7 Obyek Wisata Baru di Yogyakarta yang Menarik di Kunjungi

Menjelajah Yogyakarta memang tak akan habisnya dengan begitu banyak obyek wisata baru di Yogyakarta yang bemunculan akhir-akhir ini. Sebagai salah satu surga wisata di Indonesia, provinsi ini menawarkan jutaan pesona dari berbagai obyek wisata yang ada—mulai dari wisata alam, museum, candi, pantai, gua, religi bahkan kuliner.

Kali ini, Altundo.com bakal berbagi informasi tujuh obyek wisata baru di Yogyakarta yang menarik dan bisa kalian kunjungi nih. Obyek-obyek ini begitu apik dengan keunikan yang bakal membuat liburan kalian semakin berwarna. Mm, tertarik? Kalau begitu siapkan perbekalan kalian dan ayo berangkat!

7 Obyek Wisata Baru di Yogyakarta

1. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Siapa sih yang tak kenal Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark? Waterpark yang baru diresmikan akhir tahun kemarin ini telah berhasil menarik ratusan ribu pengunjung untuk menghabiskan liburan dengan bermain air di sini. Bagaimana tidak? Obyek wisata baru di Yogyakarta yang terletak di Jalan Utara Stadion, Depok, Sleman ini memang menawarkan belasan wahana permainan air yang menghibur dan juga memacu adrenalin, salah satunya How to Survive in Tsunami and Earthquake yang juga menjadi wahana edukasi.

Dengan luas sekitar 7,7 hektar, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark yang berarsitektur sangat unik sekaligus apik ini memang disebut-sebut sebagai waterpark terbesar sekaligus tercanggih di Indonesia. Mm, tentunya kalian tak bakal melewatkan kesempatan bermain air di sini, kan? Yakin deh kalau main ke waterpark ini, kalian tak bakal menyesal. Bakal jadi memorable moment yang bikin ketagihan!

Nah, kalian hanya harus mengeluarkan biaya Rp 130.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 100.000,00 untuk anak-anak demi bisa bermain air di waterpark menakjubkan ini. Memang sedikit lebih mahal dibanding waterpark lain, tapi kalian tak bakal rugi kok dengan keseruan yang bakal kalian dapatkan nantinya. Jadi, kapan nih datang ke sini? Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark sudah menunggu!

2. Gua Tanding

Gua Tanding

Jika kalian mencari alternatif obyek wisata baru di Yogyakarta yang sedikit eksotis, bolehlah kalian mampir ke Gua Tanding. Terletak tak jauh dari Gua Pindul, tepatnya di dusun Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, gua yang diresmikan belum lama ini siap memanjakan kalian dengan liburan tak terlupakan.

Gua yang awalnya hanya bisa dimasuki lewat sebuah sumur milik Mbah Harto Tanding ini —yang kemudian mendasari penamaannya—, menawarkan paket caving yang sedikit berbeda dengan Gua Pindul. Jika Gua Pindul dikenal dengan cave tubing yaitu menyusuri gua dengan menggunakan ban dalam, maka Gua Tanding menawarkan susur gua dengan menggunakan perahu karet yang bisa dinaiki secara berkelompok.

TERKAIT:  Candi Ratu Boko, Sunset Terbaik di Timur Jogja

Nah, aliran sungai bawah tanah di dua gua ini masih satu aliran lho. Dengan biaya sekitar Rp 250.000,00 per orang, kalian bisa melakukan caving di gua sepanjang kurang lebih 450 meter ini selama kurang lebih 1,5 jam. Memang sedikit mahal, tapi pengalaman di obyek wisata baru di Yogyakarta ini bakal memuaskan hasrat petualangan kalian. Paket susur guanya tergolong lengkap dengan perlengkapan keamanan standar, asuransi, pemandu, dan makan.

Stalagmit dan stalagtit bakal memukau kalian dengan warna keemasan karena masih sangat alami. Aliran sungai bawah tanah dan kegelapan gua dengan makhluk-makhluk di dalamnya akan semakin membuat perjalanan caving semakin berkesan. Oh ya, kedalaman air Gua Tanding ini sekitar 4 meter dengan jarak permukaan air dengan bagian atas gua sepanjang 5-16 meter, lebar 4-9 meter. Mm, bukankah gua ini semakin terlihat eksotis saja?

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Mendengar wisata hutan pinus di Yogyakarta, pasti yang muncul di benak kalian adalah Hutan Pinus Mangunan. Tapi, sekarang ada obyek wisata baru di Yogyakarta yang menawarkan pesona tak kalah cantik dari rimbunnya pepohonan hijau berduri tajam di Mangunan. Wisata Alam Pinus Pengger atau yang lebih dikenal Hutan Pinus Pengger namanya. Terletak di Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, obyek wisata ini memang baru dibuka secara resmi bulan April lalu.

Kesejukan hutan dikelilingi pohon pinus nan hijau akan siap menyegarkan pikiran yang penat akibat rutinitas sehari-hari. Udara segar alam nan asri khas dataran tinggi bakal membuat kalian rileks dan nyaman sehingga betah berlama-lama di obyek wisata baru di Yogyakarta yang memesona ini. Sembari duduk-duduk manis di gazebo dan spot yang sudah tersedia, mengabadikan setiap momen dengan kamera, liburan kalian pasti bakal terasa bermakna. Apalagi, kalian bisa menikmati semua itu tanpa dipungut biaya, kecuali biaya parkir. Bukankah liburan ini bakal sempurna?

Oh ya, kalau tertarik, kalian juga bisa menjelajah gua yang berada tak jauh dari Hutan Pinus Pengger. Gua Macan namanya. Dinamakan seperti itu karena adanya bekas-bekas cakaran harimau di dalamnya. Pun, Gua Lampeng dan Watu Ngadeg akan melengkapi obyek wisata yang sudah didukung fasilitas cukup lengkap ini. Ah, kalau kalian pemburu sunset, bolehlah kalian menangkap momen sang mentari kembali ke peraduannya di hutan pinus di Dlinggo ini. Mm, jadi, kapan mau menyempatkan waktu ke sini?

TERKAIT:  Candi Prambanan, Mahakarya Sendratari Ramayana

4. Bukit Pethu

Bukit Pethu

Ada obyek wisata baru di Yogyakarta nih buat kalian yang butuh tempat liburan sekaligus hobi fotografi. Obyek wisata ini masih berada di area Waduk Sermo, Kulon Progo—tak jauh dari Desa Wisata Kalibiru. Bukit Pethu, begitulah orang menyebutnya. Sebuah tempat yang tak boleh kalian lewatkan jika kalian ingin berfoto-foto dengan latar belakang lanskap mengagumkan.

Lokasi Bukit Pethu tak terlalu jauh dari pos retribusi utama Waduk Sermo. Kalian hanya perlu sedikit memutari waduk dan bakal menemukan spot wisata baru ini. Di sini, selain bisa melihat pemandangan waduk yang indah dikelilingi perbukitan penuh pepohonan hijau menjulang, kalian bisa menghirup udara segar yang bakal melepaskan kepenatan.

Pun, kalian wajib mengabadikan kecantikan panorama dengan kamera. Obyek wisata ini menyediakan satu spot serupa rumah pohon di Kalibiru, hanya saja ini ada di tepian waduk. Dengan papan melintang di atas sebuah pohon, kalian bisa duduk-duduk santai sembari berfoto dengan pemandangan waduk dan bukit hijau nan memukau sebagai latar belakang. Oh ya, datanglah ke sini sewaktu sore hari supaya foto yang kalian jepret mendapatkan hasil terbaik. Mumpung masih sepi, kapan nih main ke Bukit Pethu?

5. Bukit Panguk

Bukit Panguk

Belum lama ini, tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, telah dibuka sebuah obyek wisata baru di Yogyakarta yang siap menyambut para pelancong yang haus bertualang. Bukit Panguk namanya. Terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, obyek wisata ini bakal memanjakan kalian dengan pemandangan luar biasa menawan.

Yups, Bukit Panguk memang menawarkan keindahan alam memesona yang sayang untuk kalian lewatkan. Pemandangan menghijau dari perbukitan di sekitar obyek ini sungguh apik, dengan Sungai Oya meliuk-liuk di bawah sana. Maklum, bukit ini memang letaknya cukup tinggi—tepatnya di atas tebing bernama Tebing Watu Lawang. Ditambah dengan kesejukan suasana dan kesegaran udaranya, spot wisata ini sungguh cocok untuk bersantai, melepaskan segala kepenatan akibat berbagai aktivitas selama seminggu.

Obyek wisata baru di Yogyakarta bernama Bukit Panguk yang berasal dari kata anguk-anguk ini—artinya melihat dari atas—sangat cocok bagi kalian yang juga suka mengabadikan setiap momen dengan kamera. Ada banyak spot berupa gardu pandang dari kayu dan bambu yang disediakan pengelola, tak hanya sekedar untuk bersantai, tapi juga berfoto-foto sendiri atau bersama keluarga dan orang terkasih. Oh iya, obyek wisata ini sudah didukung fasilitas yang cukup memadai lho. Jadi, ayo buruan datang ke sini!

6. Taman Bambu Air Sermo Yogyakarta

Taman Bambu Air Sermo Yogyakarta

Setiap tahunnya, ada saja obyek wisata baru di Yogyakarta yang memukau setiap pecinta jalan-jalan. Nah, salah satunya adalah Taman Bambu Air Sermo—sebuah spot wisata yang wajib didatangi para pengunjung yang doyan berfoto. Kalian bisa menemukannya di Nggudang, Sermo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo—masih berada di kawasan Waduk Sermo.

TERKAIT:  Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

Di sini, kalian bisa berfoto-foto di atas waduk yang populer di Kulon Progo ini, lebih tepatnya di sebuah rakit bambu yang mengapung di atas air. Yups, pengelola Taman Bambu Air Sermo memang menyediakan spot ini bagi kalian yang ingin mengabadikan pemandangan waduk dikelilingi perbukitan nan hijau. Berada di atas rakit bambu dengan properti seperti meja, sepeda onthel dan lampu petromaks serta beberapa tanaman pot penghias, pastinya membuat foto kalian semakin apik sekaligus eksentrik. Unik deh yang pasti.

Oh ya, biasanya Taman Bambu Air ini ramai dikunjungi saat sore menjelang karena dipandang sebagai waktu yang cocok untuk mendapatkan gambar cantik dengan pencahayaan pas. Kalian bakal dipungut biaya sekitar Rp 5.000,00 nih untuk menaiki rakit menuju spot foto ini yang terpisahkan jarak sekitar 20 meter dari tepi waduk. Nah, selama 10 menit, kalian dipersilakan mengambil gambar sepuasnya di sini. Mm, yuk yang doyan fotografi, buruan main ke sini!

7. Karst Tubing Surobayan

Karst Tubing Surobayan

Bagi kalian yang doyan acara susur sungai dan berbasah-basah ria, bolehlah main ke Sedayu. Karst Tubing Surobayan yang dibuka belum lama ini bisa jadi alternative obyek wisata baru di Yogyakarta. Obyek wisata ini tepatnya terletak di Surobayan, Argomulyo, Sedayu, Bantul ini bakal memberi kalian pengalaman seru dan tak terlupakan.

Di sini, kalian bisa melakukan penyusuran Sungai Konteng sepanjang 1-2 km yang dibatasi dinding karst. Nah, karena itulah wisata ini disebut juga karst tubing. Dengan membayar biaya sekitar Rp 30.000,00 per orang, kalian bisa melakukan susur sungai menggunakan ban dalam dilengkapi dengan perlengkapan keamanan standar. Pemandangan di sepanjang sungai dengan jalur cukup sempit ini bakal memukau kalian karena dinding karst membentuk rongga-rongga yang begitu eksotis akibat peristiwa alam alami.

Oh ya, jika ingin menikmati sensasi bertualang di sini, datang sewaktu musim hujan ya karena debit air akan lebih penuh dibanding musim kemarau. Petualangan susur sungai kalian dijamin bakal lebih seru dan asyik. So, let’s go!

Itu tadi ulasan Jogjalan tentang tujuh obyek wisata baru di Yogyakarta tahun 2016. Mm, dari tempat-tempat tadi, mana nih yang dah kalian kunjungi? Atau, sudah punya rencana buat menghabiskan liburan ke sana? Yuk, luangkan waktu buat main buat melepaskan kepenatan setelah melalui berbagai rutinitas. Cus! Berangkat, kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *