Penyebab Diabetes Tipe I dan II

By Admin | kesehatan

penyebab diabetes tipe I dan II

Setiap penyakit tentunya memiliki beberapa penyebab dan tidak ada jenis penyakit yang datang secara tiba-tiba. Begitu juga dengan penyakit diabetes.

Untuk dapat mengetahui penyebab diabetes tipe I dan II, Anda harus mengerti bagaimana glukosa diproses tubuh secara normal. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi tubuh.


Glukosa berasal dari dua sumber yang utama, yaitu makanan dan hati. Saat mencerna makanan gula diserap kedalam aliran darah dengan dibantu dengan insulin (hormone yang mengatur metabolisme karbohidrat).

Hormone insulin dihasilkan oleh pankreas. Dalam proses ini hati bertindak sebagai gudang penyimpanan dan pusat pengolahan. Contohnya, ketika Anda tidak makan dalam waktu yang cukup lama, maka hati akan melepaskan glukosa yang tersimpan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal.

Untuk lebih jelasnya tentang penyebab diabetes tipe I dan II, perhatikan beberapa penjelasan singkat berikut ini!

1. Penyebab diabetes tipe I

Karena kekurangan insulin menyebabkan glukosa tetap ada dialiran darah dan tidak dapat digunakan sebagai energi. Beberapa penyebab pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin pada penderita diabetes tipe I, antara lain dikarena, faktor keturunan atau genetika. Jika salah satu atau kedua orang tua menderita diabetes, maka anak akan berisiko terkena diabetes.

2. Penyebab diabetes tipe II

Penyebab diabetes tipe II dikarenakan insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak mencukupi untuk mengikat gula yang ada dalam darah, dan hal ini diakibatkan karena seringnya melakukan kebiasaan buruk yaitu, kebiasaan pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat.

Adapun faktor penyebab diabetes tipe II diantaranya sebagai berikut:

• Lemak, semakin banyak lemak pada jaringan tubuh Anda, maka semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin.

• Perilaku pasif, hal ini dapat menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Aktifitas fisik akan membantu mengontrolnya dan semakin banyak penggunaan glukosa untuk energi maka semakin sensitive sel Anda terhadap glukosa.

• Faktor keturunan, salah satu penyebab diabetes tipe II juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Jika Anda memiliki keluarga dekat yang mengidap diabetes, maka disarankan bagi Anda agar lebih berwaspada, karena diabetes akan dapat menyerang Anda juga.

• Usia, faktor usia juga dapat menyebabkan diabetes tipe II, sebab risiko akan meningkat sering dengan usia di mana aktifitas fisik cenderung menurun.

• Gestational diabetes, jika Anda mempunyai gestational diabetes pada saat mengalami kehamilan, maka risiko terserang prediabetes dan diabetes tipe II akan meningkat. Jika bayi yang Anda lahirkan memiliki berat lebih daro 4kg maka Anda juga berisiko terkena diabetes tipe II.

• Polycystic ovary syndrome, faktor ini ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, tumbuh rambut yang terlalu banyak dan mengalami obesitas.


Related Pos :