Penyebab Kanker Serviks Dan Cara Mencegahnya

By Admin | kesehatan

penyebab kanker serviks dan cara mencegahnya

A. Penyebab kanker serviks
Penyebab kanker serviks biasanya muncul pada saat sel serviks membentuk abnormal dan membelah secara tak terkendali. Jika pembelahan tersebut terus terjadi dampaknya akan sangat buruk, sebab pembelahan sel serviks yang terus menerus tersebut dapat mengakibatkan terbentuknya suatu massa jaringan atau yang lebih lazim disebut dengan tumor. Tumor ini ada yang bersifat jinak dan adapula yang bersifat ganas, dan yang bersifat ganas inilah yang biasanya disebut dengan kanker serviks.

Namun sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari munculnya sel-sel serviks tersebut. Meskipun demikian, terdapat beberapa faktor risiko yang berpengaruh terhadap terjadinya kanker serviks. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya, sebagai berikut.


 HPV (Human Papilloma Virus). HPV adalah virus penyebab kutil genital (kondiloma akuminata) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Varian yang sangat berbahaya dari virus ini adalah HPV tipe 16, 18, 45, 56.

 Merokok juga termasuk salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks, karena tembakau dapat merusak system kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada serviks.

 Sering melakukan hubungan seksual dibawah umur juga dapat menjadi penyebab kanker serviks.

 Berganti-ganti pasangan seksual.

 Adanya gangguan pada system kekebalan.

 Pemakaian pil KB.

 Infeksi herpes genetalis atau infeksi klamidia menahun.

 Golongan ekonomi lemah karena tidak mampu melakukan Pap smear secara rutin.

 Pemakaian DES (dietilstilbestrol) pada wanita hamil. Wanita hamil yang menggunakan DES guna mencegah keguguran bisa mengalami kanker serviks.

B. Pencegahan kanker serviks

Cara mencegah kanker serviks dapat dilakukan dengan dua cara, diantaranya yaitu mencegah terjadinya infeksi HPV dan melakukan Pap smear secara teratur.

Test atau Pemeriksaan Pap smear adalah metode (screening) ginekologi, merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan speculum, dan bisa dilakukan oleh dokter kandungan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim, sejak dini. Adapun anjuran untuk melakukan Pap smear secara teratur adalah sebagai berikut.

  • Setiap tahun untuk wanita yang memakai pil KB.
  • Setiap tahun untuk wanita yang berganti-ganti pasangan seksual atau pernah menderita infeksi HPV dan kutil kelamin.
  • Setiap tahun untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun.
  • Setiap 2-3 tahun untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun jika 3 kali Pap smear secara berturut-turut menunjukan hasil negative. Atau, bagi wanita yang telah menjalani histerektomi bukan karena kanker.
  • Sesering mungkin jika hasil Pap smear menunjukan abnormal.
  • Sesering mungkin setelah penilaian dan pengobatan pra kanker maupun kanker serviks.

Hal lain yang dapat dilakukan dalam mencegah kanker serviks, diantaranya:

  • Anak perempuan yang berusia di bawah 18 tahun tidak boleh melakukan hubungan seksual.
  • Disarankan bagi Anda yang telah terbiasa merokok agar berhenti mengkonsumsi rokok tersebut.
  • Usahakan pada saat melakukan hubungan seksual dengan tidak berganti-ganti pasangan.
  • Menghindari berhubungan seksual dengan seseorang yang menderita kutil kelamin.

Related Pos :