Pengertian, Kedudukan Dan Fungsi Al-Qu’an

By Admin | pengertian

a. Pengertian Al-Qur’an
Secara harfiah, Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang artinya bacaan atau himpunan. Al-Qur’an berarti bacaan karena merupakan kitab yang wajib dibaca dan dipelajari, dan berarti himpunan karena merupakan himpunan firman Allah Swt (wahyu).

Sedangkan pengertian Al-Qur’an menurut istilah adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah yang diturunkan (diwahyukan) dalam bahasa Arab kepada rasul/ nabi terakhir Nabi Muhammad Saw, sebagai penyempurna kitab terdahulu, dan bagi yang membacanya merupakan ibadah.

pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur'an


Al-Qur’an memiliki beberapa nama, seperti Al-Kitab atau Kitab Allah Swt (lihat Q.S. Al-Baqarah, 2: 2), Al-Furqan yang artinya pembeda antara benar dan salah (lihat Q.S. Al-Furqan, 25: 1), A-z-Zikr yang berarti peringatan (lihat Q.S. Al-Hijr, 15: 9), dan At-Tanzil yang artinya diturunkan (Q.S. Asy-Syura, 26: 192).

b. Kedudukan Al-Qur’an

Al-Qur’an sebagai kitab Allah Swt menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam, baik yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan Allah Swt, hubungan manusia dengan sesamanya, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

Dalil naqli bahwa Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama dan utama antara lain Q.S. An-Nisa, 4: 59, Q.S. An-Nisa, 4: 105, dan hadis.

Adapun hadis yang menjelaskan bahwa Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama dan utama adalah hadist riwayat Tirmidzi dan Abu Daud yang berisi dialog, antara Rasulullah Saw dengan sahabatnya Mu’az bin Jabal, gubernur Yaman, sebagaimana telah dikemukakan terdahulu.

c. Fungsi Al-Qur’an

Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan manusia dalam mencapai kebahagian hidup didunia dan diakherat (lihat Q.S. Al-Isra, 17: 9).

Al-Qur’an yang merupakan mukjizat terbesar, yang Allah Swt karuniakan kepada Nabi Muhammad Saw yang terdiri dari 30 juz dan 114 surah, 89 surah Makkiyah dan 25 Surah Madaniyyah. Sedangkan jumlah ayat-ayatnya, 4.726 ayat dari surah Makkiyyah dan 1510 ayat dari surah Madaniyyah.

Sebagai pedoman hidup bagi umat manusia, isi atau kandungan Al-Qur’an dapat dibagi menjadi tiga pembahasan pokok, yaitu: (1) Akidah (keimanan), (2) Ibadah, (3) Prinsip-prinsip syariat, yaitu meliputi pembahasan tentang manusia, sosial, ekonomi, musyawarah, hukum perkawinan, hukum waris, hukum perdana, dan hukum antarbangsa.

Dikutip dari: buku karangan Syamsuri yang berjudul PendidikanAgama Islam Untuk SMA Kelas x. Penerbit Erlangga. Hal. 59-60.


Related Pos :