Peluang Usaha mie Ayam Yang Menjanjikan

Jika anda ingin membuka usaha kecil-kecilan, tentu sangat banyak cara dan jenisnya. Salah satunya adalah peluang usaha mie ayam dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Pilihan usaha ini memiliki kelebihan, di antara modal yang terjangkau, tidak membutuhkan keahlian khusus yang dioperoleh dalam jangka waktu yang lama, dan tidak bergantung pada orang lain.

Peluang Usaha mie Ayam Yang Menjanjikan

Peluang Usaha mie Ayam

Usaha mie ayam adalah salah satu usaha kuliner yang tidak perlu modal tinggi, tetapi dapat menghasilkan profit yang lumayan. Selain itu mie ayam juga merupakan makanan yang di sukai kebanyakan orang Indonesia. mie yang merupakan makanan dari tiongkok ini telah menjadi salah satu makanan frovit bagi lidah masyarakat Indonesia.

mie ayam dapat di jual dengan menggunakan gerobak dorong, menempati kios sederhana, ruko, serta sekala restorant. Penambahan bahan seperti bakso, pangsit, ceker, hingga jamur akan membuat makanan ini semakin lezat dan tidak akan pernah berhenti di gemari masyarakat. Penjual mie ayam biasanya membeli mie di pasar tradisional atau langsung ke produsen. mie untuk membuat mie ayam biasanya dijual dalam wadah plastik. Isinya sekitar 6 buah dengan harga antara Rp 8.000,00 – Rp 10.000,00 per pcs.

Jika anda ingin membuka usaha ini, belilah mie yang sudah terbukti kualitasnya dan gunakan juga merk yang sama agar kualitas mie ayam tidak berubah-rubah. Hal ini untuk menjaga cita rasa dari mie ayam yang sudah anda buat. Selain itu, anda dapat memielih cara penjualannya, dijual berkeliling menggunakan gerobak atau mangkal di lokasi tertentu yang strategis. Saat ini, lebih banyak penjual mie ayam yang memielih mangkal atau menyewa tempat dari pada berkeliling. Dengan cara ini, mereka merasa lebih banyak meraih keuntungan dan tidak terlalu capek karena harus keliling jalan.

Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah melihat perlengkapan usaha mie Ayam. Perlengkapan ini meliputi, gerobak, peralatan masak ( kompor, tabung gas, panic, dan saringan mie), peralatan makan ( mangkuk, sendok, garpu, gelas, dan perlengkapan lainnya), wadah saus, kecap, sambal, tempat tissue, serta meja, dan kursi secukupnya. Jenis usaha ini bisa dijadikan dengan atau tanpa karyawan. Karyawan bisa direkrut untuk membantu oprasional usaha, jika usahanya memang sudah mulai berkembang.

Selain itu, lakukan lah promosi jika memungkinkan. Memang, biasanya pedagang mie ayam tidak melakukan aktivitas promosi, tetapi tidak ada salahnya berpromosi yang bisa dijalankan antara lain pemberian harga diskon untuk mendorong datangnya pembeli, didukung dengan kualitas dan rasa mie yang lezat, aktivitas promosi dari mulut ke mulut akan berjalan dengan sendirinya. Bentuk promosi lain tentunya dengan memasang sepanduk di tempat usaha. Tidak ada salahnya untuk menyediakan juga layanan pesan antar ke daerah sekitar tempat usaha. Ini bisa menjadi nilai tambahan usaha kita dibandingkan usaha kaki lima sejenis.

Perlu anda ketahui bahwa harga mie ayam keliling biasanya lebih murah, jika di bandingkan dengan pedagang yang menetap di lokasi tertentu. Harga mie ayam keliling berkisar antara Rp 6.000,00 – Rp 8.000.00 per porsi. Sementara, harga mie ayam yang permanen biasanya Rp 8.000,00 – 10.000,00 per porsinya. Perbedaan harga jual ini karena adanya biaya sewa tempat dan kelengkapan mie yang dijual. Pedagang yang menetap biasanya melengkapi mie dengan bakso, pangsit. Jika anda ingin mulai mie ayam, pahamielah kondisi ini.

Dalam usaha, persaingan merupakansalah satu resiko yang harus di ambil. Apalagi, hamper di semua ruas jalan dapat ditemui pedagang makanan jenis ini. Oleh sebab itu, untuk menghindari persaingan, pilih lookasi yang belum terdapat pedagang mie ayam.jika sudah ada, pastikan anda tidak terlalu dekat. Selain itu, pastikan bahwa mie ayam anda memieliki keunggulan dan cita rasa sendiri, miesalnya kualitas dan cita rasa makanan, pelayanan, serta harga. Factor ini dapat menentukan siapa yang bakal memenangkan persaingan. Bahkan, anda harus memperhatikan sisi kebersihan dan kerapihan. Sebab, pembeli biasanya memperhatikan factor ini jika ada banyak penjual mie ayam di sekelilingnya.

Salah satu kunci sukses usaha mie ayam adalah tetap menjaga cita rasa dan sering berkomunikasi dengan pelanggannya. Hal ini yang membuat pelanggan menjadi loyal terhadap usaha anda, karena sudah saling mengenal dan rasanyapun tetap nikmat. Selain itu, pengaturan uang setiap harinya juga menentukan pengembangan dari usaha ini. Jika anda tidak sering menabung dan menghitung keuntungan bersehnya maka anda tidak akan bisa berkembang susuai dengan keinginan. Karena pendapatan yang di peroleh hanya digunakan untuk kepentingn sehari-hari, dan tidak ada dana untuk pengembangan usaha.

Jika usaha tersebut udah terkenal dan memieliki pelanggan yang royal, maka tahap selanjutnya adalah bagaimana anda mengembangkan usaha tersebut, yaitu dengan membuka cabang dan anak usaha baru. Namun, lokasinya harus tidak jauh dari konsumen pelanggan terdahulu, sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak lagi dengan waktu yang lebih fleksibel.

Cara Membuat mie Ayam

Cara membuat mie ayam ini tidak terlalu susah. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahannya:

  • ½ kg ayam ( siap dibeli di pasar),
  • 100 ml mienyak ayam,
  • 100 ml kecap asin,
  • 300 gram daging ayam direbus dan di pototong kotak,
  • 3 sdm kecap manis,
  • 2 sdm kecap,
  • 2 batang daun bawang dirajang,
  • Caisin, penyedap, dan bawang goreng secukupnya.

Selain itu, sediakan bumbu yang di haluskan dan bahan kaldu, seperti :

  • 3 siung bawang putih,
  • 5 siung bawang merah,
  • 1 sdm ketumbar,
  • 3 cm kunyit,
  • 3 cm jahe,
  • 4 butir kemieri,
  • 2 liter air,
  • ½ kg tulang ayam,
  • 1 sdm garam,
  • ½ sdt lada bubuk.

Setelah semua bahan telah siap, maka langkah selanjutnya ialah cara pembuatan mie ayam dengan mengolah semua bahan makanan tersebut. Pertama membuat kaldu, yaitu dengan merebus air hingga mendidih kemudian masukan tulang ayam dan rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Jangan lupa tambahkan lada bubuk dan garam.

Setelah itu, tumies bumbu yang di haluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumies hingga bumbu menyerap ke dalam ayam, dan tambahkan penyedap lalu tumies sebentar. Setelah itu diangkat, lalu sisihkan. Selanjutnya, masukan 2 sdm mienyak ayam ke dalam mangkuk, ¼ sdt penyedap. Lalu, rebuslah mie dengan caisim yang telah di Rajang hingga matang.

Kemudian angkat dan letekan di dalam mangkuk yang terisi dengan bumbu tambahan ayam kira-kira 2 sdm di atasnya. Jika sudah siap, taburkan juga bawang gorengdan daun bawang yang telah di Rajang. Barulah mie ayam sesungguhnya terletak ada pada mienyak ayamnya. Oleh sebab itu, anda harus cermat dalam membuat mienyak ayam. Caranya, ambilah kulit ayam dan lemaknya dengan cara melepaskan dengan api kecil di atas penggorengan. Kemudian, tambahkan 2 siung bawang putih yang telah di pukul dan panaskan hingga seluruh mienyak keluar dari kulit dan lemak ayam. Lakukan beberapa menit dan mienyak siap untuk digunakan.

Simulasi Usaha mie Ayam

1. MODAL

  • Bahan baku Rp 200.000,00
  • Peralatan makan Rp 300.000,00
  • Biaya lain-lain Rp 50.000,00

TOTAL Rp 550.000,00

2. PENGELUARAN

  • Pembelian bahn baku Rp 200.000,00
  • Gas elpiji Rp 20.000,00
  • Es,gula,the,dan jeruk Rp 50.000,00
  • Lain-lain Rp 50.000,00

TOTAL Rp 320.000,00

3. PENJUALAN

-Omset mie ayam per hari
@ Rp 10.000,00
45 porsi x @ Rp 10.000,00 Rp 450.000,00

-Omzet mienuman per hari
@ 2.000,00
30 gelas x @ Rp 2.000,00 Rp 60.000,00

TOTAL Rp 510.000,00

4. KEUNTUNGAN

-Laba bersih perhari
= Rp 510.000,00 – Rp 320.000,00
= Rp 190.000,00
-Laba bersih perbulan
= Rp 190.000 x 30
= Rp 5.700.000,00

oke, itulah ulasan singkat mengenai peluang usaha mie ayam yang menjanjikan serta analisa usaha. Semoga bermanfaat! dan Salam Sukses.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *