Pengertian Bertamu Dan Tata Krama Dalam Bertamu

By Admin | pengertian

pengertian bertamu adalah berkeunjung ketempat kediaman orang lain. Adapun maksud dari kunjungan itu biasanya karena adanya suatu keperluan. Bertamu dengan maksud yang baik dan dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT serta untuk memperoleh ridha-Nya termasuk kedalam silahturahmi. Silaturahmi dianjurkan oleh agama Islam. Rasulullah Saw bersabda:

“Dari Abu Hurairah r.a bahwa dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia melakukan silaturahmi.'” (H.R. Bukhari dan Muslim); dan diriwayatkan oleh Tirmidzi dengan kalimat: “Sungguh silaturahmi itu menimbulkan cinta dan asih dikalangan kerabat, merupakan sumber kekayaan dan menyebabkan umur panjang”.

Capturegh


Menurut ajaran Islam orang yang bertamu itu harus memperhatikan dan melaksanakan tata krama, sesuai dengan petunjuk-petunjuk Allah Swt dan Rasulnya. Adapun tata krama dalam bertamu tersebut diantaranya sebagai berikut:

a. Mempunyai maksud baik yang diridhai Allah Swt. misalnya mengutus masalah perdagangan, membicarakan urusan ilmu pengetahuan, dan untuk silaturahmi.

b. Menggunakan pakaian yang dapat menutup aurat, sopan dan berpenampilan islam.

c. Memperhatikan keadaan orang yang ditamui, usahakan bertamu itu ketika orang yang ditamui dalam keadaan senggang waktu. Janganlah bertamu apabila orang yang ditamui itu dalam keadaan sibuk, sedang tidur, dan waktu makan, karena apabila bertamu dan orang yang ditamuinya dalam keadaan seperti itu mungkin dapat menggangunya dan maksud bertamu tidak akan tercapai dengan baik.

d. Hendaknya bersikap dan bertutur kata yang sopan, sehingga orang yang dikunjungi merasa senang menaruh hormat pada tamunya. Jika yang dikunjungi menyajikan makanan pada tamunya, hendaknya dimakan dan jangan sekali-kali mencela makanan yang disajikan, bahkan lebih baik memujinya.

e. Dalam bertamu, kalau memang harus menginap, usahakan jangan sampai lebih dari tiga hari. Karena hal ini dapat mengganggu atau menyulitkan tuan rumah. Rasulullah Saw bersabda: “bertamu itu itu selama tiga hari”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari: buku karangan Syamsuri yang berjudul PendidikanAgama Islam Untuk SMA Kelas x. Penerbit Erlangga. Hal. 120-121.


Related Pos :