10 Oleh-Oleh Khas Jogja (Yogyakarta) yang Terkenal

Kurang mantap rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga atau teman di rumah selagi kalian berlibur ke kota pelajar ini. Tanpa oleh-oleh, perjalanan wisata kalian akan terasa janggal. Tidak ada bukti kalau kalian pernah berkunjung ke satu daerah. Selain itu, oleh-oleh atau bauh tangan bisa menjadi kenang-kenangan untuk keluarga maupun sahabat di rumah.

10 Oleh-Oleh Khas Jogja (Yogyakarta) yang Terkenal

Yogyakarta merupakan provinsi yang dikunjungi puluhan ribu pelancong tiap tahunnya. Dan tentunya, Yogyakarta punya banyak oleh-oleh khas daerah yang bisa kalian jadikan buah tangan. Dan mungkin anda sudah tahu beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta yang sudah terkenal seperti Bakpia dan Kaos Dagadu. Namun, tidak hanya itu masih ada banyak oleh-oleh khas daerah Jogja baik itu makanan, pakaian maupun pernak-pernik.

10 Oleh-Oleh Khas Jogja / Yogyakarta yang Terkenal

Nah, buat kamu yang jalan-jalan ke kota Yogyakarta tentu sayang kalau tidak membawa buah tangan untuk keluarga maupun sahabat. Berikut ini adalah 10 oleh-oleh khas Jogja yang harus kalian bawa pulang ke rumah nih. Ingin tahu apa saja? Yuk, check them out!

1. Batik

Berbicara kota Yogyakarta, pastinya tak akan bisa lepas dari batik. Aneka macam kain berbagai motif, warna dan ukuran wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Tak hanya batik kain, kalian pun bisa memilih kemeja, dress, kaos, celana, tas, dan beragam pernak-pernik cantik dengan corak batik yang begitu apik.

Batik Jogja

Saking identiknya dengan kota pelajar ini, batik bisa kalian temui di setiap sudut Yogyakarta: mall, pasar, toko-toko pakaian, termasuk kios-kios yang ada di tempat wisata. Namun, jika kalian ingin punya pilihan lebih banyak, datanglah ke Pasar Beringharjo. Pasar satu ini adalah pusat penjualan beragam produk batik, tentunya dengan harga lebih murah karena kalian bisa menawar.

Tak hanya Pasar Beringharjo, kalian pun bisa berburu oleh-oleh khas Yogyakarta ini ke Jalan Malioboro. Ada jajaran pedagang yang menjajakan batik di sepanjang jalan ini. Atau, kalian bisa menyatroni toko-toko batik dengan merk tertentu di sekitar sini.

Apabila kalian tertarik dengan produk batik yang sedikit berbeda, kalian bisa mengunjungi Desa Wisata Krebet yang terletak di Bantul. Di tempat ini, batik diterapkan bukan pada kain, tapi media kayu. Jadi, berbagai patung, wayang, aksesoris dan pernak-pernik dari kayu dengan corak batik bisa kalian jadikan alternatif oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga: 8 Tempat Sarapan di Jogja yang Wajib kamu Coba

TERKAIT:  Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

2. Kaos Dagadu

Seperti Bali yang punya Joger sebagai merk kaos khasnya, Yogyakarta pun memiliki brand khusus. Dagadu namanya. Brand kaos dengan logo mata ini berasal dari bahasa Walikan atau sering disebut bahasa gaul Yogyakarta yang berarti ‘matamu’.

Kaos Dagadu Jogja

Nah, apa menariknya kaos Dagadu untuk dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta ini?

Kaos Dagadu mungkin dipandang tak ada bedanya dengan kaos biasa yang beredar di pasaran. Tapi, tak seperti kaos lain yang biasanya fokus pada gambar menarik, brand kaos khas Yogyakarta ini lebih fokus ke berbagai tulisan untuk menghiasi kaos. Berbagai plesetan lucu dan konyol yang bisa membuat siapa pun tertawa adalah ciri khas kaos Dagadu.

Tentu saja karena sudah menjadi alternatif oleh-oleh khas kota Yogyakarta, banyak sekali kaos serupa yang bisa ditemukan di setiap sudut kota. Namun, jika kalian ingin membeli kaos Dagadu asli sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman terkasih, kalian bisa datang ke Ambarakmo Plaza, Mall Malioboro dan UGD (Unit Gawat Dagadu) di Jalan Pakuningratan. Jadi, tertarik membeli kaos Dagadu?

3. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Kerajinan perak bisa dijadikan pilihan jika kalian bingung menentukan oleh-oleh khas Yogyakarta apa yang harus dibawa pulang. Tinggal datang ke daerah Kotagede dan kalian akan menemukan jajaran kios yang menjual kerajinan berkilau nan cantik ini. Sejak dulu, Kotagede memang dikenal sebagai sentra kerajinan perak di Yogyakarta. Kalian tak hanya bisa menemukan berbagai aksesoris seperti anting, kalung, cincin, gelang, bros tapi juga aneka pernak-pernik yang memesona dari perak.

Tak hanya bisa menikmati dan membeli keindahan perak berbagai bentuk dengan kualitas tinggi, kalian pun bisa melihat dan belajar proses pembuatan kerajinan ini sendiri lho. Bukankah itu menarik? Nah, tunggu apa lagi? Segera bawa pulang kerajinan perak Kotagede sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta!

4. Gerabah

Gerabah

Jika kalian bertandang ke Yogyakarta, pastikan kalian pergi ke Desa Wisata Kasongan. Ada apa di sana? Di sini, kalian bisa berburu oleh-oleh khas Yogyakarta. Gerabah dari tanah liat dengan bentuk bervariasi bisa kalian temukan dan beli sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Ada patung, vas, kendi, guci, asbak dan aneka ornamen yang menarik dibawa pulang.

Nah, harga gerabah dari sentra kerajinan tanah liat yang terletak di daerah Bantul ini terjangkau lho. Tentu saja dengan kualitas yang sangat baik karena produk dari Desa Wisata Kasongan sudah merambah ke luar negeri. Oh ya, kalau kalian tertarik, kalian bisa melihat proses pembuatan gerabah khas Yogyakarta ini juga lho. Yuk, buruan diborong gerabahnya!

5. Gudeg Kering

Gudeg Kering

Tidak lengkap rasanya pergi ke kota gudeg tapi tidak mencicip gudegnya. Sayang sekali kalau sampai melewatkan makanan khas Yogyakarta dari nangka muda yang diolah sedemikian rupa menjadi santapan manis dan gurih penuh cita rasa dengan sambel krecek dan lauk pauk pelengkapnya. Pastinya sangat maknyus. Karena itulah, jangan lupa membawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta ya.

TERKAIT:  Inilah 6 Museum di Yogyakarta yang Wajib di Kunjungi

Kalian takut gudeg menjadi basi sebelum bisa dicicip orang rumah?

Tak perlu khawatir. Kalian bisa membawa pulang gudeg kering sebagai buah tangan. Gudeg ini sebenarnya tak terlalu berbeda dengan gudeg basah. Proses memasaknya saja yang lebih lama dengan rasa yang sedikit lebih manis. Gudeg kering ini bisa bertahan sekitar 3 hari jika dimasukkan dalam lemari pendingin lho. Oh ya, keunikan dari gudeg kering ini biasanya dikemas dalam besek atau kendil. Bukankah semakin terasa sensasi Jogjanya?

6. Bakpia

Bakpia

Datang ke Yogyakarta, rasanya kurang afdal kalau tidak membawa pulang bakpia sebagai oleh-oleh. Ya, camilan manis dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau yang dipanggang ini memang identik dengan kota pelajar. Jadi, tak salah jika Bakpia ini dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib kalian bawa pulang.

Tak perlu khawatir kesulitan mencari penganan ini karena kalian bisa menemukannya hampir di setiap sudut kota Yogyakarta, tak hanya di pusat oleh-oleh saja. Oh ya, dulunya bakpia khas Yogyakarta memang identik dengan daerah Pathuk, tapi sekarang bakpia di kota ini tak hanya berasal dari daerah itu saja. Pun, varian isinya ikut berkembang. Kalian tak hanya merasakan manisnya kacang hijau, tapi juga rasa lain seperti cokelat, keju, durian, susu yang menggoda untuk disantap. Mm, kapan nih memborong bakpia?

7. Geplak

Geplak Jogja

Penganan yang terbuat dari irisan tipis daging kelapa dicampur dengan gula dan tepung dari Bantul merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang kerap diburu wisatawan. Geplak namanya. Rasanya sangat manis dengan warna menggoda. Ada merah muda, kuning, hijau dan sebagainya. Tak hanya beragam warna, geplak pun kini telah dikembangkan dengan aneka rasa yang pastinya akan memanjakan lidah kalian.

Karena rasanya yang menggugah selera, geplak sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalian bisa menikmati geplak untuk menemani minum kopi atau teh. Jangan khawatir untuk mencari tempat geplak dijual karena nyaris di setiap sudut kota kalian bisa menemukannya, terutama di pusat oleh-oleh di seluruh Yogyakarta.

8. Yangko

Yangko

Yangko bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Yogyakarta. Penganan ini sangatlah lezat dengan tekstur kenyah, rasa manis dan warna menarik karena berwarna-warni. Terbuat dari tepung ketan dipadu dengan isian kacang tanah cincang dan taburan tepung putih, yangko memang disebut-sebut mirip kue mochi. Hanya saja bentuknya kotak dan tidak selembek kue khas Jepang itu. Oh ya, selain warna-warni, yangko juga punya aneka rasa lho. Jadi, makin mantap deh buat dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman.

TERKAIT:  Lokasi Objek Wisata Kebun Binatang Surabaya

Dengan rasa lezat dan harga murah meriah, kalian bisa menemukan yangko di pusat oleh-oleh di penjuru Yogyakarta. Mm, yakin nih mau melewatkan yangko yang yummy ini?

9. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibawa pulang jika kalian main ke Yogyakarta. Cokelat ini produk asli kota pelajar lho, sekalipun pemiliknya adalah seorang pria berkebangsaan Belgia. Rasanya lezat dengan varian rasa yang bisa dibeli sesuai dengan preference kalian. Cokelat yang harganya terjangkau ini dibuat dari biji cokelat berkualitas tinggi dari beberapa pulau di Indonesia. Sehingga rasanya memang sangat yummy.

Nama Monggo sendiri berasal dari kata bahasa Jawa yang berarti ‘silakan’. Ditambah dengan kertas pembungkus bergambar wayang atau batik, cokelat satu ini memang terkesan Jogja banget. Oh ya, cokelat ini bisa kalian temukan di banyak tempat termasuk pusat berbelanjaan lho. Jadi, jangan khawatir takut tidak bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Atau jika ingin membeli langsung, kalian bisa pergi ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede. Di sinilah pabrik Cokelat Monggo berada. Tak hanya bisa membeli varian cokelat khas kota pelajar ini, kalian pun bisa melihat proses produksinya secara langsung lho.

10. Salak Pondoh

Salak Pondoh

Ingin membawa pulang buah untuk dijadikan buah tangan, kalian bisa menjadikan salak pondoh sebagai pilihan. Buah yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja ini memang sangat enak dengan daging buah renyah, kering sekaligus manis di saat bersamaan. Ukurannya pun biasanya lebih kecil dari salak kebanyakan yang ada di pasaran.

Jika sedang musim, kalian bisa menemukan salak pondoh di kios-kios buah sepanjang jalan kota Yogyakarta. Tapi, jika kalian ingin memetik langsung dari pohonnya, berkunjunglah ke daerah Turi, Sleman. Kecamatan ini memang dikenal dengan pembudidayaan salak pondohnya. Ada agrowisata seluas 27 hektar dengan tanaman buah satu ini.

Nah, di sini, kalian tak hanya bisa membeli salak pondoh dengan harga lebih terjangkau, kalian pun bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti taman bermain anak, kolam renang dan pemancingan. Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Buruan bawa pulang buah ini!

Itu tadi 10 oleh-oleh khas Jogja yang yang terkenal dam harus kalian bawa pulang kalau datang ke kota Yogyakarta. Pokoknya wajib deh membawa buah tangan khas untuk keluarga di rumah! Dijamin tak akan menyesal dan membuat ingin datang lagi ke Jogja!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *