Tanda-Tanda Beriman Kepada Para Malaikat Allah

By Admin | Umum

tanda-tanda beriman kepada malaikat Allah

Tanda-tanda beriman kepada para Malaikat Allah ada yang berupa sikap mental yakni pikiran dan perasaan serta adapula yang berupa sikap lahir yaitu ucapan dan perbuatan.

Tanda-tanda beriman yang berupa sikap mental itu bersifat abstrak (gaib), tidak dapat diketahui panca indra dan yang mengetahuinya hanyalah individu itu sendiri dan Allah Swt, Tuhan Yang Maha Mengetahui segala yang gaib dan yang nyata (syahadah).


Mengacu kepada ajaran-ajaran Allah Swt yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadist, tanda-tanda beriman kepada malaikat yang berupa sikap mental itu, seperti:

 Mempercayai atau meyakini dalam hati bahwa malaikat adalah makhluk gaib yang lebih dulu diciptakan Allah Swt daripada manusia dan yang asal kejadiannya dari nur atau cahaya.

Tempat tinggal tetap para malaikat adalah di langit, dan dalam rangka melaksanakan perintah Allah Swt, setiap saat mereka turun ke bumi (lihat dan pelajari Q.S. Maryam, 19: 64).

 Mempercayai atau meyakini dalam hati bahwa para malaikat bersifat, seperti bertubuh halus (gaib) tidak dapat dilihat oleh manusia biasa; senantiasa mentaati perintah Allah Swt dan tidak pernah mendurhakai-Nya; tidak berjenis laki-laki atau pun wanita; tidak memiliki hawa nafsu dan tidak beranak atau diperanakan; tidak membutuhkan makanan dan segala apa yang berupa materi; para malaikat tidak akan mengalami kematian sebelum datangnya Hari Kiamat; para malaikat hanya bisa mengerjakan apa yang diperintah Allah Swt, tidak memiliki inisiatif untuk berbuat lain; dan para malaikat itu diciptakan Allah untuk tugas-tugas tertentu. (baca dan pelajari Q.S. An-Nahl, 16: 50 dan Q.S. At-Tahrim, 66: 6)

 Mempercayai atau meyakini dalam hati bahwa tugas para malaikat itu bermacam-macam-macam, ada yang berkaitan dengan alam rohani dan ada pula yang berhubungan dengan alam dunia, khususnya umat manusia.

Para malaikat yang tugasnya berhubungan dengan alam dunia atau umat manusia, seperti:

1. Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu (firman atau petunjuk Allah Swt) pada para nabi atau rasul, dari semenjak rasul pertama Nabi Adam AS sampai dengan rasul terakhir Nabi Muhammad Saw.

2. Malaikat Mikail, bertugas membagi rezeki kepada seluruh makhluk, seperti : makanan, minuman, dan menurunkan hujan.

3. Malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, seperti manusia, hewan, jin, setan, dan juga bangsa malaikat, jika sudah tiba saatnya.

4. Malaikat Israfil, bertugas sebagai peniup sangkakala, jika Hari Kiamat telah tibah saatnya. (lihat dan pelajari Q.S. Al-Haqqah, 69: 13-16, Q.S. Az-Zumar, 39: 68 dan Q.S. Ibrahim, 14: 48!)

5. Malaikat Raqib, bertugas mencatat segala sikap, tutur kata, dan perbuatan manusia yang baik.

6. Malaikat Atid, bertugas mencatat segala sikap, tutur kata, dan perbuatan manusia yang jahat. (baca dan pelajari Q.S. Qaf, 50: 16-18!)

7. Malaikat Munkar, bertugas memberikan pertanyaan-pertanyaan pada manusia yang hidup di alam kubur.

8. Malaikat Nakir, bertugas sama dengan Malaikat Munkar.

9. Malaikat Malik, bertugas sebagai penjaga neraka (Q.S. Tahrim, 66; 6)

10. Malaikat Ridwan, bertugas sebagai penjaga surge (Q.S. Ar-Ra’d, 13: 23-24)

 Tanda lainnya dari beriman kepada malaikat yang berupa sikap mental ialah mempercayai dan meyakini bahwa orang-orang beriman dan beramal saleh itu kedudukannya lebih tinggi dari pada malaikat. Hal ini disebabkan karena ilmu manusia lebih tinggi dari pada para malaikat. Ini terbukti tatkala Allah Swt menyuruh malaikat untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang benda-benda tertentu, ternyata malaikat tidak dapat menjawabnya, tetapi tatkala suruhan itu ditujukan kepada Adam AS (manusia), ternyata Adam AS dapat menjawabnya dengan tepat dan benar. Selain itu Allah Swt menyuruh malaikat untuk memberi hormat kepada Adam AS (lihat dan pelajari Q.S. Al-Baqarah, 2: 30-34).

Mengenai tanda-tanda beriman kepada malaikat yang berupa sikap lahir, yaitu ucapan dan perbuatan, diantaranya:

 Pernyataan lisan, bahwa ia percaya kepada adanya para malaikat dan sifat-sifatnya sesuai dengan penjelasan Al-Qur’an dan Hadist.

 Ia melakukan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan beriman kepada malaikat. Secara umum dapat dikatakan bahwa orang-orang yang beriman kepada malaikat akan senantiasa bertakwa, yakni melaksanakan segala perintah Allah Swt dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Related Pos :