8 Rekomendasi Tempat Sarapan di Jogja yang Harus Kamu Coba

Ada banyak kuliner lezat di kota Yogyakarta yang bisa kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Bahkan buat kamu yang ingin sarapan pagi ada beberapa pilihan tempat sarapan di Jogja yang rekomended buat kamu. Apa saja tempatnya? yuk, kita cek sama-sama dibawah ini.

Setuju gak? Mengawali aktivitas pagi dengan perut kenyang jelas akan berbeda ketika perut kita kosong. Badan jadi lebih kuat dan ada tenaga untuk melakukan berbagai kegiatan sampai siang. Wajah segar dan tidak terlihat loyo. Semua aktivitas pun dijalani penuh semangat. Karena itulah, sangat penting sarapan sebelum mengawali hari. Oke, langsung yuk kita bahas satu-satu rekomendasi tempat sarapan di Jogja.

8 Rekomendasi Tempat Sarapan di Jogja

1. Bubur Ayam Syarifah

Kalau kalian tidak ingin sarapan yang terlalu berat, bubur bisa jadi pilihan. Cukup mengenyangkan, tapi tidak membuat lambung bekerja terlalu berat mencerna makanan satu ini. Nah, kalau kalian tertarik menyantap bubur sebagai menu sarapan, kalian bisa datang ke Bubur Ayam Syarifah. Dengan beberapa cabang yang banyak ditemukan di Jogja, tak salah jika Bubur Ayam Syarifah menjadi salah satu rekomendasi tempat sarapan di Jogja.

Bubur Ayam Syarifah

Keistimewaan bubur ayam Syarifah ini selain enak, juga porsinya cukup mengenyangkan. Harganya pun terjangkau. Buburnya gurih dan hangat dengan kuah kental kuning kecokelatan yang begitu lezat dan menggoda—memanggil para pelanggan untuk datang lagi mencicipinya. Lidah kalian pun bakal termanjakan oleh kekayaan bumbu kuahnya. Suwiran ayam dan kerupuk melimpah sebagai pelengkap akan menyempurnakan bubur ayam Syarifah. Tak ketinggalan, potongan cakwe dan irisan daun bawang mengisi mangkuk kalian. Kalau merasa masih kurang, kalian pun bisa memilih aneka lauk sebagai pelengkap sarapan. Ah, jadi semakin mantap saja santap pagi kalian.

Oh ya, kalau kalian mengunjungi kedai Bubur Ayam Syarifah di daerah Sagan, kalian pun bisa mencicip beberapa menu lain seperti mie yamin dan sejenisnya lho. Bukankah sarapan jadi lebih variatif dan tidak membosankan? Nah, kalau mau mampir sarapan ke sini, datang pagi ya. Bubur Ayam Syarifah mulai buka jam 6 pagi lho. Buruan, jangan sampai kehabisan!

2. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Bagi yang ingin menyantap sayur brongkos untuk sarapan, bolehlah sekali-kali mampir ke Warung Ijo Bu Padmo di daerah Tempel, tepatnya di bawah Jembatan Krasak. Nasi putih dipadu dengan sayur kacang tolo, tahu, daging dan kuah santan berwarna cokelat kehitaman akan membuat lidah kalian termanjakan. Bumbu dari kuah sayur ini begitu kuat dan terasa nikmat. Gurih, pedas, manis jadi harmoni yang membuat lidah bergoyang. Sebuah sensasi yang benar-benar membuat perut menjerit ingin segera diisi.

TERKAIT:  10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Kalian Kunjungi

Oh iya, brongkos di sini sebenarnya hanya berisi daging saja lho. Tapi, kalian bisa menambahkan kacang tolo, kecambah, tahu, krecek atau telur. Tergantung selera kalian. Dengan porsi mengenyangkan, harga pun terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk sambangi rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang satu ini.

3. Mangut Lele Bu Is

Tempat ini tak boleh dilewatkan jika kita membahas rekomendasi tempat sarapan di Jogja. Mangut Lele Bu Is namanya. Kalian bisa menemukannya di Jalan Imogiri Barat, Jetis, Bantul dan biasanya tempat ini buka mulai jam tujuh pagi.

Mangut Lele Bu Is

Mangut Lele Bu Is cukup populer sehingga selalu ramai dikunjungi. Bahkan, rekomendasi tempat sarapan di Jogja ini sudah berdiri sejak tahun 1977 lho! Sudah termasuk makanan legenda! Mangut lelenya sangat menggoda dan begitu lezat. Bumbu dari kuah mangut begitu kuat dan kaya. Pedas dan gurih jadi perpaduan sempurna. Sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat yang masih mengepul. Ditambah sayur-sayuran seperti daun pepaya, bayam, kecambah, kemangi dan sejenisnya, mangut lele yang akan kalian makan jadi semakin maknyus!

Harganya pun tergolong cukup murah—sangat sesuai dengan kenikmatan yang akan memanjakan lidah kalian. Kalau tak ingin mencicip mangut lele, kalian bisa memesan lele goreng kok. Pokoknya, dijamin hari kalian akan penuh semangat setelah mengisi perut di Mangut Lele Bu Is!

Baca juga: 6 Museum Seni Budaya di Yogyakarta

4. Saoto Bathok Mbah Katro

Rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang satu ini selalu dipenuhi orang-orang beberapa tahun terakhir ini. Saoto Bathok Mbah Katro namanya. Letaknya di Jalan Sambisari, tak jauh dari Candi Sambisari. Karena itulah, tempat ini juga sering disebut Soto Bathok Sambisari.

Saoto Bathok Mbah Katro

Sesuai namanya, menu utama yang ditawarkan di rekomendasi tempat sarapan di Jogja ini adalah soto. Kenikmatan nasi diguyur kuah soto nan lezat dan hangat sangat pas untuk dijadikan menu sarapan. Racikan kecambah, seledri, dan potongan daging sapi sungguh merupakan paduan sempurna ditambah dengan kuah berbumbu gurih dan sedikit manis. Nah, semuanya ditempatkan pada sebuah bathok kelapa yang merupakan keunikan Saoto Bathok Mbak Katro. Porsinya cukup untuk mengisi perut dengan harga terjangkau pula. Jika kalian ingin menambah pelengkap makan, kalian bisa memilih tempe garit goreng, sate usus atau sate telur puyuh. Dijamin sangat mantap deh santap pagi kalian.

TERKAIT:  6 Rekomendasi Museum Seni Budaya di Yogyakarta

Oh ya, sembari makan, kalian pun bisa menghirup udara segar khas persawahan di bawah naungan saung-saung. Saoto Bathok Mbah Katro memang menawarkan sensasi makan di tempat terbuka sehingga kalian bisa menyantap soto sembari melihat pemandangan area persawahan nan hijau. Kapan nih mau mampir buat sarapan di sini?

5. Jenang Bu Gesti

Jenang Bu Gesti

Tak ada salahnya memulai hari dengan yang manis-manis. Nah, rekomendasi tempat sarapan di Jogja ini bisa jadi satu pilihan nih kalau kalian ingin menyantap makanan manis sebagai menu sarapan. Jenang Bu Gesti yang letaknya di dalam Pasar Lempuyangan ini memang termasuk legendaris. Bagaimana tidak, jenang ini sudah dijual sejak tahun 60-an lho. Lamanya jenang ini bertahan membuktikan kalau makanan manis satu ini memang luar biasa enak dan digemari banyak orang.

Jenang Bu Gesti memang nikmat dan manis—membuat orang ketagihan untuk datang kembali. Kalian bisa menyantap pilihan jenang mutiara atau sumsum—putih dan manis—yang diguyur kuah santan atau juruh gula jawa. Rasanya benar-benar mantap deh. Manis dan gurih berpadu dengan sangat sempurna, begitu maknyus di lidah. Kalian pun bisa merasakan jenang candil yang kenyal dan manis. Tenang. Untuk menyantap jenang Bu Gesti ini, kalian tak perlu merogoh kocek dalam kok. Dengan porsi cukup untuk mengisi perut, harganya pun bersahabat! Yuk, awali hari dengan makanan manis khas Bu Gesti ini!

6. Nasi Kuning Babarsari

Nasi kuning memang sudah identik dengan menu sarapan pagi pada umumnya. Kalau kalian memutuskan menu ini sebagai santap pagi, kalian bisa bertandang ke Jalan Raya Babarsari. Di sini, ada sebuah rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang menjual nasi kuning dengan rasa luar biasa mantap. Karena letaknya di daerah Babarsari, maka tempat ini pun disebut Nasi Kuning Babarsari.

Nasi Kuning Babarsari

Nasi kuning gurih dengan porsi pas akan cocok mengisi perut kalian sebelum memulai aktivitas. Kering tempe, abon, dan kerupuk memang menjadi hal yang tak terpisahkan dengan menu makanan satu ini. Tapi, kalian pun bisa menyempurnakan kelezatan nasi kuning dengan ayam bakar spesial berbumbu merah. Masalah rasa, jangan ditanya lagi. Rasanya benar-benar maknyus!

Kalau tidak ingin ayam bakar, di sini pun disediakan lauk seperti telur rebus balado dan telur mata sapi. Lontong sayur pun bisa dijadikan pilihan menu sarapan di tempat ini. Oh ya, bukanya mulai jam 6 pagi ya! So, tertarik mencicip nasi kuning Babarsari ini? Buruan datang ke sini! Jangan sampai kehabisan!

7. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Berada di Jogja, rasanya kurang afdal kalau belum makan gudeg. Nah, tak ada salahnya menyantap makanan khas kota pelajar ini sebagai sarapan, kan? Kalian bisa datang ke Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan yang merupakan salah satu rekomendasi tempat sarapan di Jogja. Tempat makan satu ini memang sangat populer, baik bagi masyarakat asli maupun wisatawan yang mampir ke Yogyakarta. Warung gudeg ini membuka beberapa cabang di kota ini dan buka mulai jam 6 pagi. Oh ya, harus siap-siap antre ya karena gudeg ini sangat digemari banyak orang.

TERKAIT:  Inilah 7 Tempat Wisata Di Lembang Paling Menarik yang Wajib Anda Kunjungi

Kalian bisa menyantap gudeg kering yang begitu nikmat di sini. Rasa manis dan gurih dari nangka muda yang telah dimasak berpadu seimbang—tidak terlalu berlebihan. Tambahan sambal krecek kering dengan pedas yang pas membuat sarapan kalian bakal semakin mantap. Jika mau, kalian pun bisa menambahkan lauk telur, tahu atau ayam. Tinggal sesuaikan saja dengan selera kalian. Mengenai harga, jangan khawatir. Sangat bersahabat kok. Ayo, tunggu apa lagi? Buruan ke sini dan sarapan gudeg Yu Djum!

8. Lotek Teteg

Makan makanan bergizi untuk sarapan tentunya sudah menjadi hal wajar, jadi tak sekedar mengenyangkan saja. Nah, kalau kalian ingin sarapan dengan menu yang dipenuhi sayuran sehat, bolehlah kalian mampir ke Lotek Teteg. Terletak di bawah Jembatan Lempuyangan, tempat ini cocok sebagai salah satu rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang bisa kalian sambangi. Oh ya, fyi, nama teteg sendiri di sini berarti palang karena letak tempat ini memang berdekatan dekat palang pintu rel kereta api.

Lotek Teteg

Di sini, kalian bisa menikmati lotek dengan isian beragam sayuran hijau yang benar-benar menggugah selera. Sayuran segar direbus, tapi tidak terlalu matang sehingga masih terasa renyah ketika dikunyah. Sajian sayur bayam, tauge, kacang panjang, kubis, potongan bakwan disiram dengan kuah bumbu kacang nan ciamik ditambah lagi kerupuk bawang jadi harmoni yang sangat sempurna untuk mengisi perut kelaparan. Dan, yang terpenting, porsinya pun jumbo! Bakalan kenyang deh. Tapi, jangan khawatir. Meski porsinya banyak, harganya murah meriah! Kalau tidak mau makan lotek, gado-gado pun bisa jadi pilihan. Pokoknya, wajib deh sarapan di Lotek Teteg!

Baca juga: 7 Objek Wisata Menarik di Yogyakarta

Nah, itu tadi delapan rekomendasi tempat sarapan di Jogja. Jadi, kalau kalian bingung mencari menu sarapan, bisa deh mencicip makanan di tempat-tempat di atas. Tentu saja, masih banyak tempat untuk berburu santap pagi di Yogyakarta. Semua tergantung selera masing-masing pribadi. Yang pasti, jangan lupa sarapan supaya badan penuh energi untuk beraktivitas! Cop cop!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *