11 Peluang Usaha Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

By Admin | bisnis

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin memiliki usaha sendiri di rumah namun untuk memulainya tidak membutuhkan modal yang besar. Ada banyak orang yang mengeluti bisnis dari rumah dengan modal kecil dengan alasan tertentu, mungkin karena keterbatasan modal atau bisa juga untuk menghindari resiko rugi terlalu besar jika usaha tersebut nantinya mengalami kegagalan.

peluang usaha bisnis rumahan

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam memulai sebuah usaha, modal selalu menjadi kendala. Dengan ketiadaan modal yang besar di tangan, banyak dari kita harus mengubur dalam-dalam keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Yang tidak mereka sadari adalah bahwa memulai usaha tidaklah harus memiliki modal yang besar. Ada beberapa jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda coba. Dan sesuai dengan namanya, jenis-jenis usaha tersebut terbukti tidak membutuhkan modal yang besar dan siapapun bisa memulai usaha tersebut dari rumah.


Penasaran ingin tahu akan jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil? Berikut adalah beberapa contoh yang bisa kami sampaikan kepada saat ini.

Contoh Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Ada banyak sekali contoh peluang usaha di rumah dengan modal yang menjanjikan, bagi anda yang bingung menentukan ide bisnis rumahan. Namun ada baiknya anda mencari bisnis yang sesuai dengan hobi dan juga keahlian yang anda miliki sehingga anda mudah dalam mengerjakannya dan tidak bosan dalam menjalankannya.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh peluang usaha yang bergerak di bidang jasa, bisnis kuliner dan bisnis online. Anda dapat mempelajari bisnis-bisnis tersebut dan apakah sesuai dengan ide bisnis yang anda cari. Atau mungkin dengan melihat refrensi tersebut anda bisa menemukan ide bisnis baru yang lebih bagus dan menjanjikan. Berikut 11 ide peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan untuk dikerjakan di rumah.

A. Membuka Bisnis Jasa di Rumah

Ada berbagai macam peluang bisnis bidang jasa yang bisa di kerjakan di rumah tak terkecuali usaha dengan modal kecil. Anda bisa menjadikan usaha tersebut sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau sebagai penghasilan utama. Untuk membuka bisnis jasa anda tentu saja membutuhkan modal uang dan keahlian.

Bagaimana jika tidak memiliki keahlian? yes, keahlian bisa anda dapatkan dengan cara belajar. Anda bisa kursus untuk mendapatkan sebuah keahlian sesuai dengan bisnis jasa yang ingin anda jalankan. Atau anda juga bisa mencari orang yang mempunyai skill namun tidak memiliki modal untuk membuka usaha. Anda bisa mengajaknya bekerja sama dengan sistem bagi hasil atau gaji.

Di Bawah ini ada beberapa ide bisnis rumahan modal kecil di bidang jasa yang dapat dijalankan dari rumah, bagi anda yang bingung menentukan ide bisnis :

#.  Menjadi Agen Pulsa

Hanya dengan bermodalkan 1 unit HP dan deposit uang tidak lebih dari 1 juta, anda sudah bisa memulai berjualan pulsa handphone. Pangsa pasar anda pun sangatlah luas, mengingat handphone saat ini digunakan tidak hanya oleh kalangan atas, namun semua orang dis emua kalangan, baik tua maupun muda. Siapapun pasti akan membutuhkan pulsa dan anda bisa melakukan transaksi pulsa dimanapun anda mau, baik dari rumah maupun kantor. Keuntungannya pun lumayan besar yang disesuaikan dengan seberapa sering anda melakukan transaksi setiap harinya.

#. Jasa Penjahit Pakaian

Jika anda memiliki kemampuan dan keahlian menjahit, maka anda bisa mencoba melakukan usaha jahit-menjahit. Dimulai dengan menawarkan jasa kepada para tetangga dan kerabat dekat, usaha anda lama kelamaan akan berkembang dengan sendirinya. Tentunya anda harus memperhatikan kualitas dan pelayanan yang prima agar para pelanggan anda tetap merasa betah dan senang untuk memesan jasa anda. Untuk modal awal, anda mungkin membutuhkan seperangkat jahit-menjahit lengkap dengan benang berbagai warna, pita ukur, kapur kain, gunting, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu tidak akan lebih dari 5 juta. Jika management anda baik dan benar, maka modal akan dapat kembali dalam 6 bulan pertama.

#. Jasa Pengetikan, Print, dan Terjemahan

Jika rumah anda berlokasi dekat sekolah, kampus, atau perkantoran, maka bisnis ini bisa anda jalankan. Bisnis ini hanya bermodalkan perangkat komputer dan printer, plus tentunya keahlian mengetik dan menerjemahkan Bahasa. Tarif 1000 rupiah perlembar untuk pengetikan dan 500 lembar untuk print memang terkesan sepele, namun jika dijalani dengan benar, bisnis ini dapat mendatangkan jutaan rupiah setiap bulannya.

B. Membuka Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Membuka usaha bidang kuliner masih sangat menjanjikan karena hampir setiap hari orang mencari makanan dan minuman khususnya camilan. meskipun jenis usaha ini sudah banyak yang menjalankannya, anda tetap bisa bersaing. Asalkan anda kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk-produk terbaru maka anda tetap bisa bersaing dengan pelaku bisnis lainnya yang sudah start lebih dahulu.

Memulai usaha rumahan bidang kuliner tidak harus dengan modal besar, ada cukup banyak bisnis makanan dan minuman yang bisa dimulai dengan modal kecil. Selain itu Untuk menjalankannya juga bisa dari rumah saja, apalagi jika letak rumah anda strategis seperti berada di pinggir jalan raya yang selalu ramai dilewati orang. Model usaha ini cocok buat anda ibu rumah tangga yang hobi memasak dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa membuka usaha sesuai dengan hobi dan keahlian yang anda miliki.

Berikut beberapa contoh usaha di bidang kuliner dengan modal kecil yang menjanjikan:

#. Berjualam Makanan dan Minuman

Makanan ringan dan minuman dingin selalu diminati oleh masyarakat kita. Baik tua maupun muda selalu menyukai gorengan dan aneka makanan ringan, begitu pula dengan minuman dingin seperti es cincau, jus buah, dan lain sebagainya. Dan dengan bermodalkan keahlian memasak, dan alat-alat standar memasak, anda sudah bisa mencoba berjualan makanan dan minuman dari rumah. Pilihlah menu makanan yang disukai masyarakat sekitar dan pastikan untuk mematok harga yang wajar.

#. Berjualan Gorengan di Rumah

Gorengan merupakan makanan camilan yang enak dan disukai hampir semua orang baik tua maupun muda. Terutama masyarakat lapisan menengah kebawah. Selain enak gorengan juga dapat dijadikan teman saat bersantai seperti saat nonton TV atau saat berkumpul bersama keluarga. Tidak heran bila gorengan menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat.

Sekarang ini memang sudah banyak penjual gorengan dan model gorengan pun beragam mulai dari bentuk dan rasanya. Namun yang paling umum dan paling banyak dijual adalah bakwan, tahu isi, pisang goreng, molen, tempe goreng dan lain sebagainya. Anda yang ingin memiliki bisnis di rumah bisa mencoba untuk berjualan gorengan dengan membuka kedai gorengan di depan rumah. Untuk membuka usaha gorengan modal yang dibutuhkan tidaklah besar, apalagi jika anda membuka kedai gorengan kecil-kecilan.

#. Menjual Kue Produk Rumahan

Anda memiliki keahlian dalam membuat kue? kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuka usaha di rumah. Anda bisa membuat kue yang banyak disukai masyarakat seperti kue tradisional. Sekarang ini memang banyak sekali kue-kue modern model terbaru sehingga sedikit sekali orang yang menjual kue tradisional. Ini tentu menjadi peluang bagus buat anda.

Meskipun sudah banyak kue modern, kue tradisional masih sangat digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak dan memiliki ciri khas tersendiri, kue tradisional harganya juga lebih murah dibandingkan kue modern. Anda bisa membuat berbagai macam kue tradisional khas daerah anda. Apalagi bila anda memiliki resep keluarga, ini bisa menjadi nilai tambah. Untuk mempromosikan usaha kue rumahan tersebut, anda bisa mempromosikan kepada tentangga, keluarga dan teman. Atau anda bisa juga mempromosikan lewat media sosial seperti yang dilakukan sebagian besar orang dalam memperkenalkan bisnisnya.

#. Membuat Usaha Kerupuk Rumahan

Kerupuk merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kerupuk dapat dijadikan camilan disaat santai dan juga dapat dijadikan lalapan saat makan. Sekarang ini ada berbagai macam jenis kerupuk dipasaran mulai dari produksi rumahan hingga produksi perusahaan.

Tingginya konsumsi masyarakat akan makanan ringan ini dan pasarnya yang besar membuat usaha kerupuk memiliki peluang yang terbuka lebar bagi siapapun. Apalagi untuk membuka usaha kerupuk juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda yang bingung menentukan ide bisnis modal kecil bisa mencoba usaha ini. Apalagi jika anda mempunyai keahlian dalam membuat kerupuk itu bagus sekali.

Sebagai permulaan, anda bisa memproduksi kerupuk rumahan dalam skala kecil terlebih dahulu. Promosikan kerupuk buatan anda kepada para tetangga, keluarga dan sahabat. Anda juga bisa menitipkan kerupuk buatan anda kewarung-warung terdekat. Perhatikan apakah kerupuk produksi anda diminati masyarakat atau tidak. Jika banyak peminat maka anda bisa memproduksinya lebih banyak lagi dari sebelumnya.

C. Menjalankan Bisnis Online di Rumah

Dewasa ini perkembangan internet maju dengan pesat, tidak sedikit perusahaan dan pebisnis yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk mereka. Jaringan internet yang semakin luas hingga ke pelosok desa membuat pengguna internet semakin besar. Ini tentu saja menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dan sayang untuk dilewatkan.

Sekarang ini berbagai macam peluang bisnis online modal kecil di rumah bisa anda temukan dengan mudah di Internet. Anda yang sedang mencari usaha rumahan dengan modal kecil bisa mempelajari berbagai peluang yang anda untuk dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah.

Dibawah ini kami berikan beberapa contoh bisnis online tanpa modal besar yang bisa anda pelajari dan mungkin bisa dijadikan sebagai usaha di rumah.

#. Jual Pakaian Lewat Media Sosial

Salah satu bisnis yang bisa dilakukan dari rumah adalah dengan jual pakaian lewat media sosial karena Hampir sebagian besar orang menghabiskan waktunya setiap hari di sosial media sehingga pasarnya sangat besar. tidak sedikit orang yang memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk berjualan secara online. Apalagi di media sosial tersedia fitur untuk mempromosikan produk jualan seperti di Facebook ada fansfage. Halaman ini dapat digunakan untuk memajang produk jualan sebagai pengganti website.

Andapun bisa mencoba berjualan di media sosial asalkan memiliki produk untuk dijual. Tidak mesti harus pakaian, anda juga bisa menjual produk lainnya yang dibutuhkan banyak orang semisal tas, jilbab, sepatu, barang elektronik dan produk lainnya.

#. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate atau affiliate marketing adalah bisnis online dengan modal kecil karena tidak perlu memiliki stok produk. Bisnis affiliate hampir sama dengan dropshipping dimana kita menjualkan produk orang lain melalui link affiliate kita. Bedanya kalau dalam dropshipping kita melayani konsumen secara langsung sedangkan dalam affiliate konsumen dilayani langsung oleh pemilik produk. Dan bila barang yang kita promosikan melalui link affiliate kita laku terjual maka kita akan mendapatkan komisi sekian persen, besarannya sesuai dengan yang ditentukan pemiliki affiliate.

Dalam menjalankan bisnis affiliate, kita harus rajin promosi agar produk bisa terjual karena konsepnya sama seperti berdagang kalau tidak jualan maka kita tidak akan dapat uang. Semakin banyak barang kita jual laku dibeli konsumen maka akan semakin besar pula komisi yang akan kita dapatkan.

#. Menjalankan Bisnis Dropship

Cara mudah dan murah memulai bisnis online adalah dengan menjadi dropshipper. Selain tidak butuh modal besar, bisnis dropship juga memerlukan stok barang karena barang akan dikirim langsung dari suplier kepada konsumen baik menggunakan nama kita atau menggunakan nama suplier sebagai pengirim.

Bisnis dropship adalah bisnis jualan online tanpa memiliki stok produk karena anda menjual produk orang lain. Contohnya begini, anda bekerja sama dengan suplier untuk menjual produk mereka. ketika ada konsumen yang order produk dan sudah transfer, anda kemudian melakukan order ke pihak suplier kemudian pihak suplier mengirim produk ke pembeli. Nama pengirim bisa menggunakan nama kita sebagai penjual, tapi tak jarang pengirimnya di tulis nama suplier sendiri.

#. Jasa Penulis Artikel

Anda memiliki skill dalam bidang tulis menulis? kenapa tidak dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Saat ini banyak pebisnis online yang membutuhkan artikel bagus dan original untuk mengisi konten website/blog mereka. Anda bisa membuka jasa penulis artikel, jika anda bisa berbahasa inggris, jasa yang anda tawarkan tidak hanya pembuatan artikel bahasa indonesia saja tetapi juga artikel bahasa inggris.

Menjadi penulis artikel blog cukup menjanjikan karena banyak yang membutuhkan. harga per artikel ditentukan berdasarkan jumlah kata, misalnya artikel bahasa Indonesia 300 word harga Rp 5.000 dan 500 word Rp 7.000. Jika anda mendapatkan order 50 artikel saja untuk yang 500 word maka anda akan mendapatkan bayaran Rp 350.000 lumayan bukan. Apalagi jika artikel bahasa inggrisnya harga bisa lebih mahal dari itu.

Ingin info lebih banyak baca selengkapnya 25 peluang usaha rumahan

Itulah 11 peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat kami sampaikan pada postingan singkat ini. Sebenarnya masih banyak jenis bisnis rumahan dengan modal kecil lainnya yang bisa dikerjakan dari rumah. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan sedikit wawasan pada kita semua mengenai usaha di rumah yang modalnya kecil namun dapat memberikan penghasilan tambahan.


tags: , , , ,

Related Pos :