Pendaftaran UM-PTKIN Online Telah dibuka 12 Mei-13 Juni 2016

By Admin | Umum

Pendaftaran UM-PTKIN tahun 2016 mulai 12 mei sampai 13 juni

Pengumuman buat Adik-adik yang baru tamat MA/SMA/SMK/MAK/Pesantren yang ingin masuk perguruan tinggi Islam Pendaftaran UM-PTKIN secara online tahun 2016 telah dibuka mulai tanggal 12 mei hingga tanggal 13 Juni 2016. Penerimaan seleksi masuk perguruan tinggi Islam Negeri dilakukan melalui tes tertulis, bagi yang berminat bisa mendaftar UM-PTKIN 2016.

Mungkin Adik-adik bertanya Apa itu UM-PTKIN? Ya, UM-PTKIN merupakan Seleksi masuk Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Islam Negeri (UIN) yang dilaksanakan secara bersama di seluruh Indonesia dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui ujian tes tertulis. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.


Setiap tahunnya peminat seleksi UM-PTKIN sangat tinggi yang mencapai ribuan peserta. Pendaftaran sendiri dilakukan secara Mandiri melalui perseorangan dengan membayar uang pendaftaran melalui Bank Mandiri dan regestrasi melalui situs UM-PTKIN.ac.id.

Bagi Adik-adik yang berminat buruan daftar sekarang karena pendaftaran di tutup tanggal 13 Juni 2016. Untuk syarat dan cara pendaftarannya akan Altundo.com jelaskan dibawah ini. Jadi silahkan baca baik-baik:

Syarat-syarat Pendaftaran UM-PTKIN tahun 2016.

Sebelum mendaftar UM-PTKIN 2016 tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta. Bagi yang sudah lulus terlalu lama tentu tidak bisa lagi ikut mendaftar, karena adan batasan tahun kelulusan. Misalnya lulusan tahun 2010, tidak bisa lagi ikut mendaftar jalur ini. berikut persyaratan pendaftaran UM-PTKIN tahun 2016:

  • Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu`adalah atau yang setara tahun 2014, 2015, dan 2016. Lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2016 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  • Kelompok Ujian IPA dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, dan (4) Ilmu Pengetahuan Alam, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi.
  • Kelompok Ujian IPS dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, dan (4) Ilmu Pengetahuan Sosial, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan.
  • Kelompok UJian Campuran dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, (4) Ilmu Pengetahuan Alam, dan (5) Ilmu Pengetahuan Sosial, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan.

Cara Mendaftar UM-PTKIN Online tahun 2016

Jika anda sudah memenuhi syarat-syarat diatas maka cara mendaftar UM-PTKIN tahun 2016 sebagai berikut:

  1. Membayar biaya seleksi sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) hanya di Bank Mandiri, melalui Mandiri ATM, Mandiri Internet, atau seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  2. Pembayaran dibuka mulai tanggal 12 Mei 2016 sampai dengan tanggal 12 Juni 2016 pukul 15.00 WIB.
  3. Mendaftar secara online dengan mengisi biodata peserta hingga mencetak Kartu Tanda Peserta di laman: http://um-ptkin.ac.id.
  4. Pendaftaran secara online dibuka mulai tanggal 12 Mei 2016 sampai dengan tanggal 13 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Bila anda sudah melakukan pembayaran di Bank Mandiri untuk mendapatkan kartu ujian seleksi silahkan kunjungi situs http://um-ptkin.ac.id. dihalaman depan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

cara daftar UM-PTKIN 2016

Masukan UserID dan pasword/PIN dari Bank yang bisa anda lihat dilembar pembayaran. Setelah anda login isi data secara lengkap kemudian cetak kartu peserta. Fungsi kartu peserta sebagai bukti bahwa anda sudah mendaftar secara online. Kartu peserta wajib dibawah saat ujian seleksi UM-PTKIN 2016 untuk ditunjukan kepada panitia seleksi.

Nah, sudah cukup jelas ya, dari uraian diatas. Bagi Adik-adik yang akan mengikuti seleksi Jalur UM-PTKIN tahun 2016 Altundo.com ucapkan selamat berjuang dan kami doakan semoga Lulus sesuai dengan yang anda harapkan.


tags: , ,

Related Pos :