Penyebab Panu Serta Cara Mencegah dan Mengatasinya

By Admin | kesehatan

penyebab panu serta cara mencegah dan mengatasinya

Panu memang bukan termasuk salah satu penyakit kulit yang tergolong ganas atau mematikan. Akan tetapi, kehadirannya dapat menimbulkan dampak psikologis yang bahkan lebih menyiksa daripada efek kesehatannya sendiri. Panu dapat menyebabkan timbulnya rasa yang tidak nyaman, terlebih lagi jika penyakit ini muncul pada bagian wajah. Bercak-bercak putih berwarna pucat dan bersisik ketika digaruk, dan penyakit ini pun mudah menular dan rasa gatal yang timbul dapat membuat si penderita mudah mengeluarkan keringat. Untuk itulah pentingnya agar mengenali beberapa penyebab panu serta cara mencegah dan mengatasinya.

Berikut uraikan singkat tentang beberapa penyebab panu serta cara mencegah dan mengatasinya:


– Penyebab

Salah satu penyebab munculnya panu yaitu adanya infek jamur yang biasa dikenal dengan nama malassezia furfur. Selain itu, penyakit panu mudah tumbuh subur di kulit manusia akibat beberapa hal, seperti kelembapan, konsumsi obat-obatan antibiotic jangka panjang yang menurunkan daya tahan tubuh, kehamilan, penggunaan pil KB, faktor keturunan/genetik, dan pemakaian obat golongan steroid seperti obat anti alergi serta anti inflamasi.

– Pencegahan

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan dalam tahap pencegahan panu, yaitu sebagai berikut:

 Usahkan agar selalu menjaga kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari.

 Biasakan agar selalu mengeringkan handuk yang basah setelah digunakan, agar pada saat menggunakannya lagi, dapat terhindar dari jamur yang bisa saja tumbuh pada handuk yang basah.

 Hindari juga kebiasaan berbagi handuk dan pakaian kepada orang lain, dan usahkan agar selalu rutin mencuci/mengganti handuk.

 Disarankan juga agar sesegera mungkin mengganti pakaian dengan yang kering dan yang bersih setiap kali melakukan aktivitas yang menyebabkan munculnya keringat berlebih.

 Biasakan rajin untuk mengelap keringat.

 Tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain khususnya penderita. Seperti sabun, handuk, sepatu, sandal dan lainnya.

 Gunakan alas kaki di tempat atau lokasi lembap.

 Setelah selesai berenang segera mandi dengan sabun antiseptik.

– Cara mengatasi/menyembuhkan

Jika panu timbul di daerah tertentu dan masih kecil, gunakan obat oles yang mengandung ketokonazol, klotrimazol, atau terbinafin. Untuk membunuh jamur hingga ke akar-akarnya gunakan obat ini sekitar 2 minggu. Untuk panu yang telah menyebar, segera berkonsultasi dengan dokter. Selain dengan obat oles biasanya ditambah dengan obat dalam.

Nah, setelah membaca beberapa uraian singkat dari artikel yang membahas penyebab panu serta cara mencegah dan mengatasinya diatas, apakah Anda masih akan menganggap remeh penyakit ini? jika tidak maka mulailah dari sekarang agar menerapkan beberapa pencegahan diatas. sayangilah kesehatan kulit Anda!


Related Pos :