Mengenal Apa Itu Penyakit Asam Urat?

By Admin | kesehatan

Apa itu penyakit asam urat?

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengobati penyakit asam urat dengan menggunakan ramuan herbal atau obat tradisional, alangkah baiknya jika pembaca sekalian mengenal terlebih dahulu apa itu yang disebut dengan asam urat? Dalam banyak kasus, tidak sedikit orang yang salah kaprah memahami asam urat, khususnya antara asam urat dengan penyakit rematik.

Asam urat merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya dihasilkan ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun, dalam keadaan tertentu, ginjal tidak bisa mengeluarkan zat asam urat secara normal sehingga terjadi kelebihan darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun diberbagai persendian termasuk di ginjal itu sendiri. Adapun bentuknya berupa kristal kecil.


Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang kemudian menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dalam bentuk kristal-kristal di persendian.

Ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah disebabkan oleh ginjal itu sendiri. Artinya, ginjal tidak lagi dalam keadaan baik. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Meski mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila kondisi ginjal dalam keadaan sehat.

Bagi orang yang sedang menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan intensif terhadap ginjalnya. Segala bentuk upaya yang dilakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal masih dalam keadaan tidak normal. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak, maka upaya menurunkan zat asam urat akan sia-sia.

Dari sini, kita bisa membedakan antara penyakit asam urat dengan penyakit rematik. Pasalnya, selama ini banyak orang yang masih rancu dalam memahami antara asam urat dengan rematik. Pemahaman yang keliru akan berdampak pada kekeliruan dalam proses pengobatannya nanti. Terlebih jika kita hendak ingin mengobatinya menggunakan beragam ramuan herbal.

Perlu digaris bawahi bahwa penyebab rematik berbeda dengan penyebab penyakit asam urat. Dengan kata lain, proses pengobatan secara medisnya pun juga berbeda. Namun demikian, gejala penyakit asam urat dan rematik dalam beberapa keadaan hampir sama. Di sisini kita harus jeli melihatnya.

Karena sering terjadi kemiripan gejala, maka tidak sedikit orang yang menderita penyakit asam urat acuh tak acuh untuk melakukan upaya penanganan secara serius. Akhirnya, asam urat yang di derita menjadi semakin bertambah parah bahkan terjadi penyakit ginjal.

Nah, itulah uraian singkat mengenai penyakit asam urat. Sekarang anda sudah pahamkan bahwa asam urat dengan penyakit rematik itu berbeda hanya saja pada keadaan tertentu gejalanya hampir sama.


tags: , ,

Related Pos :