25+ Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits dan Terbaru

Purwakarta menyimpan sejuta Pesona, tidak hanya Keindahan alam yang menakjubkan, kota ini juga memiliki sejumlah situs sejarah dan budaya. Selain itu, tempat wisata di Purwakarta juga memiliki banyak spot-spot foto keren dan kekinian yang lagi hits.

25+ Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits dan Terbaru

Tempat wisata di Purwakarta mungkin masih sedikit asing di telinga Anda. Purwakarta sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang berada di antara jalur Jakarta–Bandung dan sebaliknya. Kota ini biasanya hanya dijadikan sebagai tempat persinggahan saja selama perjalanan dari Jakarta ke Bandung ataupun dari Bandung ke Jakarta.

Memang belum banyak orang yang tahu kalau sebenarnya kota kecil yang sejuk ini menyimpan pesona keindahan yang sangat luar biasa dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga. tidak hanya wisata alam yang indah dan mempesona kini banyak tempat wisata terbaru di Purwakarta yang bisa anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits

Jika anda liburan ke Purwakarta ada cukup banyak tempat wisata menarik dan lagi hits yang bisa anda kunjungi. Buat anda yang hobi selfie, ada banyak spot keren dan instagramable. Langsung saja, berikut adalah daftar 25 tempat wisata di Purwakarta Paling hits dan terbaru :

1. Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Alamat: Alamat: Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat wisata di Purwakarta Giri Tirta Kahuripan ini merupakan salah satu destinasi wajib ketika Anda berlibur ke Purwakarta. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai wahana bermain yang menyenangkan.

Wisata agro ini memang belum lama ada tapi karena konsepnya yang menarik bisa menarik para pengunjung dari dalam ataupun luar negeri dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Purwakarta.

2. Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut Purwakarta

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata alam Purwakarta yang berupa air terjun yang indah dengan pemandangan hutan yang hijau nan asri. Disini Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan tinggi 25 meter dengan aksen berbukit-bukit.

Lokasinya di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam karena letaknya hanya sekitar 30 km saja dari pusat kota Purwakarta. Baca juga: Daftar Tempat Wisata Murah Meriah di Bandung

3. Desa Sejuta Batu Purwakarta

Desa Sejuta Batu Purwakarta

Tempat wisata di Purwakarta yang terbilang unik adalah Desa Sejuta Batu yang letaknya di Pasanggrahan,Tegalwaru. Anda bisa menikmati pemandangan alam berupa perbukitan yang dikelilingi oleh sawah yang hijau. Alamat di Desa Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Di sini Anda juga bisa memancing dan melakukan panjat tebing yang ada di gunung Parang. Wisata offroad di Purwakarta ini juga menyediakan tempat untuk kemah dengan pemandangan alam yang indah berlatar belakang gunung Parang.

4. Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa Purwakarta

Alamat: Jln. Raya Wanayasa No. 36, Kecamatan Wanayasa, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Tidak jauh dari curug Cipurut ada sebuah situ atau danau alami yang sangat indah yaitu situ Wanayasa. Tempat wisata di Purwakarta ini menyajikan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan terletak di lereng gunung Burarang yang ada di Purwakarta.

Di tengah danau ini ada sebuah pulau kecil yang indah dan terdapat makam RA Suriawinata yang biasa dijadikan sebagai tempat berziarah. Anda bisa menikmati keindahan alam yang indah sambil berwisata ziarah di danau atau situ Wanayasa ini.

TERKAIT:  Wisata Lawang Sewu (Seribu Pintu) Di Semarang

5. Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur ini termasuk salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai waduk ini sangat mudah karena letaknya yang dekat dengan tol Purbaleunyi.

di waduk Jatiluhur Anda bisa menikmati keindahan ala sambil beristirahat di salah satu hotel yang sudah disediakan di sini. Anda juga bisa berenang dan melakukan olahraga mendayung untuk mengisi liburan Anda di waduk Jatiluhur ini.

6. Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata Purwakarta

Tempat wisata di Purwakarta yang selanjutnya adalah waduk Cirata, waduk ini termasuk waduk buatan yang luasnya lebih dari 60 km persegi. Di sekeliling waduk ini terdapat pemandangan perbukitan yang indah dengan latar belakang gunung. Anda bisa melihat PLTA secara langsung dan memancing di waduk ini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga Anda.

Baca juga: 37 Tempat Wisata Paling Hits di Lombok

7. Wisata Belanja Keramik Plered Purwakarta

Wisata Belanja Keramik Plered Purwakarta

Tidak hanya wisata alam saja yang ada di Purwakarta wisata kuliner di Purwakarta dan wisata belanja di Purwokerto juga ada, salah satunya yaitu wisata belanja keramik Plered. Purwakarta memang cukup terkenal sebagai produsen keramik terbaik di Indonesia. di Plered Anda bisa membeli berbagai produk barang yang terbuat dari keramik dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.

8. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Alamat Taman Air Mancur Sri Baduga berada di Situ Buleud, Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. merupaan destinasi wisata murah meriah yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Purwakarta.

Situ ini termasuk tempat wisata yang dekat dan strategis karena letaknya di pusat kota. Dulu tempat ini sebenarnya bukan danau melainkan kubangan besar yang biasa dijadikan tempat berendam badak. Pada masa kolonial Belanda diubah menjadi sebuah resort tempat istirahat.

Danau seluas 4 hektar ini memiliki daya tarik karena memiliki air mancur Taman Sri Baduga yang mirip air mancur di Singapura.

Taman Air Mancur Sri Baduga menyuguhkan atraksi air mancur yang unik. Pada malam hari air mancur ini sangat indah dengan Tata cahaya yang keren yang dipadukan dengan teknologi akan membuat anda terpesona.

9. Jatiluhur Water World Purwakarta

Jatiluhur Water World Purwakarta

Berlokasi di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jatiluhur Water World Purwakarta merupakan objek wisata menarik untuk keluarga yang menawarkan beragam wahana permainan air.

Jatiluhur Water World Purwakarta menawarkan wahana permainan air yang seru dengan suasana alam disekitarnya. tersedia 4 kolam renang dengan beragam ukuran baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Wahana air ini menyediakan permaianan air yang seru dan menantang seperti seluncuran dengan rute yang mencapai 43 meter dan Water Slide dengan ketinggian 7-11 meter. Disini juga tersedia permainan Jet Sky yang bisa kamu coba.

10. Waterpark Kuya Maranggi Purwakarta

Waterpark Kuya Maranggi Purwakarta

Berlokasi di Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. merupakan destinasi wisata keluarga yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Purwakarta.

Waterpark Kuya Maranggi merupakan objek wisata yang hits dan cocok untuk melepas penat bersama keluarga. Luasnya mencapai 5000m2 dengan suasana yang nyaman. Waterpark Kuya Maranggi pilihan tepat untuk anda yang ingin menikmati wahana air dengan suasan asri khas kota Purwakarta.

objek wisata ini memiliki seluncuran spiral dan pelangi, perahu kuya, ember tumpah. Terdapat pula kolam renang untuk balita, anak-anak dan orang dewasa. Anda yang hobi foto-foto tersedia spot foto yang menjadi favorit wisatawan yaitu jembatan selfie.

11. Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta

Berlokasi di Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Urban Farming Purwakarta merupakan objek wisata terbaru dan sedang hits di kota ini. dibuka setiap hari selasa sampai minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Urban Farming Purwakarta menawarkan sebuah objek wisata menarik berupa deretan rumah petani dengan arsitektur ala benua biru eropa. Dekorasi rumah menggunakan Warna cat mencolok dengan tanaman gantung di depan pintu dan di bawah jendela.

TERKAIT:  Wisata Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi yang Mempesona

Liburan ke Urban Farming Purwakarta akan membuat anda merasa seperti di Eropa bukan di Purwakarta. Disini anda juga bisa merasakan nuansa perkebunan sambil belajar. Bahkan anda juga bisa membeli benih bunga, sayuran hingga buah-buahan.

Urban Farming Purwakarta bisa menjadi pilihan bagus untuk liburan di Purwakarta sambil berfoto selfi ria bersama teman maupun keluarga.

12. Hidden Valleyhills Purwakarta

Hidden Valleyhills Purwakarta

Lokasi di Desa Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Prov. Jawa barat. merupakan objek wisata baru dan hits di Kunjungi wisatawan.

Hidden Valleyhills Purwakarta menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. disini kamu bisa menikmati keindahan Gunung Lembu, Gunung Parang dan Gunung Cupu. Bahkan kamu pun dapat dengan jelas melihat waduk Jatiluhur.

Buat kamu yang hobi foto selfi dibeberapa sudutnya terdapat spot foto keren yang bisa kamu upload ke Instagram. tidak hanya sebagai tempat wisata ditempat ini juga dibangun villa, skypool dan resort.

13. Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta

Alamat: Desa Cisalada, Kec. Jatiluhur, Kab. Purawakarta, Prov. Jawa Barat. Cikao Park merupakan objek wisata baru yang sedang hits-hitsnya di Purwakarta.

Cikao Park Purwakarta menawarkan panorama alam yang asri dan berbagai permaianan yang bernilai edukasi. ditempat ini terdapat waterpark alam dan pantai. Tidak hanya itu, terdapat juga taman satwa dengan beragam koleksi yang langka, bird park, minizoo, gazebo, area bermain hingga lampion garden.

Meskipun termasuk tempat wisata baru di Purwakarta akan tetapi Cikao Park selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

14. Bukit Katumbiri Purwakarta

Bukit Katumbiri Purwakarta

Berlokasi di Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. merupakan objek wisata baru di Purwakarta yang dibuka awal tahun 2018.

Bukit Katumbiri Purwakarta menawarkan pemandangan yang indah dengan usaha yang sejuk dan segar. Buat kamu yang suka berselfie objek wisata satu ini bisa menjadi pilihan. terdapat beberapa spot menarik dan instagramable uang berfoto seperti rumah pohon, Jembatan dan gardu padang.

15. Curug Tilu Purwakarta

Curug Tilu Purwakarta

Berada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. merupakan objek wisata alam yang mempesona dan belum terjama manusia.

Curug Tilu Purwakarta pilihan tepat untuk kamu yang ingin berwisata alam. Curug ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan airnya jernih kehijauan seperti Grand Canyon. Bagi yang tidak bisa berenang jangan khawatir karena tersedia penyewaan pelampung di area objek wisata.

Baca juga: 10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta

16. Gunung Lembu Purwakarta

Gunung Lembu Purwakarta

Terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. merupakan destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan terutama buat kamu yang suka dengan petualangan.

Gunung Lembu adalah tempat wisata menarik di Purwakarta yang menawarkan pemandangan cantik dan matahari terbenam. memang rute pendakian gunung Lembu sangat menyusahkan, namun ketika tiba di puncaknya semua rasa lelah anda akan terbayar.

di Puncak Gunung Lembu selain, bisa menikmati pemandangan yang cantik dan matahari terbenam, pada malam hari kamu bisa menikmati keindahan lampu-lampu yang menyinari desa-desa di Purwakarta.

17. Tanjakan Cinta Purwakarta

Tanjakan Cinta Purwakarta

Berlokasi di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tanjakan Cinta merupakan objek wisata alam yang menarik dan menyejukan mata di Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan.

Objek wisata ini menawarkan banyak spot foto menarik dan instagramable untuk kamu yang ingin selfie. Biaya masuk murah meriah, hanya dengan Rp 5.000,- kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah sepuasnya.

untuk bersantap, disekitar lokasi wisata terdapat banyak warung yang menjajakan bergaman jenis makanan. Harga juga sangat terjangkau. Bagaimana tertarik untuk berwisata ke Tanjakan Cinta Purwakarta ? silahkan rencanakan liburan anda dari sekarang.

18. Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang Purwakarta

Letaknya di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Parang merupakan objek wisata menantang dan membutuhkan tenanga ekstra untuk mencapai puncaknya.

Gunung Parang adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta yang menawarkan keindahan alam dan menyejukan mata. tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualang dan tidak takut ketinggian.

Buat kamu para pecinta panjat tebing, Gunung Parang Purwakarta menyediakan spot khusus untuk memanjat dengan teknik yang lebih aman. Bahkan dari gunung ini kamu juga bisa melihat sunset bila beruntung.

TERKAIT:  7 Kafe di Yogyakarta dengan Konsep Book Café

19. Gunung Bongkok Purwakarta

Gunung Bongkok Purwakarta

Berada di Cisarua, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Bongkok memiliki ketinggian sampai 1000 mdpl sehingga lebih mudah didaki.

Objek wisata Gunung Bongkok menawarkan keindahan alam yang luar biasa. disini kamu bisa menikmati moment sunrise dan mengabadikan moment liburan kamu dengan foto-foto di spot yang kece nan eksotis.

20. Gedung Negara dan Gedung Karesidenan

Gedung Negara dan Gedung Karesidenan

Selain wisata Alam Purwakarta juga memiliki sejumlah wisata sejarah seperti Gedung Negara dan Gedung Karesidenan.

Gedung Negara dibangun pada masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1854 dan hingga saat masih berdiri kokoh. Gedung Negara sekarang dijadikan sebagai Kantor Bupati Purwakarta yang beralamat di Jalan Gandanegara No. 25 Purwakarta.

Sedangkan Gedung Karesidenan beralamat di Jln. KK Singawinata, Purwakarta. Gedung ini sekarang digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta.

21. Saung Manglid Purwakarta

Saung Manglid Purwakarta

Alamat: Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. merupakan tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan diperbincangkan dimedia social.

Saung Manglid adalah sebuah tempat makan yang menawarkan konsep ruang terbuka diantara tanaman hias, sayuran dan kolam ikan. Tempat makan ini memiliki dekorasi dari anyaman bambu yang unik.

Menu makanan di Saung Manglid Purwakarta juga murah sehingga tidak akan menguras dompet anda. Objek wisata ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif saat liburan bersama keluarga maupun sahabat.

22. Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan Purwakarta

Alamat: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Bukit Panenjoan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Bukit Panenjoan menawarkan pemandangan alam yang mempesona dengan kombinasi pegunungan, perbukitan, perkebunan dan danau. Objek wisata ini menyediakan berbagai spot foto terbaik dan instagramable.

Diatas bukit banyak terdapat saung-saung khas Sunda sebagai tempat beristirahat dan berfoto. diatas perbukitan juga dibangun jembatan bambu yang bisa dijadikan tempat foto-foto.

23. Desa Wisata Tajur Purwakarta

Desa Wisata Tajur Purwakarta

Alamat: Desa Pesanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Desa Wisata Tajur adalah tempat ideal buat kamu yang ingin melihat dan merasakan langsung suasana pedesaan yang damai dan tenang.

Disini kamu bisa menyaksikan kekayaan alam dan kearifan lokal. Bahkan kamu bisa tinggal dan mengikuti berbagai kegiatan seperti membajak sawah, berkebun, beternak dan lain sebagainya.

24. Goa Jepang dan Belanda

Goa Jepang dan Belanda

Alamat: Desa Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Goa ini merupakan peninggalan sejarah penjajahan jepang dan belanda.

Goa Jepang dan Goa Belanda terpisah cukup jauh sekitar 800 meter. Goa Belanda di Bangun pada tahun 1941 yang berfungsi sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok yang kemudian berubah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda.

Sedangkan Goa Jepang di Bangun pada tahun 1942 yang berfungsi sebagai gudang penyimpanan senjata dan mesiu sekaligus tempat radio komunikasi tentara Jepang. Goa ini dibangun melalui kerja paksa atau romusha.

25. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas

Buat kamu yang ingin berendam di air panas alami saat liburan di Purwakarta bisa mengunjung Sumber Air Panas Ciracas. Alamatnya di Desa Ciracas, Kec. Kiara Pedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta di percaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit mulai dari penyakit kulit hingga remarik. Terdapat 12 titik sumber air panas dan beberapa titik berada di sekitar pematang sawah milik warga setempat.

Anda tertarik untuk menjadikan Purwakarta menjadi salah satu tempat tujuan berwisata Anda bersama keluarga? Jangan ragu lagi segera jelajahi objek wisata di Purwakarta ini bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Letaknya yang tidak jauh dari kota Jakarta menjadikan Purwakarta menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit para warga Ibu Kota yang ingin sekedar melepas lelah setelah satu minggu melakukan aktivitas.

Oke, itulah 25 tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits serta terbaru sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berwisata alam dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta dan tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *