Penyebab Jerawat Serta Cara Mencegah Dan Mengatasinya

By Admin | kecantikan

penyebab jerawat serta cara mencegah dan mengatasinya

Pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab jerawat serta cara mencegah dan mengatasinya. Sebelum kita mengetahui apa saja cara yang dapat dilakukan dalam mencegah dan mengatasi jerawat. Maka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Sebenarnya ada beberapa faktor umum yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, beberapa faktor tersebut, yaitu sebagai berikut:


 Tingkat stress yang berlebihan akan memproduksi hormon androgen yang memicu jerawat. Bagi yang telah berjerawat, makin stress kian parah jerawat yang diderita.

 Jerawat bisa diwariskan kegaris keturunan/ginetik di bawahnya seperti anak atau kerabat.

 Produksi minyak berlebih akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya menumpuk dan bercampur kulit yang akhirnya menumpuk dan becampur sel kulit mati, bakteri, serta kotoran.

 Gaya hidup tak sehat seperti konsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak serta jarang olahraga atau kebiasaan buruk lain (merokok/alcohol).

 Obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid (prednisone, dexametason, dan hydrocortisone), yang biasanya untuk mengobati asma, lupus, dan rheumatoid arthritis.

 Hormon mempengaruhi sekresi kelenjar minyak di titik tertinggi. Itulah mengapa jerawat sering kali muncul pada saat masa puber.

 Kosmetik yang mengandung minyak berlebih. Bedak pun jika berlebihan akan menyumbat pori-pori kulit.

 Lingkungan kotor menyebabkan wajah selalu kotor. Jerawat (tak) bisa dibasmi namun lebih kea rah preventif. Cegah dengan rajin membersihkan muka.

Adapun cara mencegah dan mengatasi jerawat adalah sebagai berikut:

– Mencegah

Jerawat bisa saja di cegah dengan beberapa cara sebagai berikut:

 Olahraga, dengan berolah secara teratur dapat membantu pengeluaran racun dalam tubuh, membersihkan pori-pori sehingga tak tersumbat, serta dapat juga membantu mengurangi tingkat stress.

 Pola makan sehat, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak. Sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran dan buah yang terbukti baik bagi kesehatan kulit.

 Jaga kebersihan, dengan mandi minimal 2 kali sehari plus bersihkan muka. Mansi dan membersihkan muka memiliki fungsi ganda: membersihkan kotoran dan mengangkat kelebihan minyak serta meluruhkan se;-sel kulit mati.

 Jauhi stress, sebab bisa memicu dan memperparah jerawat. Cara paling muda dan murah adalah banyaklah berolahraga dan bercanda.

 Membersihkan wajah sebelum tidur dari make up, jika tidak pori-pori akan tersumbat serta memicu munculnya acne.

 Menggunakan make up yang tidak berlebihan. Sebab make yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya acne. Serta hindari juga menggunakan kosmetik berbahan kimia yang berbahaya.

 Mengganti alat make up secara rutin. Sebab alat make up jika tidak diganti akan menjadi lahan subur timbulnya bakteri.

 Mengkonsumsi air putih maksimal 8 gelas dalam sehari. Bukan menjadi rahasia umum jika air putih sangat ampuh bagi tubuh dalam mengeluarkan racun dan menjaga kelembapan kulit.

– Mengatasi

Cara mengatasi jerawat dalam dilakukan dengan melakukan penyembuhan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Diantaranya:

 Daun pepaya: siapkan 2-3 lembar daun pepaya tua, cuci bersih, dan jemur. Lumatkan daun pepaya yang telah dijemur sebelumnya dan campurkan dengan sedikit air kemudian peras. Oleskan perasan air daun papaya di bagian kulit yang berjerawat.

 Tomat atau mentimun: kedua bahan ini sangat manjur menghilangkan jerawat. Siapkan tomat atau mentimun, cuci bersih, dan potong sesuai kebutuhan. Gosokkan secara perlahanke bagian wajah berjerawat kemudian basuh dengan air bersih. Lakukan ini minimal 3 kali sehari.

Itulah beberapa uraian singkat tentang beberapa penyebab jerawat serta cara mencegah dan mengatasinya, Anda pun dapat langsung mencobanya di rumah berbagai cara mengatasi jerawat seperti di atas. Dan bagi Anda yang tidak memiliki jerawat tidak ada salahnya jika melakukan pencegahan sejak dini.


Related Pos :