Pengertian Zina Dan Macam-Macamnya

By Admin | pengertian

Pengertian zina adalah mengadakan hubungan badan antara laki-laki dan perempuan tanpa diikat pernikahan yang sah. Perzinaan ini merupakan salah satu perbuatan tercela, baik secara pandangan agama maupun secara pandangan masyarakat, bahkan perbuatan zina akan dapat mengarah pada pengaburan keturunan, dan akibatnya anak akan menjadi korbannya. Karena itulah agama islam sangat melarang agar tidak melakukan perbuatan zina, karena zina termasuk kedalam salah satu dosa besar. Dan Allah sangat mencela perbuatan zina ini, seperti terdapat pada firman Allah yang artinya: “dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan suatu perbuatan yang buruk” (Q.S. Al-Isra’: 32)
Dan Rasulullah juga bersabda, yang artinya: “saya (Abdullah bin Mas’ud) bertanya: “Ya Rasulullah, dosa apa yang paling besar?” Nabi Saw menjawab: “Engkau menjadikan sekutu bagi Allah padahal Dia adalah yang menciptakan kamu.” Saya bertanya lagi, “Kemudian(dosa) apa (lagi)?” beliau menjawab: “Engkau membunuh anakmu karena takut miskin.” Saya bertanya lagi: “kemudian apa?” beliau menjawab: “Engkau berzina dengan istri tetanggamu” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abdullah Ibnu Mas’ud).
Beberapa dasar yang dapat dijadikan untuk mengetahui seseorang telah berbuat zina adalah sebagai berikut:
a) Kesaksian empat orang laki-laki, dengan syarat: baligh, berakal, dan adil.
b) Pengakuan pelaku yang sudah baligh dan berakal.
c) Qarinah atau tanda-tanda atau indikasi.
Adapun macam-macam zina terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Zina Muhsan
Zina Mukhsan yaitu zina yang dilakukan oleh orang yang sudah pernah menikah artinya yang dilakukan baik suami, istri, duda, atau janda. Hukum (Had) bagi pelaku zina Mukhsan, yaitu dirajam dengan dilempari batu sampai ia mati.

rajam
2. Zina Ghairu Mukhsan
Zina Ghairu Mukhsan yaitu zina yang dilakukan oleh orang yang belum pernah menikah. Had (Hukuman) bagi yang melakukannya dijilid (cambuk) sebanyak 100 kali dan diasingkan kedaerah lain selama 1 tahun. Seperti yang terdapat dalam Firman Allah berikut ini:
Artinya: “perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah masing-masing mereka seratus kali dera/pukul. Dan janganlah kamu belas kasihan kepada keduanya menghalangi kamu untuk menjalankan agama Allah, jika memang kamu beriman kepada Allah dan hari Akhirat, hendaklah pelaksanaan hukuman mereka itu disaksikan oleh sekumpulan orang yang beriman.” (Q.S. An-Nur: 2).

cambuk.2


Related Pos :