37+ Tempat Wisata di Lombok Paling Hits dan Instagramable

Lombok merupakan pulau yang lokasinya berada di timur Pulau Bali. Setiap harinya pulau ini selalu kedatangan para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Banyak keindahan alam yang menjadi tujuan wisata di Lombok. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja tempat wisata di Lombok yang menarik untuk dikunjungi, bacalah artikel ini sampai tuntas. Dengan demikian Anda akan mengetahui lokasi favorit para wisatawan serta tempat yang bagus di Pulau Lombok.

Tempat Wisata di Lombok Yang Populer dan Menarik Wisatawan

Sekilas Tentang Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km².

Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa. pulau ini sendiri dibagi menjadi 4 Kabupaten dan 1 Kota yaitu:

  • Kota Mataram
  • Kabupaten Lombok Barat
  • Kabupaten Lombok Tengah
  • Kabupaten Lombok Timur
  • Kabupaten Lombok Utara

Penduduk pulau Lombok sekitar 80% adalah suku Sasak, Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab. Sebagian besar penduduk pulau Lombok terutama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini adalah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk keturunan Bali yang berjumlah sekitar 15% dari seluruh populasi di sana, sisanya Penganut Kristen, Buddha dan agama lainnya.

Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun, namun krisi moneter dan kerusuhan antar etnis membuat pariwisata Lombok terlantarkan. Pada tahun 2007 sektor pariwisata mulai berkembang dan hingga sekarang Lombok menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan baik lokal maupun Mancanegara.

Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Populer

Perkembangan Pariwisata di Pulau Lombok sangat pesat, tidak heran jika Lombok sekarang terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata. Berikut ini adalah daftar 7 tempat wisata di Lombok yang populer dan harus Anda kunjungi saat berada di sana.

1. Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani

Jika Anda sedang berkunjung ke Lombok, tidak akan lengkap rasanya kalau belum pergi ke Gunung Rinjani. Tempat ini adalah ikon pariwisata dari pulau Lombok yang memiliki ketinggian hingga mencapai 3700 meter dari permukaan air laut. Di Indonesia, gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua. Tidak hanya menjadi tempat wisata di Lombok, masyarakat yang beragama Hindu menjadikan Gunung Rinjani sebagai tempat yang sakral. Konon Gunung Rinjani adalah tempat tinggal para dewa. Mayoritas pengunjung yang pergi ke Rinjani sekaligus melakukan pendakian. Bahkan keindahan yang dimiliki membuat Gunung Rinjani di daulat sebagai gunung terindah pemandangannya se-Asia. Baca selengkapnya Wisata Gunung Rinjani

2. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Sesuai dengan namanya, pura ini memiliki bentuk seperti sesuatu yang bolong dan menjadi tempat wisata di Lombok yang menarik. Pura batu bolong merupakan sebuah pura yang lokasinya cukup unik. Yakni berada di atas batu karang hitam dengan bentuk yang khas dan menarik. Dinamakan batu bolong karena di tengah-tengah karang tersebut terdapat sebuah lubang yang cukup besarl sehingga dari kejauhan tampak seperti batu karang yang bolong. Pura yang berlokasi di Pulau Lombok ini menampilkan pemandangan yang apik dari Selat Lombok dan Gunung Agung dan bisa Anda saksikan dari atas pura. Suasana yang paling cocok untuk mengambil foto di tempat wisata di Lombok ini adalah ketika matahari tenggelam.

TERKAIT:  10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Kalian Kunjungi

3. Taman Narmada

Taman Narmada Lombok

Taman yang satu ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram yang dibangun tahun 1727 Masehi. Dengan luas hingga mencapai 2 hektar menjadikan taman Narmada memiliki pemandangan yang indah. Pada mulanya taman Narmada mempunyai fungsi sebagai tempat yang dipakai oleh kerajaan untuk istirahat dan melakukan upacara tertentu. Sekarang tempat wisata di Lombok yang memiliki sejarah ini difungsikan sebagai lokasi wisata yang menggaet minat pengunjung setiap harinya. Desain yang dipakai untuk membuat taman ini menyerupai Gunung Rinjani. Terdapat pula sumber mata air yang bersumber dari Gunung Rinjani dengan mitos dapat membuat awet muda.

4. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Pulau Lombok ternyata juga memiliki tempat wisata di Lombok berupa air terjun yang memberikan nuansa berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Air terjun Sendang Gile namanya. Lokasi tempat ini berada di bagian utara pulau Lombok dengan jarak tempuh 3 jam dari pusat kota Mataram. Setiap pendaki yang ingin mendaki gunung Rinjani pada umumnya melewati air terjun ini. Karena air terjun Sindang Gile menjadi lokasi awal untuk melakukan pendakian. Pada area sekitar air terjun juga terdapat air yang dipercaya membuat awet muda. Untuk mencapai air tersebut Anda mesti melewati 200 anak tangga.

5. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Para pencinta alam sebaiknya menyempatkan diri untuk menuju ke danau segara anak. Lokasinya berada di kawah Gunung Rinjani dan memiliki warna biru seperti lautan. Karena itulah, masyarakat sekitar percaya bahwa danau ini merupakan bagian laut yang terbawa ke gunung. Ketika melakukan pendakian di Gunung Rinjani, ada baiknya untuk bermalam di sekitar tempat wisata di Lombok ini untuk menikmati pemandangan yang sangat indah. Supaya bisa menuju ke lokasi, perjalanan 9 jam jalan kaki harus Anda lalui.

6. Gili Trawangan

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau kecil yang berada di sekitar pulau Lombok dan menjadi pulau favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Diantara tiga pulau gili lainnya, Gili Trawangan adalah tempat wisata di Lombok favorit dengan jumlah pengunjung terbanyak. Berkeliling pulau dengan sepeda bisa Anda lakukan karena banyak jasa penyewaan sepeda di sana. Salah satu aktivitas yang paling disukai di pulau kecil ini adalah snorkeling, menyelam (diving) serta berselancar.

7. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk

Tempat wisata Lombok yang terakhir adalah sebuah hutan yang dihuni oleh ratusan monyet. Hutan ini berada di kawasan Gunung Rinjani, tepatnya di bagian puncak gunung. Untuk menuju air terjun Sendang Gile, Anda harus melewati hutan monyet ini. Maka tak jarang jika hutan tersebut dijadikan sebagai tempat beristirahat oleh para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan. Sebaiknya para backpacker ke Lombok berhati-hati dan menjaga barang-barang terutama makanan Anda agar tidak diambil oleh monyet yang ada.

Baca juga:

8. Pura Taman Mayura

Pura Taman Mayura

Bila anda berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya bisa tak mampir ke Pura Taman Mayura. Bangunan klasik yang didirikan dilahan seluas 3 hektare ini memiliki desain arsitektur yang indah. tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Lombok berkunjung ke Pura ini.

Pura Taman Mayura merupakan salah satu peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali yang didirikan pada tahun 1744. Pura Taman Mayura yang berada di Cakranegara. Sebuah Kawasan di Kota Mataram yang dikenal sebagai area bersejarah, karena tempat ini adalah koloni dari Kerajaan Karangasem Bali.

9. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Selain Pantai Senggigi, ada cukup banyak pantai di Lombok yang terkenal salah satunya adalah Pantai Sekotong. Pantai ini masih bersih dan jarang terjamah manusia serta dikelilingi area perbukitan.

Lokasinya sekitar 60 km dari pusat kota Mataram. Ada Beragam aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Pantai Sekotong. keindahan pantainya akan membuat siapa pun terpukau. Airnya yang jernih, bakal mengundang Anda untuk menyelami keindahan alam bawah lautnya. Panti ini juga berdekatan dengan Gili Asahan, Gili Layar, Gili Tangkong, dll.

10. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja merupakan tempat wisata baru yang berada di Lombok Utara tepatnya di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. berjarak sekitar 60 km dari Kota Mataram. Untuk menuju kesana dari kota Mataram dapat dicapai sekitar 2 jam berkendara. Namun, lamanya perjalanan itu akan terobati oleh keindahan air terjun berjuluk air terjun pelangi ini.

TERKAIT:  Mengenal Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Air Terjun Tiu Teja kurang begitu diketahui wisatawan karena Keberadaannya memang cukup tersembunyi, sebab tertutupi oleh hutan belantara di lereng Gunung Rinjani. Keunikan utama dari wisata alam terbaru ini adalah pada bentuknya yang berupa air terjun kembar. Bila anda liburan ke Pulau Lombok tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata baru ini.

11. Pantai Nipah

Pantai Nipah Lombok

Pantai Nipah merupakan wisata pantai berikutnya yang bisa anda kunjungi saat berada di pulau Lombok. Pantai Nipah berada di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasinya tidak jauh dari Pantai Sengigi hanya butuh waktu perjalanan selama 20 menit berkendara.

Pantai Nipah memang tidak seramai pantai Sengigi. Pemandangannya indah dan di Pantai ini anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Menariknya lagi untuk masuk anda tidak perlu membayar tiket, anda hanya dikenakan biaya parkir bila membawa kendaraan.

12. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

tidak hanya di Bali, di Lombok juga terdapat pantai Kuta yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB. Dari kota Mataram berjarak kurang lebih 50 Km.

Pantai Kuta Lombok merupakan wisata pantai yang terkenal. Keindahan Pantai ini tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang sangat panjang, mencapai 7,2 Km dengan hamparan pasir putih yang bersih.

13. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah destinasi wisata menarik di Pulau Lombok yang wajib anda kunjungi. Letak Air Terjun Benang Kelambu di kaki Gunung Rinjani tepatnya di Desa Aik Berik, Kec. Batukilang Utara, Lombok Tengah, Lombok, NTB.

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan tinggi mencapai 30 meter. Tempat wisata ini memang menarik terutama buat kamu yang suka foto selfi. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah. untuk menuju Aur Terjun Benang Kelambu memang butuh perjuangan. Kamu harus melewati medan yang cukup menantang hingga membelah hutan, namun semua akan terbayar dengan keindahannya.

14. Gili Air

Gili Air Lombok NTB

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno yang terkenal akan keindahanya. Pulau ini ukurannya kecil sehingga bisa dikelilingi berjalan kaki sekitar 90 menitan.

Lokasinya berada di Lombok Utara. Untuk menuju Gili Air sangat mudah karena bisa dilakukan dari berbagai tempat. Anda bisa menuju pulau kecil ini dari Pantai Senggigi, Pelabuhan Bangsal dan Gili Trawangan.

15. Gili Meno

Gili Meno Lombok NTB

Selain Gili Trawangan dan Gili Air, ada juga Gili Meno yang sangat populer dan terkenal di Pulau Lombok tepatnya di Lombok Utara. Pulau ini memang tidak seramai Gili Air dan Gili Trawangan, namun tetap menarik untuk di Kunjungi.

Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi. Anda juga bisa menuju Gili meno dengan memulainya dari Gili Air dan Gili Trawangan. Jadi sekaligus mengunjungi 3 tempat wisata di Lombok yang Populer.

16. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok

Siapa yang tak kenal Pantai Senggigi yang merupakan objek wisata populer dan terkenal di Pulau Lombok. tidak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung baik siang maupun malam hari.

Letaknya berada di sebelah barat pesisir Pulau Lombok atau Lombok Barat. Pantai Sengigi terkenal akan Keindahannya sehingga seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Berbagai fasilitas seperti hotel murah, sarana transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling dan lain-lain tersedia untuk menjamin kenyamanan wisatawan.

17. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan merupakan destinasi wisata di pulau Lombok yang ramai di kunjungi wisatawan baik lokal maupun Mancanegara. Pantai ini berada di desa Kuta, Lombok Tengah, NTB. Dari Pantai Seger dapat ditempuh sekitar 12 menit berkendara.

Pantai Tanjung Aan dikelilingi oleh perbukitan. Keunikan pantai ini struktur pasirnya yang cukup besar seperti merica. wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling dan selancar di Pantai Tanjung Aan.

18. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok

Berlokasi di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai Selong Belanak merupakan Pantai populer di Lombok untuk berenang & berselancar. untuk menuju pantai ini dari Bandara Internasional Lombok sekitar 30 menit perjalanan.

TERKAIT:  Menikmati Keindahan Wisata Gunung Rinjani

Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih bersih dan air lautnya juga jernih. Ombak lautnya juga tidak terlalu besar. Jika anda berkunjung kesini jangan lewatkan untuk belajar berselancar karena tersedia penyewaan papas sekaligus kursus berselancar.

19. Bukit Merese

Bukit Merese Lombok

Berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bukit Merese salah satu bukit terkenal di pulau Lombok dan menjadi tempat wisata menarik yang wajib anda kunjungi.

Tempat wisata Bukit Merese berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan dan akses masuknya bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Dari atas bukit anda bisa melihat pemandangan menakjubkan dan juga pemandangan pantai tanjung aan. Anda pun bisa menyaksikan matahari terbenam dan berfoto selfi di Bukit Merese.

20. Pantai Semeti

Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti berlokasi di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai ini berjarak sekitar 5 km dengan Pantai Selong Belanak. Dari Kota Mataram dapat ditempuh kurang lebih 2 jam berkendara.

Pantai Semeti menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. di Tepi pantai terdapat batu-batu karang yang membentuk akuarium alami. Anda pun bisa menyaksikan berbagai hewan laun dari tepi pantai. Jadi, anda Tidak perlu berenang ke dalam laut untuk bisa menyaksikan keragaman biota laut di sini.

21. Air Terjun Mangku Sakti

Tempat wisata di Lombok berikutnya yang sedang hits dan instagramable adalah Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Untuk Menuju ke sana memang cukup sulit, namun anda tidak perlu khawatir ada banyak ojek yang siap mengantar anda. Biaya ojek pulang-pergi kisaran Rp 50ribu. Meski sulit dan cukup jauh namun semua akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Mangku Sakti yang berwarna biru kehijauan.

22. Pantai Pink

23. Pantai Tanjung Beloam

24. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringit merupakan tempat wisata di Lombok yang juga lagi hits. Lokasi tanjung ringit berada di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini jaraknya tidak jauh dari Pantai Pink yang berjarak kurang lebih 1 km.

Wisata tanjung ringit menawarkan pemandangan tebing karang yang indah. Para pencinta fotografi akan terpuaskan ketika datang ke tempat ini. Pemandangannya akan terlihat semakin menarik saat diabadikan dalam sebuah foto untuk diupload ke Instagram.

25. Pantai Cemara

26. Batu Payung

27. Pantai Seger

28. Air Terjun Kerta Gangga

29. Pantai Putri Nyale

30. Kota Tua Ampenan

Bagi anda yang ingin berwisata Sejarah maka Kota Tua Ampenan bisa anda kunjungi saat liburan di Pulau Lombok. Objek wisata satu ini berada di wilayah Kota Mataram. dari Pelabuhan Lembar dapat dicapai sekitar 1 jam.

Kota Tua Ampenan merupakan objek wisata sejarah di Lombok. disini anda bisa menyaksikan gedung-gedung tua dengan arsitektur klasik. Kota Tua Ampenan kerap menjadi tempat persinggahan wisatawan karena selain akses transportasi yang mudah, juga terdapat banyak penginapan dan hotel murah.

31. Bukit Anak Dara

32. Bukit Pergasingan

33. Bukit Malimbu

34. Taman Wisata Pusuk Sembalun

35. Air Terjun Benang Sekotel

36. Jembatan Gantung Kuno

37. Islamic Center NTB

Islamic Center NTB

Tak lengkap rasa bila liburan ke Lombok tidak mengunjungi Islamic Center NTB. Masjid Megah ini terletak di  Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Islamic Center NTB berdiri di lahan yang sangat luas dengan arsitektur dan dekorasi yang sangat impresif—termasuk menara dengan ketinggian mencapai 99 meter. Daya tampung masjid paling megah di Lombok ini 15.000 orang jamaah dengan lahan parkir luas yang mampu menampung 2.000 kendaraan roda dua dan 200 kendaraan roda empat.

Islamic Center NTB menjadi salah satu objek wisata religi di Nusa Tenggara Barat yang ramai di Kunjungi wisatawan. Bangunanannya didominasi warna kuning dan emas dengan tinggi empat lantai dan dilengkapi dengan ballroom. untuk memudahkan pengunjung masjid dilengkapi lift dan eskalator.

Ya, itulah daftar tempat wisata di Lombok yang populer dan menarik wisatawan. Selain beberapa objek wisata diatas tentunya masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang ada di pulau Lombok. Silahkan tentukan tempat yang ingin kamu kunjungi saat liburan ke pulau di Nusa Tenggara Barat tersebut. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *