Pengertian Wahyu

By Admin | pengertian

Secara etimologis pengertian wahyu berasal dari kata “Wit-‘hg biratti” yang artinya tuntunan dari Tuhan yang ditunjukan kepada makhluk-Nya yang disampaikan lewat para rasul. Wahyu juga biasa diartikan sebagai pencerahan (isyraqiyah) atas kalbu seseorang.
Didalam Al Quran, kata “wahyu” digunakan dalam beberapa arti, diantaranya sebagai berikut:
a. “Isyarat”, seperti firman Allah Swt. dalam Al Quran

Artinya: “Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang.”(QS. Maryam: 11)
b. “Ilham”, seperti firman Allah swt. dalam Al Quran
Artinya; “Dan kami ilhamkan kepada ibu Musa; “Susuilah Dia, dan apabila kamu khawatir terhadapnya Maka jatuhkanlah dia ke sungai (Nil). dan janganlah kamu khawatir dan janganlah (pula) bersedih hati, Karena Sesungguhnya kami akan mengembalikannya kepadamu, dan men- jadikannya (salah seorang) dari para rasul.”(QS. Al-Qashash:7)

c. “Bisikan” seperti firman Allah Swt. dalam Al Quran
Artinya: “Dan Demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).”(QS. Al-An’am:112)
d. “Pesan”, seperti firman Allah Swt. dalam Al Quran
Artinya: “(ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para Malaikat; (“Sesungguhnya Aku bersama kamu, Maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang Telah beriman”. kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, Maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.” QS. Al-Anfal:12)


Perkataan wahyu sendiri sudah menunjukkan, bahwa artinya dalam bahasa Arab, ialah memberitahukan kepada seseorang akan sesuatu yang penting , dan wahyu kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw tidak lain maksudnya ialah penerimaan perintah-perintah Allah kepada beliau dan larangan-larangan-Nya, Firman Allah yang tidak berhurup dan bersuara.

qw
Sedangkan secara terminologis pengertian wahyu merupakan nama bagi sesuatu yang dituangkan dengan cara cepat dari Allah kedalam dada nabi-nabi-Nya, sebagaimana dipergunakan juga untuk lafadh Al Quran.
Menurut beberapa pendapat ahli tafsir, kalam dan ahli lughah, wahyu dapat disimpulkan sebagai berikut: “wahyu itu ialah: yang dibisikkan kedalam sukma, di ilhamkan dan isyarat cepat yang lebih mirip kepada dirahasiakan dari pada dilahirkan.”
Adapun wahyu dalam pengertian syara’ adalah Allah Swt. memberitahukan kepada hamba yang dipilih-Nya segala sesuatu yang hendak diberitahukan-Nya kepadanya yaitu semua bentuk hidayah dan ilmu, akan tetapi dengan cara yang amat rahasia dan tidak biasa dialami manusia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian wahyu adalah penyampaian kalam Allah kepada Nabi pilihan-Nya untuk disampaikan kepada manusia sebagai pedoman hidup.

Related Pos :