Cara Mengatasi Rambut Rontok

By Admin | kecantikan

cara mengatasi rambut rontok

Sering kali kita merasa jengkel pada saat mengalami masalah pada rambut, terutama pada saat mengalami kerontokan, bahkan hal ini juga dapat menggangu penampilan, khususnya para wanita, sehingga menghilangkan rasa kepercayaan dalam dirinya pada saat berkumpul dengan teman-teman. Nah, sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok tersebut, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui apa saja penyebab dari rambut rontok tersebut.

Berikut beberapa penyebab dari rambut rontok:


Kebiasaan buruk dalam merawat rambut

Kebiasaan yang buruk bisa saja dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Misalnya saja, ketika menyisir rambut Anda menggunakan sisir yang bergerigi rapat, kebiasaan ingin instan mengeringkan rambut dengan hair dryer, hot curling, dan juga flat iron, dan kebiasaan mencuci rambut yang terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan rambut, sebab hal ini dapat membuat pengurangan kadar minyak alami pada rambut dan akibatnya rambut menjadi rontok. Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang juga dapat mengakibatkan rambut rontok.

 Tubuh tidak sehat

  •  Menggunakan obat tertentu, seperti menggunakan obat-obatan yang memiliki efek samping (diuretik) sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut. Disarankan agar berkonsultasi kepada dokter sebelum memakai obat-obatan tersebut, sehingga keamanan lebih terjaga.
  • Anemia,Rambut rontok juga dapat disebabkan karena mengalami anemia. Rambut rontok yang disebabkan oleh anemia ini biasanya disebabkan karena kurangnya zat besi pada sel darah merah.
  • Mengalami stress, stress juga dapat memicu terjadinya rambut rontok, hal ini di karenakan pada saat megalami stress biasanya folikel rambut menjadi tidak berfungsi, bisa jadi juga akibat terserang sel darah putih.
  • Tubuh mengalami kekurangan kalori. Kekurangan kalori biasanya diakibatkan karena terlalu obsesi untuk menurunkan berat badan agar tampak langsing dan ideal, namun tahukah Anda, bahwa hal tersebut juga akan erdampak buruk bagi kesehatan rambut, sehingga mengakibatkan rambut rontok. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung protein, agar dapat mengatasinya.
  • Hypo atau hyperthyroidism. Rambut rontok juga disebabkan oleh hormone yang tidak seimbang yang dapat mengakibatkan kenaikan level zat kimia DHT yang menyerang pada folikel rambut.

 Keturunan

Keturunan juga menjadi salah satu penyebab dari kerontokan rambut.

Adapun cara untuk mengatasi rambut rontok, diantaranya:

 Pada saat menggunakan conditioner usahakanlah untuk menghindari terlalu banyak dalam pemakaiannya, sebab jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan gata-gatal pada area kepala.

 Pada saat akan menyisir rambut, gunakanlah sisir yang memiliki gerigi jarang, agar terhindar dari kekusutan pada rambut. Jika rambut kusut, hal tersebut dapat menyebabkan rambut Anda menjadi rontok ketika di sisir kembali.

 Agar kulit kepala terasa nyaman, gunakanlah sampo yang berasal dari bahan-bahan herbal atau yang berbahan ekstra ringan.

 Gunakanlah air dingin pada saat melakukan keramas pada rambut.

 Ketika selesai keramas gosoklah rambut Anda secara perlahan menggunakan handuk, dan usahakanlah untuk tidak mengeringkan rambut dengan cara-cara yang instan, seperti penggunaan hair dryer.

 Gunakanlah serum penyubur rambut seperti hair tonic yang mengandung gensing alami, agar dapat membantu pertumbuhan pada rambut.

 Biasakan untuk tidak mengkonsumsi minumanan yang mengandung kafien, seperti kopi. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada rambut.

 Biasakan untuk selalu menggerai rambut (tidak mengikat rambut).

 Konsumsilah makanan sehat seperti makanan yang protein dan zat besi.

 Usahakan 2-3 kali dalam seminggu untuk memaskeri rambut agar selalu terjaga nutrisinya.

 Gunakanlah produk-produk yang berbahan alami.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi rambut rontok, dan biasakanlah mulai dari sekarang untuk merawat rambut Anda agar selalu tampak sehat dan bersih, sehingga setiap orang yang memandang Anda akan terkagum-kagum dengan kecantikan Anda.

Related Pos :