Pengertian Pendidikan

By Admin | pengertian

Pendidikan sering disebut-sebut sebagai suatu proses dan hasil. Meskipun demikian, pengertian pendidikan adalah melayani manusia dalam hubungannya dengan manusia lain secara terus menerus dalam kehidupannya yang efektif (Crow and Crow, 1948: 3). Sedangkan pengertian pendidikan secara umum adalah proses pendewasaan individu melalui pengalaman hidup. Didalam proses pendewasaan tersebut individu dituntut untuk melakukan dan menghasilkan berbagai hal yang berkenaan dengan pengalaman atau belajar diantaranya dimulai dari cara berpikir, bergerak, merasa, berbicara, dan bermimpi sekali pun. Dari hasil prilaku tersebut terbentuklsh hukum, undang-undang, lembaga social dan keagamaan. Teknologi bahasa, dan sebagainya dari generasi kegenerasi.

Dari pendidikanlah manusia distimulasi untuk berpikir, dapat menghargai dan berbuat. Untuk itulah manusia dituntut agar dapat mengejar pendidikan setinggi mungkin, karena hal itu dapat membantu agar mudah didalam berpikir, berbuat dan menghargai yang berkualitas. Dengan kata lain jika pendidikan tinggi maka aktivitas yang dilakukan pun akan ikut makin baik. Dan semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula kreativitasnya begitu juga sebaliknya semakin rendah pendidikan seseorang maka kreativitasnya pun akan semakin rendah pula.

Selain itu, jika kita cermati secara seksama bahwa masih banyak sekali orang-orang yang memiliki tingkatan bahasa, relasi dan sosialisanya yang masih terbatas ini dikarenakan orang-orang tersebut kurang terdidik. Jadi, pendidikan memang sangat penting sekali bagi manusia karena hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Jika manusia memiliki pendidikan yang tinggi dapat dipastikan bahwa dia juga akan lebih dipandang oleh manusia lain, karena gelar yang diperoleh hasil pendidikannya, dengan kata lain pendidikan memang dapat merubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Orang-orang yang berpendidikan tidak hanya kaya akan ilmu pengetahuan, namun dengan pendidikan mereka juga dapat lebih mudah berkomunikasi, mempunyai banyak teman, dapat bersikap lebih santun, serta memiliki kreativitas dan gagasan-gagasan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dengan pendidikan juga mereka dapat terjun dalam bidang sosial lebih mudah dalam berhubungan dengan masyarakat, dan mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti menjadi pemimpin lembaga sosial, guru, dokter dan sebagainya.

Yang paling mencolok lagi yaitu pada Negara maju seperti Amerika Serikat, dinegara ini dibangun ilmu pengetahuan (science) diprakarsai oleh ahli pendidikan sejak SD, SMP, sampai SMA dengan mengorganisasikan dewan science untuk seluruh Amerika Serikat. Dalam konferensi yang diadakan oleh ahli-ahli pendidikan pada bulan September 1959 di Woods Hole, memutuskan ilmu kelompok kerja, yaitu:

1) Rangkaian kurikulum tentang science
2) Perlengkapan mengajar
3) Motivasi belajar siswa
4) Peranan institusi tentang belajar dan berpikir
5) Proses kognitif dalam belajar.

(Dikutip dari Jerome S. Bruner, 1960: xi).

Kerjasama-Bidang-Pendidikan-700x400
Dari sini kita dapat memahami bahwa AS memang pantas untuk disebut-sebut sebagai Negara yang paling unggul dalam ilmu dan teknologi dibanding Negara-negara lain. Sebab, matematika, fisika, biologi, dan lain-lain ditopang oleh sistem pendidikan yang handal serta mempelajari psikologi anak dan remaja, psikologi mengajar dan metode yang baik, melahirkan system belajar-mengajar yang hebat. Pendidikan dan psikologi menjadi penting karena:

1) Dapat mempelajari motivasi belajar murid
2) Proses kognitif murid dalam belajar
3) Peranan institusi (sekolah) dalam proses belajar mengajar.

Di indonesia pelajaran matematika memang menjadi pelajaran yang paling utama diantara pelaran-pelajaran yang lainnya, akan tetapi psikologi siswa kurang mendapat perhatian. Akibatnya banyak yang mengalami kesalahan dalam memilih jurusan, bermasalah, dan menimbulkan konflik pribadi dengan orang tua, karena orang tua terlalu memaksakan siswa untuk memasuki jurusan-jurusan tertentu padahal siswa sama sekali tidak menyukainya.

Related Pos :