Tanda-Tanda Penyakit Diabetes

By Admin | kesehatan

tanda-tanda penyakit diabetes.

Setiap penyakit tentunya memiliki beragam gejala atau tanda-tanda, begitu juga dengan penyakit diabetes. Perlunya mengetahui beberapa gejala tersebut, hal ini sangat berguna bagi kita agar dapat membantu dalam mencegah mengatasi diabetes agar tak menjadi penyakit yang kronis.

Penting untuk diketahui sebelum menginjak ketahap pembahasan, bahwa terdapat terdapat dua jenis diabetes yang umum terjadi dan diderita oleh banyak orang. Kedua jenis diabetes tersebut meliputi diabetes tipe I dan diabetes tipe II.


Perbedaannya adalah jika diabetes tipe I karena masalah fungsi organ pankreas tidak dapat menghasilkan insulin sedangkan diabetes tipe II karena masalah jumlah insulin yang kurang bukan karena pankreas tidak bisa berfungsi baik.

1. Diabetes tipe I

Penderita penyakit diabetes tipe I sebagian besar terjadi pada orang dibawah umur 30 tahun. Itu sebabnya penyakit ini sering dijuluki diabetes anak-anak karena penderitanya lebih banyak terjadi pada anak-anak dan remaja.

Mengenali gejala atau tanda-tanda diabetes tipe I pada anak-anak tidaklah mudah karena gejala-gejalanya sering disalah artikan sebagai penyakit flu. Selain itu gejala yang timbul terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Anak dengan diabetes tipe I biasanya memiliki tanda-tanda awal sebagai berikut:

a. Sering buang ar kecil. Hal ini sebabkan karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah.

b. Sering haus dan banyak minum. Hal ini disebabkan karena banyak cairan yang dikeluarkan, sehingga anak menjadi gampang haus.

c. Berat badan menurun. Sebab, tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot serta cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar.

d. Mudah lelah. Anak terlihat kelelahan disebabkan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

2. Diabetes tipe II

Penyakit diabetes II merupakan jenis diabetes yang sebagian besar diderita. Sekitar 90-95% penderita diabetes menderita diabetes tipe II . jenis diabetes ini sering diderita oleh orang dewasa yang berusia lebih dari 30 tahun dan cenderung semakin parah secara bertahap. Berikut beberapa gejala/ tanda-tanda yang nampak terhadap penderita diabetes tipe II:

a. Berat badan menurun dengan cepat. Hal ini disebabkan karena pancreas mulai mengalami kerusakan. Gagalnya pankreas dalam mengolah gula menjadi energi, sehingga menyebabkan terjadilah resistensi insulin.

Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternative dengan membakar lemak dalam tubuh. jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh semakin merosot.

b. Sering kesemutan. Ini disebabkan karena terjadinya kerusakan pada pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir di ujung-ujung saraf pun berkurang.

c. Luka yang sulit sembuh. Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini akan mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka.

Meskipun gejala-gejala tadi dapat menunjukan tanda-tanda penyakit diabetes, namun cara terbaik untuk memastikan apakah Anda mengidap diabetes atau tidak, yaitu dengan melakukan pengecekan. Berikut ini beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan baik secara pribadi atau tes klinik.

Pertama, melakukan tes darah. Biasanya dilakukan pada ruang laboratorium. Pada saat Anda melakukan tes, Anda harus berpuasa selama 12 jam. Kadar gula yang normal selama berpuasa adalah dibawah 100 mg/dl. Setelah itu, pengambilan darah akan dilakukan kembali 2 jam setelah makan, bila hasilnya di atas 140 mg/dl dapat dipastikan Anda mengidap diabetes.

Kedua, melakukan tes urine. Urine atau air kencing diperiksa kadar albumin, gula dan mikroalbuminurea untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit ini atau tidak. Tes ini juga dilakukan dilaboratorium atau klinik.

Ketiga, glukometer. Tes ini dapat dilakukan sendiri di rumah bila memiliki alatnya. Caranya adalah dengan menusukan jarum pada jari untuk mengambil sempel darah. Kemudian sempel darah diletakkan kedalam celah yang tersedia pada mesin glukometer.

Itulah uraian singkat tentang gejala atau tanda-tanda penyakit diabetes, jika salah satu diantara kalian juga mengalami tanda-tanda tersebut, dianjurkan untuk segera berkonsultasi pada dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Terimah kasih sudah membaca, dan semoga membawa manfaat bagi semua!


Related Pos :