21+ Tempat Wisata di Balikpapan Paling Eksotis dan Wajib dikunjungi

Tempat wisata di Balikpapan paling eksotis yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Kalimantan Timur. Kota Balikpapan merupakan salah satu kota Wisata yang menawarkan cukup banyak destinasi menarik terutama wisata alam seperti pantai dan danau.

21 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Eksotis dan Wajib dikunjungi

Kota Balikpapan terkenal dengan sebutan kota minyak, sebab kota ini memiliki sumber daya alam minyaknya yang begitu tinggi. Di Indonesia sendiri, Balikpapan merupakan sebuah kota yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang terbaik. Kota di Kalimantan Timur ini termasuk kota dengan kualitas udara lebih baik daripada sejumlah kota besar yang lainnya.


Selain itu, kota Balikpapan juga mempunyai beragam tempat menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang tak terlupakan. Ada beberapa kawasan wisata terbaik di Balikpapan yang eksotis dan Instagramable yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda saat berkunjung ke kota Minyak ini.

Baca juga:

Daftar Tempat Wisata di Balikpapan

Nah, buat kamu yang penasaran dengan objek wisata yang ada di Balikpapan. Langsung saja, berikut daftar 21 tempat wisata di Balikpapan paling eksotis dan populer yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kalimantan Timur:

1. Caribbean Island Water park

Caribbean Island Water park

Caribbean Island Water park merupakan objek wisata keluarga di Balikpapan. Objek wisata wahana air yang seru di Balikpapan untuk liburan keluarga. Berbagai wahana tersedia seperti Caribbean Castle, Spillet Bucket, Dry Pool, Monkey Slide Kids, Monkey Slide, Hand Boat, Octopus Tower, dll.

Beralamat di Perumahan Balikpapan Regency Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II, Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Caribbean Island Water park merupakan wahana air terbesar di kota Balikpapan.

Caribbean Island Water park Balikpapan buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00 WITA. harga tiket masuk Pada hari biasa untuk pelajar Rp 25.000 sedangkan umum Rp 45.000. Sedangkan pada hari libur harga tiket Rp. 60.000 untuk semua umur.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata di Balikpapan tersebut untuk info lengkap hubungi Telepon: 0542 – 878 583 / 0811 5371 996, atau Email: caribbeanislandwaterpark@gmail.com.

2. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan

Satu lagi tempat wisata baru di Balikpapan yang lagi hits dan instagramable yaitu Kebun Raya Balikpapan. ditempat ini terdapat berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh subur dan berwarna hijau lebat.

Kebun Raya Balikpapan terletak di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76127. dari kota Balikpapan berjarak kurang lebih 20 km.

Kebun Raya Balikpapan Perancangannya dilakukan pada Tanggal 1 Desember 2005 oleh LIPI dan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Ditetapkannya Kebun Raya Balikpapan pada Tanggal 26 Februari 2009 berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan RI No.68/ Menhut-II/2009 dengan tujuan khusus untuk Hutan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Latihan.

Kebun Raya ini diresmikan oleh Menteri Kehutanan oleh Pak Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum oleh Pak Djoko Kirmanto yang didampingi Wali kota Balikpapan Bapak H. Imdaad Hamid, S.E.

Objek wisata kebun raya balikpapan buka dari pukul 08.00-16.00 WITA. harga tiket masuk gratis. adapun daya tarik tempat ini adalah anda bisa melihat berbagai jeni tanaman yang dirawat dan diteliti.

Kebun Raya Balikpapan dibangun dengan mengusung tema tentang “Konservasi Tumbuhan Kayu Indonesia”. karena memang Pulau Kalimantan terkenal surga dari beragam tumbuhan serta hutan tropis. Banyak sekali kayu berkualitas didatangkan dari tempat ini.

Kebun Raya Balikpapan memiliki beragam koleksi serta ruangan. Beberapa fasilitas ruangan tersebut seperti rumah kaca, ruang belajar, perpustakaan, museum, laboratorium serta ruang untuk melakukan percobaan terhadap tanaman. Bagaiamana tertarik untuk berkunjung kesini? yuk, rencanakan liburan anda mulai dari sekarang.

3. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang begitu eksotis. Di sini Anda dapat menikmati sajian kuliner yang dibanderol dengan harga terjangkau. Tak sedikit penjual makanan yang ada di sekitar area pantai dengan menu yang disajikan pun begitu beragam.

Selain itu, pantai ini sangat cocok jika Anda kunjungi di waktu sore hari atau ketika menjelang malam. Karena pada saat itulah, Anda dapat menikmati panorama pemandangan alam berupa matahari terbenam sembari bersantai untuk menikmati makanan sambil duduk lesehan tepat di atas gelaran tikar.

4. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip

Objek wisata di Balikpapan berikutnya adalah penangkaran buaya teritip. Adapun jumlah binatang buaya di penangkaran tersebut terdapat 3.000 ekor dengan terdiri dari beberapa jenis di antaranya Buaya Air Tawar, Buaya Supit dan Buaya Muara. Tempat wisata di Balikpapan ini biasanya dibuka setiap hari untuk umum mulai dari jam 08.00 hingga jam 5 sore.

Adapun lokasinya hanya 27 km saja dari jantung kota Balikpapan. Sementara koleksi buaya yang terdapat di area penangkaran tersebut memang lebih banyak jika dibandingkan di Asam Kumbang, yakni salah satu objek wisata di Medan.

5. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai

Tempat wisata di Balikpapan berikutnya adalah Bukit Bangkirai, di mana bukit ini terletak di area Kecamatan Samboja, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kawasan wisata yang satu ini termasuk kawasan hutan hujan tropis dengan pemandangan yang masih terlihat begitu alami.

Adapun fasilitas yang tersedia di salah satu tempat pariwisata di Balikpapan ini tergolong sudah begitu lengkap, seperti fasilitas restoran, kolam renang hingga cottage yang memiliki konsep rumah panggung. Tempat wisata ini dinamakan juga sebagai Bukit Bangkirai sebab terdapat banyak sekali jenis dari pohon bangkirai.

tak hanya itu saja terdapat pula pohon bangkirai berusia sekitar 150 tahun yang memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan diameter sebesar 2,3 meter. Hal yang tak kalah menarik di tempat wisata ini yaitu canopy Bridge sebagai jembatan yang menghubungkan sebanyak 5 jenis pohon bangkirai.

6. Taman Bekapai

Taman Bekapai

Taman Bekapai Merupakan tempat wisata paling menarik sekaligus Landmark kota Balikpapan. Taman Bekapai ini merupakan kota yang memiliki sumber daya minyak bumi tinggi, sehingga wajar rasanya jika kota Balikpapan ini memiliki sebuah monumen sekaligus sebagai menunjukkan perasaan bangganya. Dengan begitu dibangunlah sebuah Taman Bekapai yang terletak di jantung kota Balikpapan.

Di tempat wisata ini terdapat monumen perunggu atau patung berbentuk abstrak serta keluar pula air mancur di dalamnya. Adapun air mancur ini biasanya terlihat mirip seperti semburan dari minyak bumi jika memakai bantuan pencahayaan. sehingga terlihat pemandangan begitu menarik di malam hari.

Tak hanya itu saja, air mancur di taman ini pun menyajikan bangku-bangku sebagai tempat beristirahat dilengkapi pepohonan rindang yang begitu sejuk untuk berteduh.

7. Pasar Klandasan

Pasar Klandasan

Jika Anda penasaran untuk berkunjung ke pasar di Balikpapan yang menawarkan pemandangan indah dan eksotis, apalagi kalau bukan Pasar Klandasan. Adapun pasar tradisional yang satu ini terletak tidak jauh dari pantai. Dengan begitu Anda tak hanya bisa berbelanja di pasar ini, melainkan jua bisa sekaligus menikmati Tempat wisata di Balikpapan berupa panorama wisata alam pantai.

Jika Anda keluar menuju bagian belakang di pasar Klandasan ini, Anda pun akan menyaksikan sebuah pemandangan laut nan eksotis. Di pasar ini terdapat aneka barang rumah tangga, buah, makanan, pakaian, ikan segar dan juga sayuran. Harga yang ditawarkan di Pasar Klandasan pun tergolong sangat terjangkau.

8. Kampung di Atas Air Margasari

Kampung di Atas Air Margasari

Ketika berkunjung ke Balikpapan, Anda bisa menyaksikan area kampung yang terletak di atas air, tepatnya di Kampung Atas Air Margasari. Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan rumah yang terbuat dari material kayu serta terletak di atas air.

adapun transportasi yang dipakai di sini yaitu perahu motor. Area perkampungan di sini didirikan sejak tahun 2000 serta telah menjadi bagian dari kawasan wisata menarik yang ada di kota Balikpapan.

Di Kampung di Atas Air Margasari, Anda pun bisa bersantai sejenak di gazebo sembari berinteraksi bersama warga setempat yang telah tersedia. Bagi Anda yang gemar memancing, jangan ragu membawa alat untuk memancing dan Anda pun bisa memancing langsung di atas jembatan yang terbuat dari kayu di perkampungan ini.

9. Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan

Hutan Mangrove Margomulyo

Tempat wisata alam di Balikpapan semakin bermunculan salah satunya adalah hutan Mangrove Margomulyo. tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata akhir pekan bagi anda yang ingin menikmati suasana alam.

Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan kini dilengkapi sejumlah fasilitas bagi para pengunjung. untuk mengeksplore kawasan hutan mangrove tersedia jembatan yang menjangkau semua kawasan mangrove.

Berlibur ke Hutan Mangrove Margomulyo anda bisa melihat hewan langkah yang ada di Balikpapan yakni bekantan. Anda bisa menyaksikan monyet-monyet asal Kalimantan tersebut melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Adapun lokasi Hutan Mangrove Margomulyo yaitu terletak di jalan AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo, Kec. Balikpapan Barat, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. tepatnya dibelakang SMU Negeri 8. dari pusat kota berjarak sekitar 9 km. tempat wisata ini Buka dari jam 08.00 – 17.30 WIT.

10. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru

merupakan salah satu Destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat singgah ke kota Balikpapan. Nama asli danau ini adalah Danau Rawamangun namun, dikenal juga dengan sebutan danau cermin dan danau hijau.

disebut danau cermin karena air danaunya yang jernih bagaikan cermin. sedangkan disebut danau hijau karena airnya nampak kehijauan yang memantulkan warna pepohonan disekitarnya.

Sejarah danau cermin Lamaru menurut penduduk sekitar, danau ini terbentuk hasil kerukan TNI AD untuk kebutuhan tempat latihan lapangan menembak. area tanah hasil galian yang berbentuk cekung kemudian digenangi air dan membentuk danau yang kini tersohor dengan nama Danau Cermin Lamaru.

Keindahan Danau Cermin Lamaru menjadikan danau ini sebagai salah satu destinasi Favorit wisatawan. tempat wisata di Balikpapan ini menjadi tenpat ideal untuk berfoto.

Adapun Alamatnya di Desa Lamaru, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk menjangkau Danau Cermin Lamaru tidak sulit, bisa menggunakan kendaraan sendiri maupun angkutan kota nomor 7.

11. Pantai Kemala

Pantai Kemala Balikpapan

Pantai Kemala salah satu tempat wisata di Balikpapan yang wajib kamu kunjungi. Selain bisa menikmati keindahan pasir pantai Kemala, pengunjung juga bisa mandi dan bermain ombak.

Pantai Kemala merupakan objek wisata pantai yang selalau ramai pengunjung diakhir pekan. dipantai ini kamu bisa bermain banana boats dengan biaya sewa Rp 25 ribu per orang. Sementara, jika kamu ingin bermain ski biaya sewa perjam Rp. 800 ribu.

Adapun Lokasi pantai kemala di Jalan Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini menjadi tempat wisata primadona wisatawan.

12. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Balikpapan

Bila anda berkunjung ke Kalimantan Timur salah satu wisata pantai yang terkenal yaitu Pantai Lamaru. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan pemandangan unik yang tesaji di sepanjang pantai ini.

Pantai Lamaru merupakan tempat wisata di Balikpapan yang mempesona dan menjadi primadona wisata keluarga. kelebihan pantai ini dibandingkan dengan pantai yang lain adalah kelandaian pantainya, pasir putih yang memenuhi pantai dengan air laut yang dangkal hingga beberapa puluh meter.

Selain itu di pinggir pantai berjejer pohon cemara yang hijau dan rimbun. buat anda yang membawa keluarga tidak perlu khawatir, karena ombak air laut di pantai ini kecil dan bersahabat sehingga anda bisa bermain air laut dengan anak-anak.

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung tersedia berbagai fasilitas di Pantai Lamari seperti Toilet, tempat parkir luas, mushola, toko dan warung makan. Dilokasi wisata juga Terdapat persewaan pelampung, banana boat, perahu kayuh, tikar, andong, kuda.

Lokasi Pantai Lamaru berada di Jalan Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, Indonesia. Adapun tarif masuk Rp. 10.000,-/orang. dan Biaya parkir kendaraan roda dua Rp. 5.000,- dan kendaraan roda empat 15.000,-.

13. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Alamat: Jln. Pantai Manggar Segarasari, Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 76116. Telepon: (0343) 4393469.

Merupakan salah satu tempat wisata pantai favorit wisatawan di Balikpapan. Pantai Manggar Segarasari memiliki pasir putih dengan ombak laut yang tenang dan air lautnya jernih.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara pada akhir pekan karena letaknya yang berada ditengah-tengah. Pantai Manggar tempat rekreasi yang nyaman untuk rekreasi keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Manggar cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, warung-warung yang berjejer, pusat souvenir, hingga fasilitas olahraga air seperti jet ski, banana boat, dan kapal karet.

Selain itu, tersedia pula fasilitas seperti Toilet umum, mushola dan sarana bermain anak. Bagi anda yang ingin berwisata ke Pantai Manggar Segarasari Harga Tiket Masuk : Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

14. Pantai Monpera

Pantai Monpera Balikpapan

Tempat wisata di Balikpapan berikutnya yang menarik untuk di kunjungi adalah Pantai Monpera. beralamat di Jln. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai Monpera merupakan tempat yang asyik untuk bersantai karena terdapat taman dengan pepohonan yang rindang yang dilengkapi fasilitas publik. untuk masuk anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk roda dua Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat Rp 5.000.

Pantai Monpera bersih dan memiliki beberapa spot menarik untuk foto-foto. Area taman Pantai Monpera yang bersih dan rindang serta berlimpah fasilitas publik ini sering dipergunakan untuk berbagai acara perkumpulan Komunitas Balikpapan dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Pantai Monpera juga sering digunakan untuk berbagai acara pada hari tertentu seperti acara pertunjukan kesenian daerah, pasar malam, pentas musik dan acara hiburan lainnya.

15. Pantai AURI Sepinggan

Lokasi: Sepinggan, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

16. Pantai Sepinggan

Lokasi: Jalan Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan

17. Pantai Batu

Lokasi: Prapatan, Balikpapan, Kota Balikpapan

18. Mahavihara Buddhamanggala

Mahavihara Buddhamanggala

Beralamat di JLn. MT.Haryono RT 43 No. 153, Graha Indah Ring Road, Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114.

Mahavihara Buddhamanggala merupakan objek wisata religi umat buddha di Balikpapan. Vihara yang dibangun pada tahun 2000 ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2.5 hektare. dan diresmikan oleh Ketua Umum Sangha Theravada Indo Bhikku Jotidhammo Mahathera pada 7 Juni 2012.

ditempat ini terdapat patung Buddha Tidur (Reclining Buddha) yang konon terbesar di Indonesia. pada bagian depan vihara Anda akan disambut dua patung gajah putih dan empat stupa putih.

Mahavihara Buddhamanggala buka untuk umum dari jam 06.00-22.00 WITA. Namun, meski terbuka untuk umum karena vihara ini adalah tempat peribadatan terdapat beberapa peraturan yang harus ditaati oleh pengunjung, diantaranya dilarang pelukan, aturan busana dilarang mengenakan strapless, tank top, wide neck, crop top, short pants, dan mini skirt.

19. Danau ‘cermin’ Manggar Balikpapan

Danau Cermin Manggar

Terletak di Kelurahan Manggar Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur. Danau ‘cermin’ Manggar merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Balikpapan. Untuk mencapainya dari kota Balikpapan sekitar 1 jam berkendara.

Danau ‘cermin’ Manggar termasuk objek wisata di Balikpapan yang lagi hits dan sayang untuk dilewatkan. Danau ini menawarkan pesona dan keindahan alam yang menakjubkan dengan dikelilingi pepohonan nan rimbun.

Tidak jauh dari tepi danau terdapat dua buah menara setinggi kurang lebih empat meter. dari atas menara kamu bisa melihat sekliling danau. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan moment liburan dengan foto-foto di Danau Cermin Manggar.

20. Waduk Manggar

waduk Manggar Balikpapan

Tempat wisata menarik lainnya yang hits dan instagramable adalah Waduk Manggar. Lokasinya di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Waduk Manggar dibangun oleh perusahaan Belanda Iwako pada tahun 1982 dan telah mengalami 3 kali pembangunan yaitu pada tahun 1985, 1991 dan 2006. Waduk ini digunakan sebagai Suplai Air Baku, PDAM, dan Irigasi.

Selain itu, Waduk Manggar juga menjadi salah satu objek wisata di Balikpapan. Diatas waduk dibangun sebuah jembatan kayu sehingga banyak yang berkunjung dan foto-foto.

21. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit

Satu lagi tempat wisata di Balikpapan yang eksotis dan instagramable yaitu Liang Mangkulangit. Objek wisata ini menawarkan suasana alam yang masih alami dan asri. bentuknya seperti gunung batu tinggi yang berfungsi sebagai dinding serta atap bagi Sungai Kandilau.

Ditempat wisata ini kamu bisa menikmati keindahan alam yang asri dengan deretan pohon dan beragam satwa liar. apisan lumut yang membalut berwarna kehijauan dan suara tetes-tetes air yang jatuh mengenai bebatuan semakin menambah indah wisata Liang Mangkulangit.

Adapun lokasinya berada di Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Untuk menjangkaunya dari pusat Kota Balikpapan dapat ditempuh sekitar 5 jam berkendara.

Demikianlah daftar tempat wisata di Balikpapan yang menarik dan eksotis untuk dikunjungi. Silahkan kamu tentukan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi saat liburan ke Kota Balikpapan Kalimantara Timur. Selamat Berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *