Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu objek wisata populer di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman ini memiliki banyak flora dan fauna karena memang tujuan didirikannya untuk kelestarian alam.

Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Lokasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat yang resmi ditetapkan sejak tahun 1980 dan menjadi yang paling tua di Indonesia. Pada dasarnya Tempat Wisata tersebut didirikan untuk menjaga kelestarian alam berupa Flora dan Fauna yang ada di Jawa Barat, dan alhasil hingga kini tetap terjaga.

Lokasi Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 21976 hektar yang berisikan puncak pegunungan serta pepohonan lebat. Perlu diketahui bahwa Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di antara 3 (tiga) wilayah Kabupaten di Jawa Barat antara lain Sukabumi, Cianjur, Dan Bogor.

Keadaan topografinya, Gunung tersebut memiliki dua puncak yang terbilang kembar karena ketinggian dan ukurannya hampir sama yaitu berupa Gunung Gede Dan Gunung Pangrango, untuk itulah lokasi ini disebut Gunung Gede Pangrango.

Gunung Gede memiliki ketinggian 2958 Meter dpl, dan puncak Gunung Pangrango setinggi 3019 Meter dpl. Ditengah-tengah kedua gunung tersebut terdapat gigir gunung yang sering disebut kandang landak .

Lihat juga: Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas

Di Area tersebut terdapat banyak sekali jenis Fauna mayoritas di dataran rendahnya, diantaranya benar-benar dilindungi karena sudah terancam punah seperti biul slentek, macan tutul, anjing ajag, lutung surili, owa jawa, dan masih banyak lagi.

Untuk Binatang yang paling sering kita jumpai disana antara lain ada pelanduk jawa, Bajing Tanah bergaris tiga, jelarang hitam, tikus babi, tupai kekes, tupai akar, teledu sigung, lutung budeng, monyet kera, serta kurang lebihnya terdapat 250 jenis burung hidup disana.

TERKAIT:  37+ Tempat Wisata di Lombok Paling Hits dan Instagramable

Seperti yang telah kami singgung tadi bahwa di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lebih banyak jenis flora nya, kurang lebihnya terdapat 870 spesies tumbuhan bunga, 200 spesies tanaman anggrek, dan 150 spesies tumbuhan paku-pakuan.

Tempat Wisata Alam tersebut dilindungi oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam dari Kementrian Kehutanan yang berkantor pusat di Cibodas dengan dukungan team yang sangat kompak untuk menjaga kelestariannya. Selebihnya sebagai warga negara Indonesia kita juga harus menyadari betapa pentingnya taman nasional untuk dilindungi dan dijaga kelestariannya secara bersama.

Itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Bagi anda yang ingin menyaksikan berbagai jenis hewan dan tanaman bunga terutama bunga anggrek maka bisa berkunjung ke tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *