Serat Buah Naga untuk Turunkan Kolesterol

By Admin | kesehatan, manfaat

serat buah naga untuk menurunkan kolesterol

Sebelum mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan menggunakan serat buah naga, maka alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengenal apa itu Kolesterol?

Kolestrol merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena risiko serangan jantung. Dan kadang kala, sebagian besar orang yang mengalami kolsetrol tinggi tidak menyadari bahwa mereka memiliki kadar kolestrol tinggi. Mereka pun tidak merasakan gejala-gejala yang khusus. Dan penyebab dari kolestrol tinggi ini yaitu terlalu banyaknya kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah.


Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat, yang apabila jumlahnya berlebih didalam darah, maka kolesterol ini akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan membentuk bekuan yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.
Adapun dampak negative yang dapat ditimbulkan dari kolesterol darah yang tinggi adalah sebagai berikut:

a. Kolesterol darah yang tinggi dapat menimbulkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah pada jantung sehingga seseorang yang mengalami hal ini akan terkena serangan jantung.

b. Kolesterol darah yang tinggi juga dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat mengakibatkan terjadinya serangan stroke.

Dari pemaparan singkat tentang kolesterol diatas, maka dapat diketahui bahwa kolesterol yang normal sangat baik bagi kesehatan tubuh. dan sebaliknya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kolesterol yang berlebih (kolesterol tinggi) justru dapat mengakibatkan kerusakan pada organ vital (jantung dan otak) sehingga dapat terkena serangan jantung dan stroke. Makanya, sangat dianjurkan bagi Anda semua untuk memperhatikan kadar kolesterol darah Anda agar tetap terjaga (normal).

Bagaimana cara menstabilkan kadar kolesterol dalam darah?

Jawaban tersebut merupakan kata kunci pada pembahasan kali ini. Sebab, salah satu manfaat dari buah naga yang sedang dibahas disini adalah menstabilkan ataupun menurunkan kolesterol. Artinya, bahwa buah naga dapat menjadi alternative bagi Anda sebagai pencegah kolesterol tinggi dan pengobatannya.

Serat yang terdapat dalam buah naga terbukti dapat menurunkan penyerapan lemak, terutama kolesterol, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Dalam jangka panjang, hal ini akan membawa manfaat dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.
Nah, bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kolesterol darah yang tinggi, maka sangat dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi serat mulai sekarang. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah naga. Ini merupakan manfaat lainnya dari buah naga. Sungguh dahsyatnya manfaat buah naga bagi kesehatan.


Related Pos :