Rahasia Sukses Berbisnis Richard Branson Pendiri Virgin Group

Siapa tak kenal Richard Branson? Pria asal Inggris yang memiliki gelar “Sir” ini adalah pimpinan 400 perusahaan di seluruh dunia di bawah grup Virgin. Richard Branson merupakan satu-satunya miliarder yang berhasil membangun delapan grup perusahaan besar di delapan industri berbeda. Memiliki kekayaan lebih dari US$ 5,1 miliar membuatnya masuk dalam jajaran miliader dunia.

Rahasia Sukses Berbisnis Richard Branson Pendiri Virgin Group

Sempat putus sekolah, Branson pun bertekad untuk membuktikan bahwa tanpa gelar sarjana pun, ia tetap bisa sukses. Branson pun ternyata berhasil dengan sukses mendirikan perusahaan Virgon Records di tahun 1970, ketika itu usianya baru 20 tahun. Branson punya beberapa pesan untuk Anda supaya dapat mencapai kesuksesan seperti yang ia dapatkan.

Pertama, Branson mengungkap bahwa rahasia kesuksesannya adalah selalu mengikuti aturan sederhana. Bagi Branson, membangun sebuah bisnis adalah suatu kebanggaan baginya. Karena, melalui bisnis yang ia rintis, ia bisa bekerja bersama orang-orang berbakat lain serta menghasilkan suatu yang dapat memberi perbedaan bagi hidup seseorang. Baca juga: Kisah Sukses Ted Turner Pendiri CNN

Kedua, Branson mengakui bahwa tak ada yang sempurna. Ia yakin, orang pandai sekalipun, masih memiliki ruang untuk berkembang. Ia menilai, merasa sempurna hanya akan membuatnya malas bekerja.

Rahasia Sukses Berbisnis Richard Branson

Selain dua pesan di atas masih banyak lagi rahasia untuk sukses dari Branson. Seperti dalam bukunya Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School pada 2012, setidaknya ada hal rahasia sukses yang bisa Anda ikuti:

1. Jika Anda Tidak Menikmatinya, Maka Jangan Lakukan Itu

Branson menceritakan ketika dirinya memulai Virgin dari basement di London Barat, tidak ada rencana dan strategi besar. Ia bahkan tidak membangun kerajaan bisnis.

“Saya secara sederhana ingin membuat sesuatu yang orang menikmati menggunakannya, dan melakukannya, dan pada akhir hari berdoa agar dapat membuat bayaran untuk tagihan,” ujar Branson, seperti dikutip dari Business Insider, yang ditulis Senin (30/6/2914).

2. Jadi Seorang Inovatif dan Menciptakan Sesuatu Berbeda

Dari sejak ia memutuskan memberikan nama perusahaan dengan risikonya pada 1970, Branson mulai menghadapi dunia. Ia menulis, ketika mendirikan Virgin Atlantic pada 1984 sebagai sebuah maskapai penerbangan itu benar-benar memiliki layanan pelanggan besar. Hari ini dia mempersiapkan Virgin Galactic untuk menjadi perusahaan pertama yang menawarkan perjalanan ke ruang angkasa.

3. Kebanggaan Bekerja

“Bagi saya tidak ada yang lebih sedih dari pada mendengar seseorang yang menyesal tentang tempat di mana mereka bekerja,” kata Branson.

Ia menulis, kalau karyawan merupakan aset berharga, dan membuat merasa dihargai. Karyawan bangga tidak hanya bekerja lebih keras, tetapi dapat melakukan suatu bisnis.

4. Memimpin dengan Mendengar

Manajer terbaik mengetahui kalau mereka tidak selamanya untuk menjawab pertanyaan. Dengan pembangunan tim dapat menolong pertumbuhan perusahaan.

“Anda sebaiknya mengetahui apa yang ada di pikiran tetapi jangan sebaiknya dipaksakan pandangan Anda pada orang lain tanpa perdebatan dan tingkat konsensus,” ujar Branson.

Ia menambahkan, pemimpin yang baik ada yang mendorong karyawannya untuk menyumbangkan ide-ide terbaik mereka. Baca juga: 6 Rahasia Sukses Mark Zuckerberg

5.”Jadilah Terlihat”

Pendiri perusahaan tidak mematikan sendiri dari karyawan mereka, apakah mereka sedang menjalankan startup atau perusahaan bernilai miliaran dolar. Mereka mencari cara untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan manajer serta karyawan.

Tertarik untuk mengikuti jejaknya, segera buktikan sendiri rahasia sukses dari Branson jangan tunggu untuk siap karena masih menurut Branson, Orang Sukses Aslinya Enggak Pernah Siap Untuk Berbisnis.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *