9 Perusahaan Terkenal di Dunia yang Dimulai dari Garasi

Perusahaan Terkenal di Dunia yang Dimulai dari Garasi – Saya sering berpikir seperti apa rasanya memiliki perusahaan besar dengan puluhan ribu karyawan. Mampu menghidupi banyak orang tentu merupakan cita-cita terdalam dari seorang entrepreneur muda. Kadang keraguan muncul di hati, apa mampu membuat perusahaan seperti Apple, Google, atau Yahoo?

9 Perusahaan Terkenal di Dunia yang Dimulai dari Garasi

Wajarlah, saya rasa kebanyakan entrepreneur muda memiliki sedikit keraguan mengenai masa depan usaha mereka. Namun, tidak usah khawatir. Ternyata perusahaan raksasa yang mendunia macam Apple, Amazon, dan Google dimulai tidak dari modal yang besar.

Mereka memulai usaha hanya bermodal tekad besar untuk menyelesaikan suatu masalah. Berdasarkan fakta yang saya temukan baru-baru ini, mereka tidak memandang perusahaan mereka harus menjadi begitu besar seperti adanya sekarang. Mereka mendirikan perusahaan dengan satu tujuan utama.

  • Amazon hanya ingin menjual buku secara online
  • Apple hanya ingin menciptakan komputer personal
  • Google hanya ingin menemukan algoritma pencarian baru yang efektif

Ternyata seiring berjalannya waktu, mereka menyadari bahwa ternyata produk mereka begitu digemari banyak orang. Hingga mereka melebarkan sayap bisnis mereka menjadi luas dan menghasilkan profit yang tinggi.

Ada satu kesamaan dari mereka. Mereka memulai perusahaan mereka dari garasi. Perusahaan besar yang sukses berkembang dari garasi bukan hanya Apple, Amazon, dan Google. Masih ada banyak perusahaan terkenal di dunia yang memulai usahanya dari garasi.

9 Perusahaan Terkenal di Dunia yang Dimulai dari Garasi

Nah, berikut ini adalah 9 Perusahaan Terkenal di Dunia yang usahanya Dimulai dari Garasi rumah, apa saja perusahaan tersebut yuk simak info lengkapnya berikut ini:

1. Amazon

Jeff Bezos mendirikan Amazon di tahun 1994. Ia mendirikan Amazon untuk berjualan buku secara online. Pada waktu itu, ia menjalankan Amazon dari garasi rumahnya yang terletak di Bellevue, Washington.

Ia menjual saham Amazon ke Publik di tahun 1997. Sekarang, Amazon adalah retailer online terbesar di dunia.

2. Apple

Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak, yang kala itu berumur 21 dan 26 mendirikan perusahaan yang diberi nama Apple Computer. Awalnya Apple membuat komputer dari garasi rumah orang tua Steve Jobs yang beralamat di 2066 Crist Dr, Los Altos,California.

Di tahun perdananya, Apple sukses menjual komputer yang dibuat oleh Wozniak sebanyak 500 unit dengan harga $500 ke toko ritel di dekat tempat mereka.

Sekarang, Apple adalah perusahaan paling bernilai di dunia

3. Disney

Tahun 1923, sebuah rumah milik paman Walt Disney dijadikan tempat Walt Disney dan saudaranya Roy memulai usaha animasi mereka. Mereka menjadikan garasi mobil pamannya menjadi “Studio Disney Pertama”. Disanalah mereka sukses membuat Alice Comedies, yang merupakan bagian versi asli Alice in Wonderland.

Sekarang, Disney adalah perusahaan hiburan terkaya di dunia

4. Google

Ketika menjadi mahasiswa pasca sarjana di Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin menjalankan Google dari garasi rumah teman mereka, Susan Wojcicki.

Tak lama setelah itu, mereka merasa proyek mereka tentang Google mengganggu kuliah mereka sehingga mereka memutuskan untuk menjualnya ke perusahaan Excite seharga $1 juta.

Malangnya atau malah beruntungnya mereka, Excite menolak penawaran mereka. Mereka pun memutuskan untuk serius terjun ke dalam bisnis pencarian yang kala itu didominasi oleh Yahoo! dan Ask.

Sekarang, Google adalah situs paling banyak dikunjungi di dunia dan juga mesin pencari paling populer di dunia.

5. Harley Davidson

Di tahun 1901, Wiliam S. Harleey yang masih berusia 21 tahun berinisiatif untuk membuat mesin kecil untuk dipasangkan di sepedanya.
Dua tahun setelah itu, Harley dan sobat masa kecilnya, Arthur Davidson, mengembangkan mesin motor mereka di garasi rumah teman mereka. Mereka secara resmi mengenalkan motor Harley Davidson di tahun 1903.

Saat ini, Harley Davidson adalah brand motor gede paling terkenal di dunia.

6. Hewlett-Packard

Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan perusahaan HP di garasi rumah Packard setelah mereka berinvestasi sebesar $538 di tahun 1903.

Produk elektronik pertama mereka adalah sebuah audio osilator. Salah satu pelanggan pertama mereka adalah Walt Disney, yang membeli alat tersebut untuk membuat sistem audio yang kelak akan digunakan difilm Fantasia. Saat ini, HP adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia.

7. Lotus

Ketika umurnya 20 tahun, Anthony Colin Bruce Chapman membuat mobil Lotus pertama di tahun 1948. Ia menciptakan mobil tersebut di belakang sebuah hotel yang berada di London Utara.

Saat ini, Lotus adalah salah satu merek mobil mewah terpopuler di dunia.

8. Maglite

Di tahun 1950, Tony Maglica kembali dari perang di Kroasia menuju Amerika. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang sangat minim, ia tinggal di Los Angeles dan bekerja apa saja semampunya.

Tahun 1955, setelah mengumpulkan uang sebanyak $125. Ia pun membeli sebuah mesin bubut. Ia kemudian menciptakan sebuah pabrik senter dan merilis senter perdananya di tahun 1979.

Saat ini, Maglite adalah peralatan senter standar yang digunakan polisi Amerika

9. Mattel

Harol “Matt” Matson dan Elliot Handler mendirikan Mattel di tahun 1945. Mereka mendirikan Mattel di sebuah garasi di Selatan California. Awalnya mereka membuat perusahaan yang bergerak di bidang pigura.Untuk memanfaatkan hasil kikisan kayu dari pigura, mereka kemudian membuat boneka agar tidak ada barang yang sia-sia.

Kemudian yang terjadi adalah boneka yang mereka jual jauh lebih laku dari pigura yang mereka jual sebelumnya. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah bisnis mereka.

Saat ini, Mattel adalah perusahaan pembuat boneka terbesar di dunia.

Pelajaran apa yang bisa dipetik dari artikel ini?
Semua perusahaan diatas bermula dari bukan apa-apa, bukan siapa-siapa.
Mudah saja mengatakan,’ Aku tidak akan pernah bisa membuat perusahaan sebesar Apple atau Amazon’. Benar, sekali lagi anda benar.

“Orang yang berkata bisa, dan orang yang berkata tidak bisa. Kedua-duanya benar.”Will Smith

Ketahuilah, kebanyakan perusahaan ini membutuhkan waktu puluhan tahun untuk menjadi seperti sekarang. Harley Davidson bahkan umurnya lebih dari 1 abad.

Mereka tidak memulai sebagai Apple, Amazon, dan Google. Mereka memulai sebagai pembuat komputer, toko buku online, dan algoritma pencarian. dari perusahaan besar tersebut kita bisa melihat kalau mereka memulai semuanya tidak dengan modal besar tetapi dengan semangat besar, menggunakan apa yang mereka punya dan kemampuan yang mereka miliki. Semoga kisah sukses ini dapat meningspirasi anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *