Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

By Admin | kesehatan

penyebab asam urat dan cara mengatasinya

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui beberapa penyebab asam urat dan cara mengatasinya. namun sebelum membahas tentang cara mengatasinya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang beberapa penyebabnya. Apabila kita telah mengetahui faktor penyebabnya, maka akan mudah bagi Anda untuk sampai pada tahap selanjutnya, yaitu tahap pencegahan/cara mengatasinya. Bagaimana mengetahui penyebab-penyebab tersebut? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Setiap penyakit pasti memiliki penyebab, begitu juga dengan penyakit asam urat. Biasanya penyebab asam urat dimulai dengan suatu serangan atau orang tersebut memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl. Jika demikian, kemungkinan untuk menjadi penyakit asam urat (gout) itu makin besar.


Biasanya 25% dari orang-orang yang memiliki kadar asam urat tinggi akan mengakibatkan mereka terserang risiko penyakit asam urat. Namun, jika kadar asam uratnya tinggi dan tidak ada gejala serangan sendi ini di sebut stadium awal. Asam urat biasanya akan menyerang pada setiap orang tersebut berbeda-beda. Ada yang menderita sampai bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada juga yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau bisa juga ketika menginjak usia 40 tahunan.

Baiklah kita coba uraikan satu persatu penyebab-penyebab terjadinya asam urat secara lebih mendalam . Terjadinya asam urat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor primer dan faktor sekunder.

1. Penyebab primer

• Potensi genetik: Seseorang berpotensi terkena penyakit asam urat merupakan bersifat keturunan, ada seseorang yang memang dari segi gen dia punya potensi untuk teridap penyakit asam urat. Merubah sifat genetic memang sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil, namun orang yang memang sudah punya gen pembawa asam urat masih bisa terbebas dari asam urat asal faktor-faktor penyebab lain bisa dikendalikan.

• Ketidakseimbangan hormon: Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh hingga berlipat-lipat, dan salah satu penyebab yang dapat memicu hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang tidak teratur. Hasil sampingan metabolisme zat purin akan meningkatkan zat asam urat. Pada dasarnya tubuh sudah mampu produksi purin sampai 85% kebutuhan tubuh.

2. Penyebab sekunder

Faktor sekunder ini sangat erat kaitannya dengan asupan makanan atau obat-obatan (obat kimia) yang masuk kedalam tubuh. dan beberapa faktor sekunder penyebab asam urat ini antara lain, terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, mengkonsumsi alcohol serta obat-obatan kimia.

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, sudah saat sekarang untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam mengatasi penyakit asam urat, berikut penjelasannya.

Pertama, hindari makanan yang kaya purin. Dalam hal ini, bila kebiasaan Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat purin yang tinggi, maka cobalah tukar dengan makanan yang rendah. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi lonjakan asam urat.

Kedua, perbanyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari, dan jauhi minuman yang banyak mengandung garam dan alkohol. Sebab minuman yang mengandung mineral lebih cocok untuk kesehatan serta kekebalan tubuh.

Ketiga, konsumsilah susu dan jus jeruk. Menurut beberapa riset, susu dapat membantu menurunkan kadar asam urat. dan satu gelas dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dl. Demikian pula dengan jus jeruk, walau kedigdayaannya sedikit dibawah susu.

Keempat, minum kopi. Siapa sangka bahwa dengan meminum kopi ternyata dapat mengatasi penyakit asam urat, tapi itulah kenyataannya. Dalam beberapa penelitian, telah terbukti dan didapat bahwa kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena asam urat.

Kelima, biasakanlah untuk mengkonsumsi ceri, stroberi dan seledri. Beberapa pasien melaporkan, nyeri karena asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu pencegahan. Empat besar buah beri yang disarankan merupakan, selderberi, stroberi, bluberi dan bilberi. Semuanya dapat mencegah asam urat karena kaya antioksidan , berpurin rendah, dan tidak terlalu asam.

Terakhir, multivitamin. Asupan satu tablet multivitamin setiap hari bisa membantu seseorang dalam membentengi diri dari serangan asam urat. pilihlah yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc.

Mungkin itulah beberapa penyebab asam urat dan cara mengatasinya yang dapat kami uraikan secara singkat dan semoga apa yang telah kami tulis dapat membantu Anda semua!


Related Pos :