Obat Tradisional Asam Urat Alami Dari Tumbuhan

By Admin | kesehatan

obat tradisional asam urat alami dari tumbuhan.

Sebelum kami menyajikan beberapa obat tradisional asam urat alami dari tumbuhan, terlebih dahulu kami akan mengajak Anda untuk mengenal bagaimana sejarah munculnya penyakit asam urat, berikut penjelasan singkatnya. Penyakit asam urat sudah muncul sejak zaman dahulu, yaitu zaman kerajaan. Penyakit ini kebanyakan dialami oleh kaum bangsawan yang suka makan yang enak-enak, namun kurang beraktivitas fisik sehingga dikenal sebagai “penyakit para raja”.

Al-Razi atau Rhazes yang merupakan salah seorang dokter muslim kenamaan di abad pertengahan menyarankan beberapa jenis terapi untuk mengobati asam urat. dan salah satunya adalah menggunakan obat-obatan tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.


Berikut beberapa jenis obat tradisional asam urat alami dari tumbuhan yang dapat Anda ketahui.
• Daun Salam

Daun salam dikenal oeh masyarakat manusia sebagai bahan bumbu masak karena memiliki aroma yang khas sehingga bisa menambah kelezatan pada masakan nusantara. Namun, tahukah Anda bahwa daun salam ternyata dapat dijadikan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengobati asam urat? Ya memang itulah faktanya, daun ini memiliki beberapa senyawa diantaranya minyak atsiri, tannin dan flavonoid, sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

• Jahe Merah

Jahe merah merupakan herbal antiperadangan. Selain itu, jahe merah dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan memperlancar system pencernaan dan pernapasan. Dan yang tak kalah pentingnya, ternyata jahe merah juga berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit asam urat, dengan membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

• Salai Guggul (Boswellia Serrata)

Tanaman ini banyak tumbuh di India dan Asia Selatan. Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan asam urat.

Asam boswelik yang terdapat di dalamnya juga dikenal dapat mengurangi kolestrol dan melindungi hati terhadap bakteri endotoksin. Bagian non-asam dari ekstrak pohon salai guggul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.

• Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin 3 gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasein asam urat.

• Kumis kucing

Kumis kucing juga sudah lama dikenal sebagai diuretic yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kucing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai. Namun, sekarang sedikit orang yang menanamnya dipekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu, termasuk batu yang tampak seperti Kristal yang menumpuk pada persendian (asam urat).

• Sidaguri (Sida Rhimbifolia)

Sidaguri merupakan tanaman liar yang mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memiliki efek mendinginkan badan (antidemam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretic) dan menguatkan stnamina. Selain efektif untuk asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual dan kualitas sperma buruk.

Nah, sekarang kalian sudah tahukan apa saja beberapa obat tradisional asam urat alami dari tumbuhan, untuk itu mulailah dari sekarang memanfaatkan tumbuh-tumbuhan itu dalam mengatasi asam urat Anda. Semoga membantu.

Related Pos :