Pengertian Husnuzan dan Contoh-Contoh Perilaku Husnuzan

Pengertian Husnuzan atau Husnudzon, Macam-macam Husnudzon serta manfaatnya merupakan pokok bahasan kita kali ini. Bagi anda yang sedang mencari materi mengenai Arti Husnuzan, jenis-jenis Husnudzon serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, maka simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

pengertian husnuzan dan contoh husnuzan

Materi mengenai Husnuzan atau Husnudzon biasanya dibahas pada jenjang pendidikan SMA / SMK / MA Kelas X, materi PAI Kelas X. Pembahasan tentang Pengertian Husnuzan atau Husnudzon, Macam-macam Husnudzon serta manfaat Husnudzon terdapat pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Nah, bagi anda yang belum paham atau sedang mencari materi tentang Husnuzan untuk mengerjakan tugas, langsung simak pembahasan lengkapnya.

Pengertian Husnuzan atau Husnudzon, Macam-macam Husnudzon serta manfaatnya

Agar lebih mudah dipahami pembahasan mengenai Husnuzan ini mari kita uraikan satu persatu mulai dari pengertiannya, jenis atau macam-macam husnudzon dan manfaatnya:

Pengertian Husnuzan atau Husnudzon

Pengertian husnuzan artinya berbaik sangka, lawan katanya adalah suuzan yang artinya berburuk sangka. Berbaik sangka dan berburuk sangka merupakan bisikan jiwa, yang dapat diwujudkan melalui perilaku yakni ucapan dan perbuatan. Pengertian husnuzan juga dapat diartikan sebagai sikap mental terpuji yang mendorong pemiliknya untuk bersikap, bertutur kata dan berbuat yang baik dan bermanfaat, sehingga dapat dikatakan bahwa husnuzan termasuk kedalam akhlak terpuji. Sedangkan perilaku suuzan termasuk akhlak tercela, karena akan mendatangkan kerugian.

Dalam istilah populer, Husnudzon disebut juga POSITIVE THINKING artinya berpikir positif, Istilah ini berasal dari Bahasa Inggris. Sedangkan lawan dari Husnuzan atau Suuzan yang dalam istilah populer disebut Negatif thingking artinya berpikir negatif atau buruk. sebagai umat muslim kita sangat dilarang untuk berprilaku suuzan sebagai mana dalam Alquran dan Hadist Nabi.

Sungguh tepat jika Allah Swt dan rasul-Nya melarang berperilaku berburuk sangka. (lihat Q.S. Al-Hujurat, 49: 12).

Rasulullah Saw  bersabda: “Jauhkanlah dirimu dari berprasangka buruk, karena berprasangka buruk itu sedusta-dusta pembicaraan (yakni jauhkan dirimu dari menuduh seseorang berdasarkan sangkaan saja).” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Macam-macam Husnudzon atau Husnuzan

Adapun contoh-contoh macam-macam perilaku husnuzan atau husnudzon sebagai berikut:

1. Husnuzan terhadap Allah Swt

Husnuzan terhadap Allah Swt artinya berbaik sangka pada Allah Swt sebagai Tuhan Yang Maha Esa, Pencipta alam semesta dan segala isinya yang bersifat dengan segala sifat kesempurnaan serta bersih dari segala sifat kekurangan.

Contoh seseorang berperilaku husnuzan atau berbaik sangka kepada Allah Swt yaitu dengan mensyukuri atas harta benda yang dimilikinya dengan jalan membelanjakan harta benda tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan  dunia dan akherat, bersyukur dengan lidah seperti mengucapkan Alhamdulillah, mengucapkan lafal-lafal dzikir lainnya, membaca Al-Qur’an, membaca berbagai buku ilmu pengetahuan dan melaksanakan amar nahi mungkar.

2. Husnuzan terhadap diri sendiri

Muslim dan muslimah yang husnuzan atau berbaik sangka terhadap diri sendiri tentu akan berprilaku terpuji terhadap dirinya sendiri, seperti: a. percaya diri yakni yakin dengan kemampuan dirinya, sehingga berani mengeluarkan pendapat dan berani pula melakukan suatu tindakan, b. gigih dalam mencapai apa yang dinginkan dengan berkeras hati, tabah dan rajin, dan c. mampu berinisiatif yang positif dalam bidang yang ditekuninya dan sesuai dengan keahliannya.

3. Husnuzan terhadap sesama manusia

Husnuzan atau berbaik sangka terhadap sesama manusia merupakan sikap mental terpuji yang harus diwujudkan melalui sikap lahir batin, ucapan dan perbuatan yang baik, diridahi Allah Swt dan bermanfaat

Sikap, ucapan, dan perbuatan baik, sebagai perwujudan dari husnuzan itu hendaknya diterapkan dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga serta bermasyarakat. Contohnya saling menghormati antar tetangga, dan tidak saling mencurigai.

Manfaat Husnuzan atau Husnudzon

Husnuzan atau Husnudzon adalah berprasangka baik kepada allah, diri sendiri maupun sesama manusia. ada beberapa hikmah dan manfaat Husnudzon diantaranya sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan sikap tawakkal dan sabar (berprasangka baik pada ketuentuan Allah)
  2. Menumbuhkan rasa bersyukur setiap hari (husnudzon pada ketentuan Allah).
  3. Kecintaan pada Allah akan tumbuh semakin baik.
  4. Hubungan silaturahmi atau persahabatan akan sangat membahagiakan karena didasari oleh ketulusan.
  5. Terhindari dari perbuatan fitnah.
  6. Jiwa dan raga senantiasa senang dan bergembira atas kebahagiaan orang lain.
  7. Mendapatkan ketenangan dan juga ketentraman hidup.
  8. Terhindar dari perasaan bersalah karena sudah mendzalimi orang lain dengan prasangka buruk.

Nah, itulah uraian singkat mengenai Pengertian Husnuzan atau Husnudzon, Macam-macam Husnudzon serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih!

Tags: