8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Ngehits dan Instagrammable

Tahukah kalian, ada banyak obyek wisata di Yogyakarta yang lagi ngehits bisa mempercantik timeline instagram kalian. Beberapa tahun belakangan, Instagram begitu digandrungi oleh berbagai kalangan, terlebih oleh kalangan muda sebagai social media. Keunikan media ini adalah semua kalangan bisa mengunggah berbagai macam foto mulai foto selfie, groupie dan berbagai kegiatan mereka. Nah, tak ketinggalan, Instagram juga menjadi tempat untuk mengunggah foto menakjubkan dari berbagai tempat wisata, mulai dari yang terkenal sampai yang tersembunyi.

8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Ngehits dan Instagrammable

Nah, sebagai salah satu destinasi para pelancong, Yogyakarta juga punya beberapa tempat wisata menarik yang mendapat ketenaran karena Instagram. Nah, mau tahu delapan obyek wisata di Yogyakarta yang ngehits dan Instagrammable? kali ini altundo akan mengulasnya, apa aja obyek wisata tersebut. Yuk, dicek!


8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Ngehits dan Instagrammable

Nah, buat kamu yang suka foto selfie dan upload ke Instagram mencari tempat wisata menarik di Jogja, Berikut ini adalah 8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Ngehits dan Instagrammable yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota Gudeg.

1. Desa Wisata Kalibiru

Desa wisata yang terletak di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo ini termasuk salah satu obyek wisata ngehits Yogyakarta yang sering diabadikan oleh para traveler. Keindahan alamnya begitu menakjubkan sehingga sayang dilewatkan oleh jepretan kamera. Hutan lindung penuh pohon menjulang dan menghijau. Udara begitu segar dan hawanya begitu dingin dan menenangkan. Nyanyian alam dipadu dengan pemandangan hutan, bukit, dan waduk menjadi satu harmoni yang sangat indah.

Desa Wisata Kalibiru

Nah, di Desa Wisata Kalibiru yang terletak di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini, kalian bisa menikmati berbagai kegiatan selain menyaksikan panorama alamnya. Ada wisata pedesaan, budaya, pendidikan, keluarga, camping dan juga outbound. Selain itu, kalian juga bisa melakukan tracking di hutan sekitar desa wisata ini lho. Jika ingin yang lebih menantang, mungkin kalian bisa mencoba flying fox. Harganya terjangkau kok untuk menguji adrenalin kalian.

Kalau hanya sekedar ingin bersantai dan menikmati pemandangan nan menakjubkan Desa Wisata Kalibiru, kalian bisa duduk di gardu pandang. Nah, gardu pandang ini letaknya di atas pohon yang cukup tinggi lho. Jadi, siapkan diri kalian untuk memanjat dan berada di atas ketinggian lho ya. Tapi, dijamin tak akan menyesal kok. Benar-benar spot yang wajib dicoba dan didokumentasikan dengan kamera!

2. Kebun Buah Mangunan

Nah, obyek wisata satu ini juga termasuk obyek wisata ngehits Yogyakarta di Instagram. Kebun Buah Mangunan terletak Mangunan, Dlingo, Bantul. Di sini, kalian tak hanya bisa menikmati kebun buah yang dipenuhi aneka macam pohon yang buahnya bisa dibeli dan dibawa pulang, tapi juga menikmati keindahan tempat yang berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut ini.

Kebun Buah Mangunan

Hawa segar dengan panorama sekitar yang menawan sayang untuk kalian lewatkan. Tempat yang sering disebut Amazonnya Jogja ini sangat apik diabadikan dengan kamera lho. Dari puncak kebun buah ini, kalian bisa melihat hijaunya pohon dari Pegunungan Imogiri dengan aliran Sungai Oya yang meliuk-liuk bak Sungai Amazon di Amerika. Nah, spot yang biasanya digunakan tempat berfoto dengan background alam Kebun Buah Mangunan adalah gardu pandang.

Oh ya, Kebun Buah Mangunan ini juga jadi destinasi dari para pemburu sunrise lho. Memang panorama di obyek wisata satu ini sangat cantik di pagi hari. Bahkan, orang sering menyebutnya sebagai Negeri Atas Awan Bantul. Sensasi berada di atas awan akan kalian dapatkan ketika berada di sini, dengan keberadaan kabut yang mengitari sebelum tersibakkan oleh cahaya sang mentari. Yang pasti, tempat ini memang sangat fantastis! Wajib deh kalian ke sini untuk mengabadikan setiap sudut dan memostingnya di Instagram!

3. Hutan Pinus Mangunan

Nah, kalau buka Instagram, pasti kalian bisa menemukan ratusan foto dengan background hutan satu ini. Yap, Hutan Pinus Mangunan yang sering disebut orang Hutan Pinus Imogiri ini memang sudah tak diragukan lagi menjadi salah satu obyek wisata ngehits Yogyakarta yang paling banyak ditemukan di instagram.

Hutan Pinus Mangunan

Barisan rapi pohon pinus tumbuh menjulang menjadikan pemandangan begitu apik. Jarum-jarum pinus yang telah jatuh ke tanah membentuk bentangan serupa permadani. Satu harmoni alam yang luar biasa dan memberikan kesan kalau kalian tak sedang berada di Yogyakarta. Satu background yang wajib kalian abadikan dengan kamera. Terlalu menawan untuk kalian lewatkan.

Di hutan yang dipenuhi Pinus merkusii ini, kalian bisa merasakan kesejukan udara dengan panorama luar biasa. Oh ya, kalau mau datang ke hutan yang terletak di Dlingo, Mangunan, Bantul ini, kalian tak perlu khawatir biaya lho. Biaya masuknya gratis. Hanya butuh membayar parkir saja. Jadi, yakin nih tak mau ke tempat dengan pemandangan memesona ini?

4. Candi Ijo

Menjadi candi dengan posisi paling tinggi di Yogyakarta tak menyurutkan niat para traveler untuk menyambangi salah satu obyek wisata ngehits Yogyakarta ini. Bahkan ketinggian 400 meter di atas permukaan inilah yang membuat obyek wisata yang terletak di sebuah bukit hijau di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman ini selalu ramai. Bagaimana tidak? Dengan posisinya, candi bercorak Hindu yang berdiri sekitar abad 9 ini sangat cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Kecantikan panorama sunset dengan siluet bangunan batu peninggalan masa lalu ini sangatlah apik ditangkap dengan kamera. Tampak begitu eksotis sekaligus memesona di saat yangbersamaan.

Candi Ijo

Selain bisa menikmati keindahan alam dari tempat sejuk ini, kalian pun bisa menilik seluk beluk sejarah dari Candi Ijo lho. Bangunan ini merupakan peninggalan dari kerajaan Hindu. Di sini, kalian akan menemukan 17 struktur bangunan dengan 11 teras berundak. Nah, candi utama dan tiga candi perwara akan terlihat berdiri gagah di teras paling atas. Berbagai relief serta peninggalan Hindu lainnya pun bisa kalian temukan di sini. Pokoknya, kalian wajib deh datang ke sini jika main ke Jogja!

5. Candi Abang

Candi tapi tidak mirip candi. Itulah kesan yang mungkin akan kalian dapatkan jika mampir ke Candi Abang yang terletak di Sentonoreko, Jogotirto, Berbah, Sleman ini. Ya, bangunan bersejarah yang dibangun sekitar abad 9 sampai 10 ini memang tak mirip candi dengan batuan besar dan hitam yang berdiri megah. Alih-alih yang kalian temukan di sini hanyalah sebuah bukit yang menghijau dipenuhi rerumputan kala musim hujan tiba. Nah, itulah peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang ingin kalian lihat.

Candi Abang

Obyek wisata ini memang cukup unik. Selain dibangun dengan batu bata merah—dasar penamaan Candi Abang—sehingga sekarang sudah tak terlihat lagi bentuk aslinya, candi Hindu ini juga memiliki yoni yang beralas segi delapan lho. Padahal, lazimnya, alas yoni yang ditemukan bersegi empat. Sekalipun sedikit berbeda dengan candi pada umumnya, kalian tetap bisa menikmati kecantikan candi yang menjadi salah obyek wisata ngehits Yogyakarta yang paling instagrammable ini. Pemandangan di sini dipadu dengan keberadaan sang mentari saat terbit atau tenggelam sangat pas dijepret dengan kamera. So, kapan mau ke Candi Abang nih?

6. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah sebuah kompleks candi yang dibangun Rakai Panangkaran abad ke delapan. Obyek wisata di Yogyakarta ngehits ini terletak di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut dengan beberapa bangunan candi dan arca yang tersebar di setiap sudut. Dulu, tempat yang disebut Abbhyagiri Wihara—wihara di bukit yang bebas dari bahaya—ini digunakan sebagai kraton sekaligus permukiman lengkap dengan benteng pertahanan setelah beberapa dijadikan tempat untuk menjalani kehidupan spiritual sang raja.

Candi Ratu Boko

Selain bangunan sejarah nan menawan, kompleks Candi Ratu Boko menawarkan pesona lain yang sangat digandrungi para traveler. Sunset. Pemandangan matahari terbenam dari tempat ini memang menjadi salah satu daya tarik candi yang terletak di Samberwatu—Desa Sambirejo—dan Dawung—Desa Bokoharjo—Prambanan, Sleman. Semua orang berbondong-bondong datang kemari untuk mengabadikan keindahan tenggelamnya sang mentari ke peraduannya dengan siluet bangunan batu peninggalan Hindu-Budha ini.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran termasuk obyek wisata di Yogyakarta yang lagi ngehits dan instagrammable. Terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, gunung purba ini menawarkan suatu pesona yang tak bisa diabaikan para traveler. Mendaki gunung dan melihat panorama menakjubkan kala matahari terbit dan terbenam di puncaknya adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Lanskap eksotis dengan tebing-tebing batu dan pohon menghijau di sekitarnya wajib dijepret dengan kamera. Udara segar pegunungan pun menyegarkan paru-paru dan menenangkan pikiran. Paket lengkap. Pokoknya cantik banget!

Gunung Api Purba Nglanggeran

Kalau mau ke gunung api purba yang aktif jutaan tahun lalu ini, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 25 km dari kota Yogyakarta. Pendakian menuju puncak mungkin akan sedikit menantang, tapi kalian tak akan kecewa dengan pemandangan cantik yang menunggu kalian di puncak. Bahkan kalau tertarik, kalian bisa berkemah dan melihat pemandangan langit malam dihiasi bintang-bintang di Gunung Api Purba Nglanggeran. Kapan nih datang ke sini?

8. Pantai Nglambor

Jajaran pantai di Yogyakarta memang memiliki daya tarik tersendiri. Masing-masing memiliki pesona yang menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera. Nah, dari jajaran pantai itu, kalian wajib datang ke Pantai Nglambor yang terletak di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Jika di pantai lain kalian akan mengabadikan keindahan ombak biru bergulung-gulung atau panorama sunrise dan sunset saja, pantai satu ini akan menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda. Dunia bawah air.

Pantai Nglambor Jogja

Ya, Pantai Nglambor memang menjadi salah satu obyek wisata ngehits Yogyakarta yang dijadikan destinasi para pelancong yang doyan melakukan snorkeling. Jadi, tak hanya menikmati keindahan pantai yang diapit dua bukit karang ini, kalian pun bisa menyaksikan keindahan terumbu karang dengan biota laut yang tumbuh. Airnya sangat jernih, membuat pesona tempat ini semakin memesona. Oh ya, untuk menikmati keindahan dunia bawah air, kalian bisa menyewa paket snorkeling dengan harga terjangkau. Dengan Rp 35.000,00, kalian bisa mendapat pinjaman alat snorkeling, jasa pemandu sekaligus foto menakjubkan dengan terumbu karang dan ikan berenang di sekitar kalian. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ke Pantai Nglambor!

Itu tadi ulasan singkat mengenai 8 obyek wisata di Yogyakarta yang ngehits dan Instagrammable. Nah, kalian tertarik datang ke tempat-tempat tadi? Buruan donk datang dan abadikan momen kalian di sana! Jangan lupa posting di Instagram ya! oke, selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *