10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Kalian Kunjungi

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang selalu ramai di kunjungi wisatawan baik lokal maupun Mancanegara. Selain, keramah tamahan masyarakatnya berbagai objek wisata menarik bisa ditemukan di kota Jogja mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi info objek wisata air terjun di Yogyakarta yang populer dan wajib kalin kunjungi saat liburan ke kota Gudeg.

10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta

Bila anda liburan ke kota Jogja Ingin berwisata alam sambil bermain air, banyak obyek wisata air terjun di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi. Air terjun selalu punya pesona tersendiri yang tak bisa disaingi obyek wisata air lainnya lho. Selain biasanya sejuk dan asri, kalian pun bisa melepaskan segala kepenatan dengan bermain atau berenang di sana sepuasnya.

10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta

Nah, buat kamu yang berlibur ke Jogja bersama keluarga, sahabat maupun pasangan ingin bermain air sambil menikmati ke indahan alam di sana. Berikut adalah daftar 10 Objek wisata air terjun di Yogyakarta yang wajib kalian sambangi. Mau tahu di mana saja? Check them out!

1. Curug Jurang Pulosari

Curug Jurang Pulosari Bantul Yogyakarta

Terletak di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, salah satu air terjun di Yogyakarta ini tak boleh kalian lewatkan. Pemandangan alam di Curug Jurang Pulosari sangat asri dengan udara segar dikelilingi perbukitan hijau dan teduh. Oh ya, air terjun di sini masih sangat alami dan debit airnya tergantung dengan musim. Jadi, jika tidak mau kecewa, pastikan kalian datang di musim penghujan ya. Kalian akan mendapati air terjun jernih mengalir deras dan berkumpul di kolam alami dengan air jernih kehijauan yang sangat apik. Kalian pun bisa bermain air sepuasnya di sini.

Pokoknya, Curug Jurang Pulosari cocok untuk bersantai, bermain air dan berfoto ria. Pasti membuat kalian betah berlama-lama melepaskan diri sejenak dari rutinitas yang membuat kepala pening. Nah, jika tak hanya ingin bersantai, kalian pun bisa melakukan panjat dan turun tebing atau mengikuti berbagai kegiatan outbound lho. Lumayan kan buat memacu adrenalin. Jadi, kapan ke sini?

Lihat juga: 5 Wisata Air Water Park di Jogja untuk Liburan Keluarga

2. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo Bantul Yogyakarta

Adalah Air Terjun Lepo—Ledok Pokoh—yang terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, yang merupakan salah satu rekomendasi air terjun di Yogyakarta yang bisa kalian jadikan destinasi wisata air. Di obyek wisata ini, kalian akan dimanjakan oleh air terjun dan kolam alami sehingga bisa bermain air sepuasnya. Jangan khawatir, kalian tak harus berebut dengan wisatawan lain karena di sini ada tiga air terjun menghubungkan empat kolam dengan air berwarna kebiruan yang bisa kalian pilih.

TERKAIT:  10 Hotel Murah Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta Yang Bagus dan Nyaman

Nah, kedalaman kolam alami di Air Terjun Lepo ini bervariasi. Ada yang mencapai 2 meter, ada yang sebatas pinggang orang dewasa, ada pula yang hanya setinggi lutut orang dewasa. Jadi, kalian tinggal menyesuaikan ingin bermain air atau berenang di kolam yang mana. Tak hanya bisa bermain air, kalian pun bisa menikmati pemandangan alami dengan rimbunnya pepohonan yang berdiri. Kalian pun tak akan tahan untuk tak mengabadikan keindahan alam ini dengan kamera. Apabila lapar, kalian pun bisa menyatroni warung-warung sekitar Air Terjun Lepo untuk mengisi perut dengan varian menu.

3. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari Bantul Yogyakarta

Wisata air terjun di Yogyakarta selanjutnya yang wajib kalian kunjungi adalah Air Terjun Randusari. Air terjun ini berlokasi di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Seperti air terjun alami di sekitarnya, obyek wisata ini merupakan air terjun musiman, yaitu debit airnya akan banyak ketika musim hujan tiba. Jadi, jika ingin berpuas diri menyaksikan pemandangan di sini secara maksimal, kalian harus datang di musim yang tepat.

Nah, kalian harus berjalan melewati jalan setapak sekitar 15 menit melewati area persawahan dan rumah penduduk untuk mencapai air terjun menakjubkan ini. Perjalanan itu sebanding dengan keindahan alam yang akan kalian saksikan kok. Kalian pasti terpukau dengan air terjun mirip dengan air terjun kembar. Tak hanya itu, air jernih dari kolam buatan untuk menampung air terjun bisa dijadikan tempat untuk bermain air sepuasnya. Jika kalian tak ingin berbasah-basah, hammock dan gazebo di sekitar obyek ini bisa dijadikan tempat bersantai.

Oh ya, obyek wisata ini dinamakan Air Terjun Randusari karena di dekat air terjun, tumbuh besar sebuah pohon kapuk, yang sering juga disebut pohon randu. Warga sendiri kerapkali menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Ngreboh sesuai dengan sumber mata air berasal.

4. Air Terjun Goa Selarong

Air Terjun Goa Selarong Yogyakarta

Air terjun di Yogyakarta yang satu ini letaknya dekat dengan goa yang menyimpan sejarah masa lalu. Goa Selarong. Goa tempat Pangeran Diponegoro bersembunyi dan mempersiapkan berbagai rencana untuk melawan Belanda. Lokasi tepatnya terletak di Kembang Putihan, Guwasari, Pajangan, Bantul.

Di sini, kalian bisa menikmati air terjun dari tebing setinggi 20 meter. Jika musim hujan, aliran air terjunnya sangat deras sehingga kalian akan mendapatkan pemandangan maksimal kala itu. Oh ya, ada dua aliran sungai lho di sini. Yang pertama di selatan Goa Putri dan yang kedua ada di utara Goa Lanang.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, kalian bisa melepaskan kepenatan di sini sepuasnya. Tak hanya bisa berwisata air terjun yang menyegarkan, kalian pun bisa berwisata sejarah—menapak tilas jejak Pangeran Diponegoro. Bukankah itu menarik? Kapan nih kalian ke sini?

Lihat juga: 8 Objek Wisata di Yogyakarta yang Lagi Ngehits

TERKAIT:  6 Event Tahunan di Yogyakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta

Air Terjun Kembang Soka adalah salah satu air terjun di Yogyakarta yang terletak di Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Keunikan air terjun ini dibandingkan air terjun alami lainnya adalah bebatuan di dasar sungainya berwarna kekuningan, sementara di tebing sebelah kiri berwarna merah. Dua warna yang kontras di antara percikan air terjun yang lumayan tinggi dengan beberapa anak air terjun ini sangatlah cantik dan tak boleh kalian lewatkan. Warna air terjun ini apik lho dengan warna putih dan hijau.

Tak hanya itu, kalian pun bisa bermain air di kolam alami yang ada di sini. Kolamnya sangat jernih dengan warna air menyerupai hijau toska menawan. Apalagi, kesejukan tempat ini akan membuat pikiran menjadi segar kembali. Untuk mencapai air terjun yang bersumber dari mata air Jaran dan Kembang Soka ini, kalian harus berjalan sekitar 200 meter melewati perkebunan penduduk ya dari tempat parkir. Dijamin, kalian tak akan menyesal datang ke sini.

6. Air Terjun Watu Jonggol

Air Terjun Watu Jonggol Yogyakarta

Merupakan salah satu objek wisata alam di Jogja yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai Air Terjun Watu Jonggol, kalian harus pergi ke Pegunungan Menoreh, lebih tepatnya ke Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Di sini, kalian harus berjuang meniti anak tangga dan melewati perkebunan warga.

Namun, begitu sampai, kalian dijamin tak akan kecewa. Sambutan dari air terjun setinggi 30-40 meter ini akan membuat kalian tercengang. Pastinya memukau dengan gemuruh air terjun yang menyejukkan. Tak heran jika air terjun ini menjadi salah satu air terjun di Yogyakarta yang sayang jika kalian lewatkan.

7. Curug Setawing

Curug Setawing Yogyakarta

Curug ini terletak di Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Hal inilah yang menyebabkan Curug Setawing juga disebut Curug Jonggrangan. Air terjun di Yogyakarta ini sangatlah cantik dan menawan dengan aliran air dari tebing batu gamping kuning keemasan sekitar 18-20 meter. Apalagi, dengan konsep taman desa yang sangat indah. Sangat cocok sekali untuk menghabiskan hari.

Oh ya, nama Setawing sendiri berasal dari kata bahasa Jawa: se- yang berarti satu dan tawing yang berarti tebing lho—sesuai sekali dengan air terjun yang mengalir di sini. Untuk mencapai curug menakjubkan ini, kalian harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir. Tenang, semua perjalanan kalian sepadan dengan keindahan yang akan kalian saksikan. Nah, jika lapar, kalian tak perlu khawatir karena ada warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman di Curug Setawing.

8. Air Terjun Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan Yogyakarta

Sangat jarang bisa menikmati air terjun sekaligus pantai. Nah, kalian bisa menikmati keduanya di salah satu objek wisata air terjun di Yogyakarta ini yang terletak di Pantai Jogan; lebih tepatnya di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai ini sendiri terletak di dekat Pantai Nglambor dan Siung. Pemandangan di sini sangatlah indah. Sekalipun kalian tak bisa bermain pasir karena wilayahnya didominasi tebing dan karang, kalian bisa menikmati air terjun yang mengalir langsung ke bibir pantai.

TERKAIT:  10 Oleh-Oleh Khas Jogja (Yogyakarta) yang Terkenal

Dari ketinggian sekitar 10 meter, aliran air dari perbukitan karst bagian utara ini langsung jatuh ke laut. Jika sedang pasang, kalian tentu tak bisa menikmati air terjun dari bawah, tapi jika sedang surut, itulah kesempatan emas untuk menikmati air terjun menakjubkan ini. Ada dua cara untuk menikmati air terjun ini, yaitu dengan berjalan melewati turunan licin atau dengan menuruni air terjun dengan tali.

9. Grojogan Banyunibo

Grojogan Banyunibo Yogyakarta

Grojogan Banyunibo yang berasal dari kata bahasa Jawa banyu (air) dan nibo (jatuh) ini terletak di Batur, Putat, Patuk, Gunungkidul. Salah satu objek wisata air terjun di Yogyakarta ini sangatlah apik, terutama saat musim hujan ketika debit airnya maksimal. Kalian akan bisa menyaksikan gemuruh air terjun yang mengalir deras.

Di tempat ini, kalian tak hanya bisa bermain air dan menikmati pemandangan air terjun dengan pepohonan rindang di sekitarnya, tapi kalian juga disuguhi areal persawahan yang bertingkat-tingkat menghijau. Selain itu, bebatuan besar di sekitar air terjun—merupakan tebing yang runtuh ketika gempa tahun 2006—merupakan satu harmoni yang wajib kalian abadikan. Biasanya, jika ke sini, kalian akan ditawari paket wisata dengan desa Bobung yang letaknya tak jauh dari Grojogan Banyunibo.

10. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Di perbukitan karst Gunungkidul, ternyata ada sebuah potensi wisata air terjun yang menakjubkan. Air Terjun Sri Gethuk namanya, yang merupakan salah satu air terjun di Yogyakarta yang paling terkenal. Air terjun ini terletak di Menggoran, Bleberan, Playen, Gunungkidul. Untuk mencapai air terjun yang cukup tinggi ini, kalian harus berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan menaiki tangga atau menaiki rakit sederhana dengan jalur sungai. Kedua cara ini sama-sama menawarkan pemandangan apik yang pasti menyegarkan pikiran.

Air terjun yang terletak di antara ngarai Sungai Oya ini memiliki tiga sumber mata air lho: Kedung Poh, Ngandong dan Ngumbul. Ketika sampai di sini, kalian akan menyaksikan keindahan air terjun bergemuruh menghantam bebatuan besar. Sensasi sejuknya air dan hawa di Air Terjun Sri Gethuk akan membuat hari libur kalian tak terlupakan. Kalian bisa bermain air sepuasnya, berenang atau sekedar bersantai dan mengabadikan momen dengan kamera. Bahkan, kalian bisa menyambangi Gua Rancang Kencono yang terletak tak jauh dari sini. Kapan nih datang ke Air Terjun Sri Gethuk?

Nah, itulah daftar 10 wisata air terjun di Yogyakarta yang sangat rekomended dan wajib kalian kunjungi kalau berwisata ke kota gudeg. Dari beberapa air terjun diatas, mana yang sudah kalian kunjungi? Lalu, sudah ada rencana mau ke mana lagi? Yuk, buruan ke sana! Sebagai Akomodasi menginap tentu saja terdapat banyak hotel Murah di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *