Menikmati Keindahan Wisata Gunung Rinjani

Indonesia memang selalu kaya akan pesona wisata alam yang tidak bisa dihitung. Sebagai warga Negara, patut kita bangga dengan pesona wisata yang Indonesia miliki. Artikel berikut ini akan membahas tentang pesona wisata Gunung Rinjani. Indonesia memang terdiri dari pegunungan, mulai dari kelompok pegunungan yang aktif maupun yang sudah mati.

Wisata Gunung Rinjani

Bagi pendaki gunung, menaklukkan beberapa gunung di Indonesia adalah hal yang luar biasa. Beberapa pulau di Indonesia tentunya memiliki gunung tertinggi dan menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pendaki. Salah satunya adalah gunung rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Rinjani adalah Gunung Berapi Aktif..

Gunung rinjani merupakan salah satu jenis gunung berapi yang masih aktif di Pulau Lombok. Gunung rinjani juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia kedua dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung rinjani menjadi favorit para pendaki gunung karena menyajikan keindahan pemandangan yang luar biasa.

Selain track pendakian untuk mencapai puncaknya. Gunung rinjani juga memiliki pemandangan berupa taman nasional gunung rinjani dengan luar 41.330 ha. Usut punya usut taman nasional gunung rinjani ini rencananya akan diperluas menjadi 76.000 ha ke arah timur dan barat.

Baca juga: Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Jika dilihat dari letak geografisnya gunung rinjani ini berada pada tiga kabupaten di Lombok, yakni Lombok timur, Lombok tengah, dan Lombok barat. Namun, pada puncak tertinggii yakni pada titik 3.726 mdpl, lebih dominan pada lokasi Lombok utara. Disebelah barat bagian rinjani terdapat kaldera. Apa itu kaldera? Kaldera merupakan fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Misalnya saja di Indonesia yang terkenal adalah danau toba.

Kaldera pada Gunung Rinjani

Kaldera pada gunung rinjani memiliki luas 3.500 x 4.800 meter. Bentuknya memanjang kearah bagian timur dan barat. Anda dapat menikmati pemandangan air yang mengalir membentuk air terjun yang indah pada danau ini. Pada bagian lokasi selatan dari danau ini disebut dengan segara endut.

Masih di kaldera, jika anda melihat disebelah timur terdapat gunung baru atau gunung barujari yang memiliki kekhasan yakni berupa kawah dengan memiliki ukuran 170 x 200 m dengan ketinggihan 2.296-2.376 mdpl. Gunung ini terakhir meletus pada oktober 2015 dan November 2015. Selain gunung barajuri, juga terdapat kawah dari sisa letusan gunung rombongan.

Pendakian Gunung Rinjani

Pendakian hingga puncak gunung rinjani adalah salah satu objek dan tempat wisata yang menjadi andalan di kawasan taman nasional gunung rinjani. Animo dari para pendaki untuk menaklukan gunung rinjani juga cukup besar. Hal ini dibuktikan dari daftar statistik pengunjung yang melakukan pendakian ke puncak rinjani setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Terlebih menjelang hari kemerdekaan RI ini, para pendaki dominan berasal dari kalangan pelajar atau mahasiswa Indonesia dengan misi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Rinjani.

Pesona Danau Segara Anak di Taman Wisata Gunung Rinjani

Salah satu pesona unggulan taman wisata gunung rinjani yang menjadi popular belakangan ini adalah Danau Segara Anak yang dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yakni jalur pendakian senaru dan jalur pendakian sembalun. Untuk mengunjungi danau segara anak dari jalur pendakian senaru dibutuhkan waktu tempuh 7-10 jam. Sedangkan, jika melawati jalur pendakian sembalun ditempuh dalam waktu 8-10 jam.

Di area sekitar danau terdapat lahan yang cukup luas dan datar yang dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah. Pendaki juga bisa memancing ikan disekitar danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Bagaimana, menarik sekali kan pesona Gunung Rinjani? Indonesia selalu memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bahkan, Acara My Trip My Adventure pun pernah mengeksplorasi keindahan wisata gunung rinjani ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *