Pengertian Fotosintesis dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

By Admin | pengetahuan

fotosintesisDari manakah asal karbohidrat? Ya tepat sekali, karbohidrat berasal dari hasil fotosintesis. Dalam sejarah, beberapa ilmuwan telah melakukan penelitian yang berkaitan dengan fotosintesis. Pada tahun 1799, seorang dokter berkebangsaan Inggris bernama Jan Inagenhouz berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan oksigen. Seorang ilmuwan yang bernama Engelmenn, pada tahun 1822 membuktikan bahwa klorofil merupakan faktor yang harus ada dalam proses fotosintesis. Pada tahun 1860, seorang ahli berkebangsaan Jerman, Julius Vin Sachs berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis, menghasilkan amilum. Pada tahun 1937, Theodore de Smussure yang berasal dari Swiss menunjukkan bahwa air diperlukan dalam proses fotosintesis dan dilengkapi dengan penemuan Robin Hill pada tahun 1937 bahwa cahaya matahari diperlukan untuk memecahkan air. Beberapa penemuan tersebut disempurnakan dengan hasil penelitian Blackman tahun 1905 bahwa perubahan karbondioksida (CO2) menjadi glukosa (C6H12O6) berlangsung tanpa cahaya matahari.

B. Pengertian fotosintesis

Tumbuhan hijau mengolah bahan baku menjadi makanan melalui proses fotosintesis. pengertian fotosintesis berasal dari kata photo yang artinya cahaya dan sintesa artinya penyusunan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian fotosintesis adalah proses penyusunan senyawa kompleks dari senyawa sederhana atau penyusunan senyawa organic dari senyawa anorganik menggunakan energi matahari sebagai sumber energi utama.


Dalam fotosintesis diperlukan bahan baku Co2 (karbondioksida) dan H2O (air). Karbondioksida diperoleh dari udara yang masuk ke daun melalui mulut daun (stomata), sedangkan H2O diperoleh dari dalam tanah. Kedua zat tersebut di dalam klorofil diubah menjadi karbohidrat dan dihasilkan pula senyawa sampingan O2 (oksigen). Dalam proses fotosintesis terdapat dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Pada reaksi terang terjadi fotolisis yaitu peristiwa penguraian air dengan bantuan energi matahari. Pada proses fotolisis ini dihasilkan O2. Sedangkan reaksi gelap pada fotosintesis merupakan serangkaian reaksi yang melibatkan pengambilan CO2 oleh tumbuhan dan penyusutan CO2 oleh atom hydrogen (H2) yang tidak membutuhkan sinar, oleh karena itu reaksi ini disebut reaksi gelap.

Dampak fotosintesis terhadap lingkungan hidup adalah tersedianya oksigen bagi makhluk hidup. Dan sebagai bahan pembentuk ozon. Di samping itu, fotosintesis juga dapat mengurangi pencemaran udara, karena mampu menisap gas karbondioksida.

B. Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

  1. Energi matahari, matahari merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Banyak sedikitnya, intensitas cahaya matahari yang diterima oleh daun akan mempengaruhi kecepatan berlangsung fotosintesis.
  2. Klorofil, semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berlangsung semakin cepat. Pembentukan klorofil memerlukan cahaya matahari. Kecambah yang ditumbuhkan di tempat gelap tidak dapaat membuat klorofil dengan sempurna. Kecambah ini dikatakan mengalami etiolasi, yaitu tumbuh sangat cepat (lebih tinggi/panjang dari seharusnya) dan batang dan daunnya tampak berwarna pucat karena tidak mengandung klorofil. Umur daun juga mempengaruhi laju fotosintesis. Semakin tua daun, kemampuan berfotosintesis semakin berkurang karena adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
  3. Suhu, umumnya semakin tinggi suhunya, laju fotosintesis akan meningkat, demikian juga sebaliknya. Namun bila suhu terlalu tinggi, fotosintesis akan berhenti karena enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh karena itu, tumbuhan menghendaki suhu optimum (tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi) agar fotosintesis berjalan secara efisiensi.
  4. Bahan baku, adalah ketersediaan air dan karbondioksida. Walaupun sinar matahari banyak klorofil dalam kondisi baik dan dalam jumlah yang banyak pula, jika bahan baku tidak cukup tersedia, maka fotosintesis tidak akan berlangsung dengan baik.
tags: , , ,

Related Pos :