Perbedaan Asam Urat dan Rematik Serta Cara Membedakannya

By Admin | kesehatan

perbedaan asam urat dan rematik serta cara membedakannya

Belum banyak orang yang tahu tentang perbedaan asam urat dan rematik serta bagaimana cara membedakan penyakit asam urat dan rematik. Memang gejala dan rasa sakit yang ditimbulkan hampir sama, namun asam urat mempunyai rasa sakit yang lebih khas dibanding rematik. Asam urat menimbulkan serangan yang sangat spesifik di daerah persendian.

Inilah fakta yang perlu anda ketahui. Rematik mempunyai cakupan yang lebih luas daripada asam urat. Asam urat sendiri adalah salah satu cabang penyakit rematik. Mudahnya begini, rematik belum tentu asam urat, tapi kalau asam urat sudah pasti rematik.


Ada perbedaan pada tingkatan penyebabnya. Perbedaan asam urat dan rematik bisa diketahui dari penyebabnya. Penyebab asam urat adalah karena kadar asam urat dalam tubuh berlebih, sedangkan banyak hal yang menyebabkan rematik.

Rematik biasa dijumpai dengan rasa nyeri di bahu, pinggang atau leher, pengapuran disendi, infeksi dan lain sebagainya. Rematik termasuk penyakit yang banyak di jumpai di masyarakat, diperkirakan ada lebih dari 90 penyebab rematik yang salah satunya adalah akibat penumpukan asam urat dalam tubuh.

Anda tidak akan tahu rasa nyeri itu akibat asan urat atau yang lainnya hanya setelah anda memeriksakannya ke laboratorium. Cek kadar asam urat ke laboratorium adalah cara yang paling valid untuk membedakan asam urat dan rematik. Tidak ada cara yang lebih valid untuk membedakan asam urat dan rematik selain melakukan cek laboratorium.

Orang yang menderita penyakit asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti dalam melinjo serta jeroan hewan. Penderita asam urat juga dianjurkan untuk meminum kapsul herbal penyembuhan penyakit asam urat. Hal ini karena asam urat merupakan hasil dari proses metabolisme zat purin yang berasal dari asupan makanan. Jika seseorang mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi maka secara otomatis kadar asam urat di dalam tubuhnya juga akan meningkat.

Cara Membedakan Asam Urat dengan Rematik

Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya bahwa asam urat dan rematik merupakan dua hal gejala yang berbeda. Alasan banyak orang yang menyamakan karena gejala yang ditimbulkan hampir mirip.

Itulah mengapa dalam pembahasan kali ini akan dipaparkan mengenai cara membedakan asam urat dan rematik secara lebih detail mulai dari hal-hal yang paling mendasar. Istilah asam urat mungkin bisa berarti salah, sebab asam urat tidak ada kaitannya dengan urat (otot).

Adapun istilah asam urat yang populer sekarang ini, karena diadopsi dari kata terjemahan dari bahasa inggris urate yang berasal dari kata uric (urin). Uric sendiri memiliki arti air seni. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah gout. Dewasa ini penderita asam urat di dunia dari tahun ke tahun semakin bertambah.

Hal ini sangat berkaitan dengan sibuknya seseorang dalam menjalani rutinitas pekerjaan. Di mana tuntutan pekerjaan telah menyita waktu dan pola gerak tubuh. Praktis kondisi ini menyebabkan seseorang tidak sempat untuk mengatur pola hidup sehat.

Tradisi pola makan yang serba instan, menjadikan seseorang kurang begitu peduli terhadap asupan gizi dalam tubuh. Hasilnya penumpukan demi penumpukan lemak mengakibatkan berbagai benih penyakit muncul.

Mereka tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi merupakan sumber timbulnya penyakit termasuk asam urat. Parahnya lagi, tidak sedikit orang yang menderita asam urat justru mengabaikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Mereka juga lupa bahwa gejala asam urat memiliki kesamaan dengan gejala rematik. Alhasil, para penderita asam urat semakin abai terhadap penyakitnya, karena ia mengira penyakit yang dideritanya merupakan penyakit rematik.

Kesamaan gejala atau ciri dari rematik dan asam urat inilah yang membuat orang yang terkena asam urat akhirnya tidak melakukan antisipasi sebagaimana mestinya. Diapun menganggap remeh gejala asam urat yang dirasakan.

Nah, dalam konteks ini penanganan penyakit asam urat berbeda dengan penanganan gejala rematik. Pengobatan atau obat rematik pun berbeda dengan pengobatan penyakit asam urat.

Yes, dari penjelasan diatas sekarang jelas perbedaan penyakit asam urat dan rematik yang selama ini sering dianggap sama oleh sebagian masyarakat. Dan anda juga sekarang tahu cara membedakan penyakit asam urat dan rematik meskipun gejalanya hampir mirip.

tags: , , ,

Related Pos :