Sebab-Sebab Doa Tertolak

By Admin | Umum

sebab-sebab doa ditolak

Ibrahim bin Adham memberikan penjelasan kepada orang-orang Basrah, bahwa sebab-sebab doa tertolak itu ada sepuluh macam sebab, diantaranya:
Pertama, kamu akui mengenal Allah, namun hak-hak-Nya tidak kamu penuhi. Maksudnya setiap nikmat yang diberikan kepadamu kamu tidak mau mensyukuri, bahkan kamu ingkari adanya dan kamu lupakan Dia.

Kedua, kamu baca Al-Qur’an berulang kali, namun isi yang terkandung di dalamnya tidak kamu amalkan. Maksudnya, Al-Qur’an hanya untuk bacaan belaka, dibuat hiasan dirumah dan untuk dilombakan enak-enakan lagu. Tetapi isinya tidak dipelajari untuk diterapkan di dalam kehidupannya.


Ketiga, kamu akui cinta Rasulullah Saw, namun nasehat-nasehatnya tidak kamu jalankan. Maksudny, beliau sering menunjukan jalan yang lurus dan jalan yang sesat. Tetapi kebanyakan mereka menempuh jalan yang sesat.

Keempat, kamu akui syetan itu adalah musuh manusia yang nyata, namun kamu telah patuh kepadanya. Maksudnya, manusia sering kali memperturutkan kehendak hawa nafsunya. Padahal yang demikian itu sama halnya dengan memperturutkan perilaku syetan.

Kelima, kamu sering kali berdoa memohon dihindarkan dari siksa api neraka, namun kau jerumuskan dirimu kedalamnya dengan banyak berbuat dosa dan maksiat. Maksudnya, manusia yang menginginkan dirinya terhindar dari siksa neraka maka hendaklah ia menjauhi perbuatan dosa. Sebab bila ia menjalani perbuatan dosa, maka sama halnya mencampakan dirinya kedalam neraka.

Keenam, kamu sering kali berdoa mohon supaya bisa masuk surga, namun kamu tidak mau beramal baik untuknya. Maksudnya, semua manusia tentunya ingin hidup senag di surga, tetapi kebanyakan mereka enggan berbuat baik untuk mendapatkan surge itu.

Ketujuh, kamu percayai kematian itu pasti datang, namun kamu tidak mau mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Maksudnya, semua manusia telah menyadari hidup didunia itu bersifat sementara, sedangkan hidup diakherat itu kekal. Tetapi kebanyakn mereka lupa akan hal itu sehingga sering kali berbuat dosa.
Kedelapan, kamu sering sibuk mengurusi aib orang lain, namun aibmu sendiri terlupakan. Maksudnya, kebanyakan manusia tidak mengakui bahwa dirinya banyak berlumuran dosa, yang pada gilirannya ia tidak mau mengakui kesalahannya dihadapan Allah. Maka bagaimana mungkin mau bertaubat kepada-Nya?

Kesembilan, kamu makan rizki dari pemberian Allah, namun kamu tidak mau mensyukuri pemberian Allah itu. Maksudnya, kebanyakan manusia bila mendapat nikmat dari Allah mereka lupa daratan dan kadang kala bisa jadi sombong. Padahal ia harus bersyukur atas pemberian Allah itu.

Dan terakhir, kamu kuburkan orang yang meninggal dunia, namun kamu tidak mau mengambil pelajaran dari peristiwa itu. Maksudnya, sebenarnya manusia bila mengantarkan jenazah ke kubur itu bisa mengambil pelajaran, bahwa hari ini aku yang mengantarnya, tetapi besok aku yang diantarkan. Dari itu, aku harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian dengan memperbanyak amal kebaikan.

Demikianlah diantara 10 macam sebab-sebab tertolak doa menurut penjelasan Ibrahim bin Adham kepada orang-orang Basrah. Yang mana bila doa tertolak, maka janganlah menyalahkan Allah, melainkan koreksilah diri kita sendiri, sudahkah kita berdoa dengan aturan-aturan yang telah dijelaskan sebelumnya? Tuhan tidak akan mengingkari janji-Nya, sebagai mana tercermin dalam firman-Nya:

“Berdoalah kamu kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan doamu.” (Q.S. Al-Mukmin: 60).

Nah, itulah beberapa aturan yang dapat langsung Anda terapkan mulai dari sekarang, agar doa-doa kita di ijabah oleh Allah Swt. Dan semoga apa yang telah ditulis dapat membawa manfaat bagi semua.


Related Pos :