Sejarah Awal Penyebaran Buah Pisang

By Admin | Umum

Sejarah awal penyebaran buah pisang – Mungkin selama ini kita hanya tahu bentuk, warna dan rasanya saja dari buah pisang. kita tidak tahu seperti apa sejarahnya dan bagaimana awal penyebaran buah yang sangat populer di dunia dan menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi orang diseluruh dunia. nah, pada kesempatan kali ini www.Altundo.com akan mengulas sejarah singkat perkembangan dan penyebaran buah pisang hingga akhirnya buah ini sampai ke berbagai negara Asia, Eropa sampai Amerika. Jadi simak terus sampai habis ulasannya dibawah ini.

sejarah awal penyebaran buah pisang

Pisang merupakan buah yang disukai hampir semua orang baik pria maupun wanita, tua maupun muda, besar maupun kecil. karena buah pisang selain harganya yang relatif murah juga rasanya yang enak dan kandungan pisang kaya akan vitamin dan Nutrisi serta mineral yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan wajah.


Warna pisang pada awalnya berwarna hijau dan merah, tapi pada tahun 1836 Jean Francois Poujot dari Jamaika melakukan mutasi hingga akhirnya warna pisang menjadi seperti yang kita lihat pada saat sekarang ini.

Sejarah buah pisang diperkirakan asal mulanya dari kawasan hutan di Asia Tenggara. Sejarah penyebarannya cukup panjang mulai dari Asia tenggara, eropa sampai Amerika hingga akhirnya menjadi buah yang yang paling populer di Dunia diantara buah paling populer lainnya.

Pembudidayaan buah ini berdasarkan pendapat para ahli termasuk buah yang pertama di budidayakan sebelum tanaman padi. artinya budidaya pisang lebih dahulu daripada budidaya padi. dan pembudidayaan diyakini dilakukan pertama kali di dataran Papua Nugini. hal ini terlihat dari bukti tertulis yang ditemukan pada tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukan kalau buah pisang ketika itu sudah mencapai India. selain itu bukti lainnya disebutkan dalan berbagai kitab seperti kitab Cina, Islam, kitab kuno hindu, Romawi dan Yunani.

Bukti pembudidayaan pisang ditemukan di Romawi pada masa kekaisaran Octavius Agustinus tahun 63-14 Sm. Budidaya Pisang di Romawi kala itu berkat dorongan Antonio Musa yang merupakan dokter pribadi kaisar Octavius Agustinus. Namun pembudidayaan buah pisang secara terorganisir pertama kali dilakukan oleh China.

Kemudian perjalanan buah pisang berlanjut ketika Alexander Agung beserta pasukannya pada tahun 327 SM, melakukan ekspedisi ke wilayah laut tengah dan mereka menemukan buah ini. Selanjutnya pisang sampai ke Madagaskar dan Palestina berkat bantuan pasukan penakluk Islam.

Perjalanan pisang berlanjut dari Afrika Barat sampai ke Eropa yang dibawah oleh pelaut Portugis pada abad ke 15. dan pada tahun 1482 mencapai Hindia Barat dan Canary Island berkat penjelajah portugis yang membawanya. untuk kawasan karibia dan Amerika penyebaran pisang berkat Jasa Penjelajah Potugis dan Spanyol.

Sebelum tahun 1870 orang Amerika tidak mengenal pisang, mereka baru mengenalnya setelah tahun 1870 berkat Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith yang mengenalkannya kepada masyarakat Amerika pada saat yang hampir bersamaan.

Lorenzo mengenal buah pisang ketika berkunjung ke jamaika dia adalah seorang kaptel kapal laut. karena tertarik dan rasa penasaran dengan buah kuning yang dijual dipasar diapun membeli beberapa tandan pisang mentah kemudian dijual dipasar buah New Jersey. dan pada saat yang hampir bersamaan Minor Keith yang sedang membangun rel kereta api di Kostarika menanam pisang dekat jalur rel kereta api. ketika pembangunan jalan rel kereta api selesai pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan untuk di eksport ke Amerika. hingga akhirnya pisang menjadi buah yang sangat populer disana.

Pisang memainkan peran yang cukup penting dalam perekonomian negara-negara yang sedang berkembang. sekarang ini sudah lebih dari 170 negara membudidayakan pohon pisang. karena memang buah ini kaya akan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. adapun kandungan dari buah pisang antara lain Vitamin, serat, mineral dan kalori yang baik untuk tubuh. info lengkap kandunganya bisa baca selengkapnya kandungan buah pisang

Itulah sejarah singkat awal penyebaran buah pisang keseluruh Dunia hingga akhirnya menjadi buah yang sangat populer dan diminati banyak orang di Dunia. Di Indonesia sendiri buah ini hampir terdapat disetiap pulau sehingga tidak sulit untuk menemukannya.


tags: , ,

Related Pos :