Pengertian Psikologi Perkembangan

By Admin | pengertian

Sebelum membahas tentang pengertian psikologi perkembangan terlebih dahulu kita harus membahas apa itu perkembangan? Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, yaitu suatu proses yang menuju kedepan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi.perkembangan menunjukkan pada satu arah yang tetap dan maju.

cxz

Sehubungan dengan hal tersebut maka perkembangan dapat pula dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap menuju kearah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan, dan belajar.


Berhubungan dengan sifat seseorang yang khas serta jalan perkembangannya yang khas pula, maka psikologi perkembangan juga dapat dipandang sebagai psikologi jalan hidup seseorang.

Berikut beberapa definisi tentang pengertian psikologi perkembangan menurut para ahli:

1. Menurut Prof. Dr. F.J. Monks, Prof. Dr. A.M.P. Knoers, dan Prof.Dr. Siti Rahayu Haditoro dalam psikologi perkembangan: “psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi seseorang, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan”.

2. Menurut Dra. Kartini Kartono dalam psikologi anak: “psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja, sampai periode adolesens menjelang dewasa.

3. Dalam Encyclopedia International: Developmental psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite for complex adult behavior (psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkan pembahasan tentang prilaku anak. Secara historis titik berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak yang dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).

4. Carter V. Good dalam Dictionary of Education: Developmental psychology: The branch of psychology concered with the course or progressive stages of behavior, considered phylogenetically and ontogenetically and including both the phases of growth and of decline, broader in meaning than genetic psychology, though the terms are frequently use interchangeably. (psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang membahas tentang arah atau tahapan kemajuan dari prilaku, dengan mempertimbangkan phylogenetic dan ontogenetic, termasuk semua phase pertumbuhan dan penurunan. Hal ini berarti adanya pembatasan yang lebih luas dari pengertian ilmu jiwa keturunan, walaupun bentuk dan polanya ada persamaannya serta dapat dipertukarkan).

Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan tersebut kiranya dapat diambil pemahaman yang lebih sederhana tentang pengertian psikologi perkembangan yakni suatu cabang dari psikologi yang membahas tentang gejala jiwa seseorang, baik yang menyangkut perkembangan ataupun kemunduran perilaku seseorang sejak masa konsepsi hingga dewasa.


Related Pos :