Kisah Sukses Naveen Selvadurai Pendiri Foursquare

Apa itu kesuksesan? Masih banyak orang yang kurang mengetahui dengan jelas apa arti kesuksesan yang sesungguhnya. Dan memang kesuksesan itu merupakan sesuatu yang terlalu banyak indikatornya. Ada banyak indikator kesuksesan tergantung dari sudut pandang kita untuk melihatnya. Uang dan jabatan merupakan dua hal yang menjadi tolak ukur pertama orang dalam menentukan kesuksesan. Namun apa hanya itu arti kesuksesan? Kita lihat kisah sukses Naveen Selvadurai, pendiri Foursquare ini dan petik makna kesuksesan.

Kisah Sukses Naveen Selvadurai Pendiri Foursquare

Mungkin tidak banyak yang mengenal Naveen Selvadurai. Yah, dia memang tidak setenar Mark Zuckerberg ataupun Larry Page sebagai jagoan teknologi dunia. Namun pria kelahiran India ini membuktikan kalau kesuksesan itu tidak ada hubungannya dengan ras, warna kulit, latar belakang hingga pekerjaan sebelumnya.

Siapa Naveen Selvadurai ?

Naveen Selvadurai adalah pendiri Foursquare, sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini biasanya tersedia di perangkat yang sudah mendukung layanan hi-tech seperti smartphone. Melalui Foursquare pengguna dapat check-in di berbagai tempat, dan aplikasi tersebut secara otomatis akan melacak keberadaan anda melalui perangkat GPS yang tersambung di gadget anda.

Jika Anda tertarik dengan kisah sukses anak muda yang telah menjadi online entrepreneur sukses, maka Naveen Selvadurai adalah salah satu contoh nyata untuk ini. Ia dilahirkan di India, lulus dari King `s College, London dan kemudian bekerja untuk Worcester Polytechnic Institute di Amerika Serikat. Setelah itu ia bekerja untuk beberapa perusahaan besar seperti Sony, Nokia dan beberapa perusahaan raksasa lainnya, di mana ia memperoleh banyak pengalaman profesional.

Setelah beberapa waktu, dia dan temannya Dennis Crowley membuat sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi,Foursquare. Kini pekerjaannya tersebut telah sukses besar, dan perusahaan ini telah dihargai jutaan dolar. Foursquare telah menjadi fenomena dan jutaan orang menggunakan layanan tersebut tiap harinya.

Kita sekarang hidup di era internet yang penuh dengan jejaring sosial. Dengan jejaring sosial kita bisa berbagi pemikiran dan pengalaman yang selama ini tidak mungkin rasanya untuk kita bagikan dan dilihat oleh orang lain. Social media telah mengubah cara manusia berinteraksi satu sama lain. Bersama social media juga kita memiliki kesempatan mengenal orang baru, membangun persahabatan, dan mendapatkan informasi terbaru secara real-time.

Jadi keinginan dasar Naveen Selvadurai untuk mendirikan Foursquare adalah ia ingin agar orang-orang dapat membentuk jejaring sosial dimana mereka bisa mengatur waktu untuk bertemu, atau menggalang kegiatan sosial yang dapat dilacak oleh pengguna lain. Saat ini sudah ada sekitar 30 juta pengguna Foursquare.

Di tahun 2011, Naveen Selvadurai mendapat penghargaan sebagai “Technology Pioneer 2011″. Kesuksesan Foursquare dalam jejaring sosial berbasis lokasi membuat raksasa internet Yahoo! kepincut ingin membeli aplikasi bikinan Naveen. Tidak tanggung-tanggung harga yang ditawarkan Yahoo! pun mencapai $125 juta (sekitar Rp 1,2 Triliun)!!!

Baca juga: Kisah Sukses Adam D’Angelo Pendiri Quora

Belajar dari kisah sukses Naveen Selvadurai ini ada beberapa hal yang dapat kita petik hikmahnya:

  1. Tidak peduli di mana anda dilahirkan atau berapa lama waktu anda butuhkan untuk mencapai sukses terbesar anda. Kesuksesan akan anda raih selama anda memiliki keinginan dan kemauan untuk mencapai impian dan tujuan anda.
  2. Ambil kesempatan setelah anda melihatnya. Saya percaya bahwa setiap orang memiliki setidaknya satu kesempatan besar di hidupnya. Yang perlu anda lakukan adalah tidak ragu-ragu tentang apa yang anda ingin lakukan, terutama jika ini adalah sesuatu yang anda suka kerjakan.
  3. Saat ini sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa orang yang paling bahagia di dunia ini adalah orang yang berurusan dengan pekerjaan mereka setiap harinya namun mereka menganggap pekerjaan itu hobi mereka, atau hobi mereka adalah pekerjaan mereka. Yang terpenting mereka mencintai pekerjaan mereka dan mandapatkan uang dari pekerjaan / hobi tersebut.

Kesimpulan

Mengejar mimpi, fokus dan dedikasi dapat mengantarkan kita pada kebahagiaan dan kemakmuran hidup. Naveen Selvadurai merupakan contoh yang sangat tepat bagi kita semua. Dia bukan siapa-siapa, namun ia berjuang keras untuk mendapatkan kesuksesan hingga sekarang ia dikenal sebagai online entrepreneur sukses. Ia juga telah menerima sejumlah penghargaan dan salah satu yang cukup menarik ialah penghargaan dari AOL yang menyatakan Naveen Selvadurai sebagai “World’s New Young Millionaires”

Demikianlah Kisah Sukses Naveen Selvadurai, Pendiri Foursquare. Semoga menginspirasi dan kita bisa mengambil hikmahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *