Sandradee Makajev Hasilkan Rp40 Miliar Per Bulan dari Bisnis Online

Kisah sukses Sandradee Makajev Hasilkan Rp40 Miliar Per Bulan dari Bisnis Online. Bisnis online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan bagi pelakunya. Salah satu cara pemasaran bisnis online yang paling efektif adalah melalui media sosial. Banyak brand yang berhasil mengubah pola bisnis melalui social media. Namun tak sedikit pula yang gagal memanfaatkannya.

Sandradee Makajev Hasilkan Rp40 Miliar Per Bulan dari Bisnis Online

Salah satu bisnis online yang sukses memanfaatkan sosial media adalah milik Sandradee Makajev. Lewat bisnis fashion miliknya, St Frock, ia mampu meraih penghasilan hingga 480.000 dolar Australia (sekitar Rp4.8 Miliar) hanya dalam waktu 10 bulan.

“Semua pencapaian yang saya miliki ini diperoleh dari halaman Facebook. Jujur, Facebook merupakan satu-satunya tempat saya beriklan.” ujar Makajev, seperti dikutip dari The Sidney Morning Herald.

Baca juga: 7 Wanita Tersukses di Dunia

Halaman Facebook St. Frock hingga artikel ini ditulis mempunya Likes hampir 350.000. Para Likers inilah yang digunakan Makajev untuk promosi produk, berkomunikasi dengan pelangga, membangun loyalitas brand, dan yang terpenting untuk mendorong penjualan barang.

“Semua yang saya miliki saat ini diperoleh dari halaman Facebook saya. Jujur, Facebook merupakan satu-satunya tempat saya mengiklan,” kata Makejev, seperti dikutip dari lamanThe Sydney Morning Herald, baru-baru ini.

Tahun lalu, page Facebook miliknya hanya memiliki 50.000 likes. Namun saat ia memutuskan untuk menulis posting secara regular dan meluangkan waktu usaha untuk memperbanyak fansnya. Ia melihat lonjakan yang besar dalam penjualan.

“Penjualan kami terus meningkat, dalam satu bulan kami mampu mendapat penghasilan hingga AUD40 ribu, bulan depannya lagi meningkat AUD80 ribu dan bulan berikutnya melonjak hingga AUD160 ribu,” katanya.

Angka itu terus melonjak. Hingga pada Natal setahun silam, Makejev mampu membukukan omzet hingga AUD500 ribu. “Waktu itu, saya bahkan tidak punya waktu untuk makan siang, bahkan untuk pergi ke toilet,” ujar Makejev menggambarkan kesibukannya kala itu.

Trik Bisnis

Sebelum meraih sukses melalui toko online miliknya, Makejev memulai bisnisnya dari toko fisik. Dia mendirikan toko fashion di Parymont, Sydney pada tahun 2010. Baru di tahun berikutnya, Makejev memutuskan untuk memasarkan produk melalui toko online, khususnya Facebook.

Hanya dalam waktu satu tahun, komposisi penjualan St Frock berubah. Dari semula hampir mayoritas penjualan berasal dari toko fisik, kini mulai berubah. Saat ini, menurutnya, 90 persen penjualan St Frock disumbang oleh toko online dan sisanya dari toko Pyrmont.

Makejev sedikit membuka rahasia trik sukses dalam mendongkrak penjualan melalui Facebook. Makejev, yang kini mempekerjakan 20 karyawan ini, mengaku selalu fokus pada profil Facebook.

“Bagi St Frock, Facebook tak ubahnya seperti saluran berita. Itu pada dasarnya merupakan sebuah cara untuk dapat bebas berbicara dengan pelanggan kami,” kata Makejev.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *