Air Tawar, Terowongan Ilusi, Pojok Kreasi Sains, ICT Melihat Bumi, Zona Nuklir, Generator Van De Graaf, Zona Teknologi Komunikasi, TV Trainer, Generator Pedal, Zona Kehidupan Purba, Zona Argo, Zona Cuaca Iklim Dan Gempa.

Itulah ulasan singkat mengenai Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta. Bagi anda yang berkunjung ke kota Jogja bersama keluarga tidak ada salahnya untuk berkunjung ketempat ini untuk menambah pengetahuan anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *